Pengertian Cita-Cita Menurut Umum Dan Ahli

Diposting pada
Loading...

Cita-cita menurut definisinya adalah keinginan, harapan, atau tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Tidak ada orang hidup jika tanpa cita-cita, tanpa berbuat kebajikan, dan tanpa sikap hidup. Ada banyak bentuk cita-cita namun mungkin sebagian orang belum mengerti apa itu pengertian cita-cita dan penjelasannya. Baiklah pada kesempatan ini saya akan berbagi apa yang saya ketahui mengenai deskripsi cita-cita dan bagaimana agar cita cita yang kamu inginkan dapat terwujud yuk simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Cita-Cita
Pengertian Cita-Cita

Pengertian Cita-Cita

Cita-cita adalah perasaan hati yang merupakan suatu keinginan yang ada di dalam hati. Cita-cita merupakan bagian atau salah satu dari unsur dari pandangan hidup manusia yaitu sesuatu yang ingin digapai oleh manusia melalui usaha. Sesuatu dapat di sebut dengan cita-cita apabila telah terjadi usaha untuk mewujudkan sesuatu yang dianggap cita-cita itu.

Faktor yang menentukan dapat atau tidaknya seseorang mencapai cita – citanya ialah :

  • Manusia itu sendiri
  • Kondisi yang di hadapi dalam rangka mencapai cita – cita tersebut
  • Seberapa tinggi cita – cita yang ingin dicapai.

Faktor kondisi yang mempengaruhi tercapai tidaknya cita – citanya ialah :

  • Faktor yang menguntungkan
  • Dan faktor yang menghambat.

Baca Juga : Pengertian Akal Menurut Para Ahli

Pengertian Cita-Cita Menurut Umum

Sebagian orang mengatakan bahwa cita-cita itu adalah tujuan hidup dan bagi sebagian yang lain cita-cita itu hanyalah mimpi belaka. Namun bagi orang yang menganggapnya sebagai tujuan hidupnya maka cita-cita adalah sebuah impian yang dapat membakar semangat untuk terus melangkah maju. Dengan langkah yang jelas dan mantap dalam kehidupan ini sehingga ia menjadi sebuah akselerator pengembangan diri.

Namun bagi yang menganggap cita-cita itu sebagai mimpi, maka ia adalah sebuah impian belaka tanpa api yang dapat membakar motivasi untuk melangkah maju. Manusia tanpa cita-cita ibaratkan air yang mengalir dari pegunungan menuju dataran rendah, mengikuti kemana saja alur sungai membawanya.

Manusia tanpa cita-cita itu bagaikan seseorang yang sedang tersesat yang berjalan tanpa tujuan yang jelas sehingga ia dapat lebih jauh tersesat lagi. Ya, cita-cita ialah sebuah rancangan bangunan kehidupan seseorang, bangunan yang tersusun dari batu bata keterampilan, semen ilmu dan pasir potensi diri.

Bagaimanakah jadinya nanti jika kita mempunyai beribu-ribu batu bata, berpuluh-puluh karung semen dan berkubik-kubik pasir serta bahan-bahan bangunan yang lain untuk membuat rumah akan tetapi kita tidak mempunyai rancangan maupun bayangan seperti apakah bentuk rumah itu nanti. Alhasil, mungkin kita akan mendapatkan rumah dengan bentuk yang aneh, gampang rubuh atau mungkin kita tidak akan pernah bisa membuat sebuah rumah pun.

Cara Mudah Agar Cita-Cita Dapat Tercapai

Setiap orang tentunya ingin sukses. Entah itu sukses dari segi finansial maupun dari segi karier. Namun tidak semua orang benar-benar bisa sukses. Bahkan diantara mereka ada yang jalan di tempat atau malah tidak mengalami kemajuan. Padahal menurut para motivator sukses ialah hak semua orang dan semua orang bisa sukses.

Bagi yang ingin sukses namun belum tahu caranya. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu kamu meraih keberhasilan hidup seperti yang kamu harapkan.

  • Fokus pada cita-citamu
  • Jangan takut gagal, karena itu akan membuat dirimu berfikir negatif yang berlanjut
  • Menghadapi saingan. Tanpa saingan hidup kamu tak akan maju.
  • Karena dengan sabar suksesmu akan menunggu didepan sana.
  • Tidak sombong. Jika belum mencapai cita-citamu hindari sikap sombong atau memuji diri sendiri, Allah akan menunda rezeki orang-orang yang sombong.
  • Selalu berusaha. Tidak muah puas dengan apa yang didapat, sebelum cita-citanya tercapai, tidak akan menyerah untuk selalu berusaha. Seperti engkau memetik bulan di langit, walau sulit namun pelan-pelan mungkin dapat kamu petik jika memang Allah menghendakinya.
  • Tidak mudah putus asa. Jika sekali gagal, maka jangan cepat putus asa, karena kegagalan ialah sukses yang tertunda. Ciri-ciri orang yang tak pernah sukses ialah mudah putus asa.
  • Hindari berfikir negatif, karena berfikir negatif akan membuat hidupmu lebih negatif, jika kamu optimis maka kenyataanpun akan terus optimis. Maka berpikirlah dengan positif agar hidupmu lebih berarti dimasa depan nanti, dan apa yang kamu pikirkan menjadi kenyataan dimasa depan.

Baca Juga : Pengertian Teks Rekaman

Tips Menggapai Cita-Cita

  • Pasrahkan kepada Allah SWT. Ketika kamu berusaha, sabar dan berdoa, namun yang terakhir ialah pasrah. Karena apapun yang terjadi hanya Dia yang menghendaki. Dan selalu bersyukur dengan apa yang engkau miliki.
  • Percaya diri. Percaya pada diri sendiri dibanding percaya dengan orang lain menandakan bahwa kamu lebih mencintai dirimu sendiri dibanding mencintai orang lain. Walau apa yang kamu kerjakan salah, tentunya itu akan membuat kamu sebagai pelajaran untuk dimasa depan dalam introspeksi diri dan membuat diri kamu lebih bertanggung jawab dengan apa yang kamu lakukan dimasa lalu untuk lebih baik dimasa depan.
  • Hindari menghina orang lain, perbanyaklah menghargai orang lain apalagi karya orang lain yang patut engkau hargai dan hormati yang dia dapatkan.
  • Rajinlah mendoakan orang lain sukses, karena dia akan membalas engkau sukses pula. Seperti di hari ulang tahunnya, atau kapanpun dan dimanapun ketika dia sedang melakukan apa yang dia inginkan, dan doakan semoga berhasil.
  • Diam itu emas. Banyak orang yang banyak diam namun sukses endingnya. Artinya tidak terlalu banyak bicara dan berkomentar dengan apa yang orang lain lakukan, namun lebih mementingkan diri sendiri, memikirkan karya sendiri. Karena diam itu lebih berisi dibanding banyak bicara namun kosong bunyinya.
  • Jangan hiraukan apa yang orang lain katakan, karena jika itu negatif maka cuekin saja, jika itu positif maka berjuanglah itu adalah nasehat.
  • Jadilah diri sendiri, karena menjadi diri sendiri lebih percaya diri dibandingkan menjadi diri orang lain yang tidak perlu kau ikuti dan kau turuti. Itu belum tentu kau sanggupi.

Demikianlah pengertian cita-cita yang dapat saya jelaskan. Semoga bermanfaat untuk kamu semua.

“Pengertian Cita-Cita Menurut Umum Dan Ahli”

(Visited 4.190 times, 18 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *