Pengertian Chatting Fungsi Serta Manfaatnya

Diposting pada
Loading...

Hay gays, memasuki era teknologi masa kini berbagai fasilitas penyebaran media informasi semakin bermunculan secara cepat dan mudah. Salah satu fasilitas media komunikasi sekaligus tempat bertukarnya informasi yang sangat populer dan yangpaling banyak di gunakan masyarakat adalah chatting.

Dan seiringnya laju perkembangan zaman hampir setiap orang dari berbagai kalangan menggunakan media chatting setiap harinya, khususnya pada kalangan anak muda. Tak jarang mereka bahkan memanfaatkan media chatting ini secara terus-menerus bahkan sampai lupa waktu saking ketagihannya.

Naun hampir semua orang pasti pernah melakukan chatting (menggunakan aplikasi chatting). Pada umumnya chatting di lakukan untuk berkomunikasi, bertukar informasi, menjalin hubungan sosial, mengirim data, dan lain sebagainya.

Pengertian Chatting

Pengertian Chatting ialah aktivitas berkomunikasi yang di lakukan oleh dua orang atau lebih dengan memanfaatkan aplikasi chatting dan jaringan internet. Aplikasi chatting saat ini sudah sangatlah maju. Tidak hanya untuk mengirim pesan teks saja, akan tetapi aktivitas chatting sekarang ini juga bisa mengirimkan emoticon, pesan suara, bahkan video.

Pengertian Chatting Fungsi Serta Manfaatnya
Pengertian Chatting Fungsi Serta Manfaatnya

Chatting merupakan salah satu fitur dari kecanggihan teknologi informasi saat ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa saat ini sudah familiar dengan istilah chatting.

Intinya, pengertian chatting adalah suatu program yang melibatkan koneksi internet untuk saling bertukar pesan antar satu orang dengan orang lain. Chatting adalah bentuk komunikasi yang paling efektif dan efisien saat ini..

Fungsi Chatting

Saat ini penggunaan aplikasi chatting sudah sangat masif, dan hampir semua orang menggunakan setidaknya satu aplikasi bertukar pesan. Secara umum, Chatting mempunyai beberapa fungsi, diantaranya:

  • Sarana berhemat dalam berkomunikasi jarak jauh.
  • Sarana untuk konsultasi dengan para pakar.
  • Mendapatkan teman baru.
  • Sarana belajar dan berdiskusi antar daerah lain.

Baca Juga :Pengertian Kalimat

Manfaat Chatting

Tanpa disadari, chatting sebenarnya sangat bermanfaat untuk kehidupan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kegiatan chatting:

Sarana Komunikasi

Chatting pada dasarnya mempermudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain, terutama yang posisinya berjauhan dengan kita. Kita juga bisa dengan mudah memberikan informasi penting kepada seseorang/beberapa orang sekaligus dengan memanfaatkan fitur chatting.

Sumber Informasi Tercepat

Chatting di anggap sebagai alat untuk menyampaikan informasi yang paling cepat. Karena, kita tidak perlu bersusah payah menemui orang yang bersangkutan demi bertukar informasi. Kita juga tidak perlu menelpon dan menghabiskan pulsa karena pertukaran informasi bisa kita lakukan lewat kegiatan chatting.

Menghemat Waktu

Tak bisa di pungkiri kalau kehadiran fitur chatting ini sangat memudahkan kita dalam bekerja atau beraktivitas sehari-hari. Jika kita ingin membuat janji atau pertemuan mendadak dengan orang banyak, kita tidak harus mengirim surat secara resmi, namum kita bisa mengirim undangan lewat aplikasi chatting. Hal ini akan sangat menghemat waktu. Karena, kita tak perlu lagi bersusah payah menyebarkan undangan ke sejumlah orang.

Media Untuk Berkomunikasi Dengan Pelanggan

Manfaat yang satu ini biasanya di rasakan oleh pihak perusahaan/pebisnis. Dengan menggunakan chatting, perusahaan akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan mengenai pemesanan produk, komplain, dan lain sebagainya.

Sebagai Sarana Pemasaran

Selain mempermudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan, chatting juga membantu pebisnis dalam mempromosikan produk. Pebisnis tidak perlu lagi mengeluarkan sejumlah dana untuk mencetak brosur, mereka hanya perlu membuat bahan promosi dalam bentuk digital, kemudian menyebarkannya lewat chatting. Cara seperti ini sangat menghemat waktu dan biaya sehingga banyak di terapkan di kalangan pebisnis, khususnya yang mempunyai bisnis online.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian chatting, fungsi serta manfaatnya. Semoga bermanfaat.

(Visited 74 times, 1 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *