Pengertian Berita, Syarat Dan Struktur Berita

Diposting pada

Hay gays, setiap hari, setiap detik, bahkan setiap waktu kita pasti membutuhkan informasi yang cepat, dan akurat kan, Itulah yang namanya berita. Banyak sekali sumber berita yang bisa kita temukan, seperti di media cetak koran, media layar kaca televisi, dan media internet. Jadi, untuk kali ini saya akan membahas materi tentang Berita Bahasa Indonesia.

Pengertian Berita

Yang dimaksud dengan Berita adalah suatu laporan cepat mengenai peristiwa terbaru dan penting untuk di sampaikan kepada masyarakat luas. Atau arti lain dari berita ialah suatu informasi mengenai fakta atau sesuatu yang sedang terjadi.

Ada juga yang mengartikan berita sebagai informasi baru yang di sajikan dalam pembacaan / penulisan yang jelas, aktual dan menarik. Sedangkan menurut KBBI berita di artikan sebagai cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.

Berita bisa di katakan juga sebagai laporan tentang suatu kejadian yang sedang terjadi atau keterangan terbaru dari suatu peristiwa/kejadian. Pada umumnya berita di sampaikan dalam bentuk media cetak, siara tv, radio, mulut ke mulut dan media online.

Pengertian Berita
Pengertian Berita

Berita merupakan fakta yang memang di anggap penting dan harus segera di sampaikan kepada masyarakat. Akan tetapi tidak semua fakta dapat di jadikan berita oleh media, fakta-fakta yang ada akan di pilih, sehingga fakta mana saja yang pantas untuk di sampaikan kepada masyarakat.

Fakta adalah peristiwa yang benar-benar ada atau terjadi, sedangkan opini adalah hal yang sifatnya pernyataan, belum terjadi dan belum tentu benar.

Pada umumnya berita tidak hanya memberikan informasi mengenai peristiwa-peristiwa terbaru, akan tetapi kadang-kadang juga di gunakan untuk memberikan pengaruh kepada masyarakat yang mendengar atau membacanya.

Terutama berita tentang politik, sering sekali masyarakat di pengaruhi pembawa atau penulis berita supaya mengikuti arus politik tersebut.

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian-pengertian berita yang dikemukakan oleh para ahli:

Nasution

Menurut Nasution dalam Alief (2008:1), Berita ialah laporan tentang peristiwa–peristiwa yang terjadi yang ingin di ketahui oleh umum, dengan sifat aktual, terjadi di lingkungan pembaca, mengenai tokoh terkemuka, akibat peristiwa tersebut berpengaruh terhadap pembaca.

Djuraid (2007:9)

Menurut Djuraid, Berita ialah sebuah laporan atau pemberitahuan mengenai terjadinya sebuah peristiwa atau keadaan yang bersifat umum dan baru saja terjadi dan disampaikan oleh wartawan di media massa.

Sumadiria (2005:65)

Menurut Sumadiria, Berita ialah laporan tercepat mengenai ide atau fakta terbaru yang benar, menarik dan penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media internet.

Dean M. Lyle Spencer

Menurut Dean M. Lyle Spencer, Berita adalah kenyataan ide yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembaca.

Adi Negoro

Menurut Adi Negoro, Berita ialah sebuah pernyataan diantara manusia yang saling memberitahukan.

Syarat Berita

  • Fakta, berita harus berdasarkan pada kejadian atau peristiwa yang benar-benar nyata
  • Mempunyai unsur 5W+1H
  • Bisa di pertanggung jawabkan kebenaran beritanya.
  • Terkini, artinya berita harus informasi yang segar, baru, dan layak untuk dibahas.
  • Lengkap, artinya berita harus menggunakan struktur yang ada sesuai dengan kaidah berita.
  • Seimbang, berita harus ditulis dan di sampaikan dengan seimbang, tidak memihak pada salah satu pihak.
  • Menarik, berita harus mampu menarik minat pembaca atau pendengarnya. Berita dapat di katakan menarik jika bermanfaat bagi pembaca atau pendengarnya, berkaitan dengan tokoh
  • Sistematis, berita harus di susun secara sistematis, urutannya jelas sehingga pembaca tidak bingung dalam menangkap isi berita.

Unsur 5W+1H

Unsur 5w+1H adalah syarat bahwa sebuah informasi itu mempunyai data yang akurat, dan lengkap. Sehingga bisa disebut bertia.

  • What, apa yang terjadi?
  • Who, siapa yang terlibat?
  • Where, dimana kejadiannya?
  • Why, kenapa ini bisa terjadi?
  • When, kapan kejadian ini terjadi?
  • How, bagaimana atau proses kejadiannya?

Baca Juga  : Contoh Cerpen Lucu Tentang Pengalaman Pribadi

Struktur Berita

Setiap berita atau informasi yang akan di sampaikan pasti mempunyai kerangka, tujuannya yaitu untuk mempermudah dalam penyampaian dan penyusunan. Berikut ini struktur berita :

Headline

Headline atau judul, biasanya di lengkapi dengan anak judul. Fungsinya untuk memudahkan pembaca agar dapat segera mengetahui peristiwa apa yang akan di sampaikan dan menonjolkan berita tersebut dengan dukungan grafik agar lebih menarik.

Deadline

Umumya deadline terdiri dari nama media massa, tempat peristiwa dan juga tanggal terjadinya peristiwa. Tujuannya untuk menunjukan tempat peristiwa dan inisial dari media massa yang menyampaikan berita itu.

Lead

Merupakan unsur terpenting dalam berita, karena bisa menentukan apakah isi berita tersebut akan di baca atau tidak oleh masyarakat. Bisa di katakan juga sebagai inti dari berita, yang berfungsi menggambarkan seluruh isi berita namun secara ringkas. Ini juga biasa disebut dengan teras berita dan ditulisannya terdapat pada paragraf yang pertama.

Body

Merupakan bagian tubuh berita, isinya berupa peristiwa-peristiwa yang di laporkan dengan bahasa yang singkat, jelas dan padat. Body bisa di sebut juga sebagai bagian perkembangan berita.

Demikianlah Pengertian Berita, Syarat Dan Struktur Berita yang bisa saya jelaskan. Semoga  bermanfaat buat kamu.

(Visited 36 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *