Pengertian Dasar Negara, Makna, Fungsi Dan Manfaat Dasar Negara

Posted on

Hay gays pastinya setiap negara mempunyai dasar negara yang berbeda-beda untuk dijadikan acuan dan landasan dalam melangsungkan pemerintahannya.

Dan pasti setiap dasar negara tersebut mempunyai makna, fungsi dan manfaat yang berbeda-beda, sehingga setiap negara mempunyai perbedaan dasar negara antara negara satu dengan lainnya.

Namun demikian ada banyak hal yang sama terkait dengan hal tersebut. Maka untuk itu mari kita bahas tentang pengertian dasar negara, makna, fungsi dan manfaat dasar negara.

Pengertian Dasar Negara

Secara umum pengertian dasar negara ialah pandangan hidup, sikap hidup, atau segala sesuatu yang tidak dapat dibuktikan kebenaran dan kesalahannya. Dan pada hakikatnya, dasar negara merupakan filsafat negara yang berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tata tertib hukum pada suatu negara.

Kemudian pengertian dasar negara bermakna karena terdiri dari kata yaitu dasar dan negara. Kata dasar sendiri bermakna fundamental atau landasan. Sedangkan kata negara adalah sebuah organisasi pada kekuasaan. Di dalamnya wajib ada rakyat, dan pemerintahan yang senantiasa berdaulat serta ada unsur wilayah.

Pengertian Dasar Negara, Makna, Fungsi Dan Manfaat Dasar Negara

Secara umum, dasar negara Republik Indonesia adalah Pancasila. Pernyataan ini seperti yang telah terungkap di dalam pembukaan dari Undang-Undang Dasar 1945.

Makna Dasar Negara

Istilah dasar negara republik indonesia mempunyai makna yang sama dengan istilah yang ada di negara-negara lain. Makna dasar negara adalah ajaran yang merupakan gagasan pemikiran tentang kehidupan dunia serta kehidupan bernegara yang menjadi pedoman dasar dalam mengatur, memelihara, serta mengembangkan kehidupan suatu negara.

Di indonesia istilah tersebut diterjemahkan sebagai ideologi. Ada beberapa pendapat tentang ideologi, seperti penapat Adolf Heuken menyatakan bahwa ideologi mayoritas warga negara tentang nilai-nilai dasar negara yang ingin mewujudkan dengan mengadakan negara mereka itu. Dengan demikian ideologi ialah mayoritas tentang nilai-nilai dasar suatu masyarakat yang bernegara.

Kesimpulannya, dasar negara sama dengan ideologi negara dan filsafat kenegaraan atau pandangan dasar kenegaraan.

Fungsi Dasar Negara

Pada umumnya, dasar negara dipergunakan oleh suatu bangsa atau negara pendukungnya dan mempunyai fungsi sebagai berikut :

Dasar berdiri dan tegaknya negara

Pemikiran yang mendalam tentang dasar negara yang lazim muncul ketika suatu bangsa hendak mendirikan sebuah negara. Sehingga, dasar negara dapat berfungsi sebagai dasar berdirinya suatu negara. Setelah negara berdiri, dasar negara bisa menjadi landasan bagi pengelolaan negara yang bersangkutan.

Dasar kegiatan penyelenggaraan negara

Tujuan negara didirikan yaitu untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa di bawah pimpinan para penyelenggara negara. Agar para penyelenggara negara benar-benar bisa mewujudkan tujuan nasional mereka harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahan pada dasar negara.

Dasar partisipasi warga negara

Semua warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk mempertahankan negara dan partisipasi dalam upaya bersama mencapai tujuan bangsa. Dalam menggunakan hak dan melaksanakan kewajibannya itu, seluruh warga negara harus berpedoman kepada dasar negara.

Dasar pergaulan antara warga negara

Karena asar negara tidak hanya menjadi dasar perhubungan antar warga negara dengan negara, melainkan juga dengan dasar bagi hubungan antarwarga negara.

Dasar dan sumber hukum nasional

Seluruh aktivitas penyelenggaraan negara dan warga negara dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara harus berdasarkan pada hukum yang berlaku. Dengan seperti itu, semua peraturan perundang-undangan yang dibentuk untuk penyelenggaraan negara harus didasarkan pada dasar negara.

Baca Juga : Pengertian Demokrasi Pancasila

Manfaat Dasar Negara

Dari berbagai fungsi dasar negara yang telah saya jelaskan diatas tadi, dan berikut ini manfaat dasar Negara :

Pegangan Dasar Hukum Negara

Karena dasar negara berfungsi sebagai pandangan hidup seluruh aspek masyarakat yang tinggal dalam negara tersebut. Dengan demikian, manfaatnya adalah ada suatu dasar yang dijadikan pegangan bersama untuk hidup bersama selain ada pegangan hidup yang lain berdasarkan agama, budaya dan kearifan lokal masing-masing.

Tanpa adanya dasar negara, justru di khawatirkan nilai-nilai kemanusian yang beragam dalam suatu negara yang sedikit banyak bertentangan justru akan menjadi pemicu perpecahan tanpa adanya satu payung nilai bersama yang telah disepakati sebagai dasar negara.

Pelindung dari Berkembangnya Budaya Masyarakat

Dasar negara dibuat berdasarkan keberagaman nilai budaya masyarakat dalam negara tersebut sehingga dengan demikian dasar negara ini bisa menjadi pelindung atas perkembangan ragam budaya masyarakat dalam negara tersebut.

Kontrol Terhadap Pemerintah

Dasar negara merupakan satu-satunya dasar pelindung bagi masyarakat, karena dasar negara dijadikan dasar acuan hukum yang berlaku serta menjadi dasar acuan penyelenggaraan negara.

Manfaatnya, pemerintah tidak bisa sewenang-wenang dalam mengambil keputusan dan kebijakan karena semuanya harus bersumber dari dasar negara.

Dalam arti lain, masyarakat pada akhirnya mempunyai kewenangan yang berdasarkan dari dasar negara untuk menuntut pemerintah yang bekerja di luar koridor dasar negara.

Pada intinya dasar negara bisa dijadikan kontrol terhadap oknum pemerintah yang menyalahgunakan kewenangannya.

Pelindung dari Pelanggar Hukum

Dasar negara yang telah dimanifestasikan menjadi sistem perundang-undangan Negara pastinya bermanfaat untuk melindungi segala lapisan masyarakat dari oknum-oknum pelanggar hukum.

Penangkal Paham Radikal dan Terorisme

Seiring dengan perkembangan kehidupan sekarang ini, dasar negara senantiasa menjadi objek yang diserang kelompok-kelompok pelaku aksi terorisme. Dan hal ini terjadi di berbagai negara.  Namun dasar negara merupakan hal yang dijadikan penangkal paham-paham radikal dan terorisme.

Landasan Pembentukan Karakter

Dasar negara diharapkan bisa menjadi landasan pembentukan karakter para penerus bangsa. Dengan kata lain, sesuai kesepakatan bersama ketika dasar negara dibentuk, semua lapisan masyarakat akan menggunakannya sebagai pedoman hidup.

Dalam hal ini, sebagai pedoman hidup maka dasar negara sudah semestinya mempunyai ideal tertentu untuk kehidupan yang lebih baik.

Oleh karena itu generasi baru setelah dasar negara dicetuskan merupakan generasi yang dibesarkan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam dasar negara.

Demikianlah artikel tentang pengertian dasar negara, makna, fungsi dan manfaat dasar Negara, semoga bermanfaat ya gays.

(Visited 65 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *