Pengertian Data, Jenis-Jenisnya Serta Fungsinya

Posted on

Hay gays, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian data. Namun bukan hanya pengertiannya saja. Akan tetapi jenis-jenisnya serta fungsinya agar kamu lebih mudah memahaminya. Langsung aja simak penjelasan berikut ini !

Pengertian Data

Menurut bahasa data merupakan bentuk jamak dari kata datum yang berasal dari bahasa latin yang berarti sesuatu yang diberikan. Menurut istilah pengertian data ialah kumpulan informasi atau keterangan-keterangan yang di peroleh dari pengamatan, informasi itu dapat berupa angka, lambang atau sifat.

Pengertian Data, Jenis-Jenisnya Serta Fungsinya

Data ialah sesuatu yang belum memiliki arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa atau simbol-simbol lainnya yang dapat kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian atau suatu konsep.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mengemukakan tentang pengertian data dalam arti yang berbeda-beda antara lain adalah sebagai berikut :

Zulkifli A.M

Mengartikan bahwa pengertian data sebagai keterangan, bukti atau fakta tentang suatu kenyataan yang masih mentah (original) yang belum di olah.

Nuzulla Agustina

Data adalah keterangan mengenai sesuatu hal yang sedah sering terjadi dan berupa berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambang, kata, huruf-huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.

Arikunto

Menyatakan bahwa data sebagai semua fakta dan angka-angka yang bisa dijadikan bahkan untuk menyusun sebuah informasi.

Lia Kuswayatno

Berpendapat bahwa data adalah sebuah kejadian yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Supriyanto dan Ahmad Muhsin

Data ialah bahan baku dari informasi atau simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan benda dan lain sebgainya.

Anhar

Data ialah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.

J. Sriyanto

Menurutnya Data adalah suatu keterangan atau informasi tentang objek penelitian.

Webster New World Dictionary

Pengertian data adalah things known or assumed, yang berarti bahwa data itu sesuatu yang di ketahui atau di anggap.

Selamet Riyadi

Data merupakan kumpulan informasi yang di peroleh dari pengamatan di mana data dapat berupa angka-angka atau lembang-lambang.

Kuswadi dan E. Mutiara

Mengartikan bahwa data sebagai kumpulan informasi yang di peroleh dari suatu pengamatan, dapat berupa angka, lambang, atau sifat.

Kristanto

Data merupakan suatu fakta mengenai objek yang bisa mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan dan kejadian.

Baca Juga : Pengertian Jurnal Akutansi Jenis, Fungsi Serta Tujuannya

Jenis-jenis Data

Terdapat banyak parameter pengelompokan data akan tetapi kebanyakan mungkin di kelompokkan berdasarkan sifatnya, berdasarkan sumber data itu berasal, berdasarkan waktu pengambilan dan masih banyak lagi. Berikut ini penjelasannya !

Berdasarkan sumbernya

Suatu data itu di peroleh dari cara memperoleh yang berbeda-beda. Perbedaan sumber ini juga dapat mengelompokkan data menjadi beberapa jenis yaitu data primer dan data sekunder.

  • Data primer atau data asli ini di peroleh dari sumber–sumber tertentu yang di dapat objek penelitian.
  • Data sekunder atau data tambahan biasanya diperoleh dari sumber–sumber terdahulu seperti buku, jurnal dan lain–lain.

Berdasarkan sifat-sifatnya

Suatu data juga bisa di bedakan berdasarkan sifat–sifatnya yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Kedua jenis data ini juga sering digunakan untuk berbagai kesempatan penelitian yang pernah di lakukan sebelumnya.

  • Data kualitatif biasanya banyak di jumpai dalam berbentuk pernyataan verbal, gambar atau bahkan simbol.
  • Data kuantitatif justru lebih mengarah kepada pernyataan secara terbilang atau angka.

Berdasarkan waktu pengambilannya

Terdapat jenis data yang di kumpulkan secara berkala dan data cross section. Data berkala ini bisa di jumpai dalam kegiatan survey penduduk, data kebutuhan penduduk dalam setahun terakhir.

Data cross section atau data yang terkumpul pada waktu tertentu seperti data hasil ujian siswa yang di peroleh setelah ujian selesai di laksanakan.

Sebenarnya jika di bahas lebih dalam lagi masih terdapat banyak parameter–parameter pengelompokkan suatu data seperti berdasarkan susunan, rasio dan masih banyak lagi namun ketiga parameter diatas yang sering di temui di masyarakat.

Fungsi Data

Berikut ini beberapa fungsi data pada dasarnya yaitu :

  • Untuk membuat keputusan
  • Sebagai dasar suatu perencanaan
  • Untuk alat pengendali terhadap pelaksanaan atau implementasi suatu aktivitas
  • Sebagai dasar evaluasi terhadap suatu kegiatan.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian data, jenis-jenisnya serta fungsinya. Semoga bermanfaat buat kalian semua… Terimakasih sudah berkunjung..

(Visited 46 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *