Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Pengertian Bencana Alam, Macam dan Jenisnya Lengkap

3 min read

Penjelasan Bencana Alam

Assalamualaikum sahabat Idpengertian.com yang budiman, kali ini saya akan membahas materi tentang pengertian bencana alam, macam dan juga jenisnya. Pasti sudah tak asing lagi bagi kalian semua dengan hal ini bukan? Nah, disini saya mempunyai tujuan agar kalian semua jadi lebih paham dengan menyimak pembahasan berikut ini.

Penjelasan mengenai pengertian bencana alam, macam dan juga jenisnya
Penjelasan mengenai pengertian bencana alam, macam dan juga jenisnya

Pengertian Bencana Alam

Bencana alam adalah bencana yang di akibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa oleh alam. Dan pada umumnya bencana alam terjadi karena adanya perubahan pada kondisi alam baik secara perlahan maupun secara ekstrem. Selain itu, bencana alam dapat terjadi karena ada faktor campur tangan manusia yang tidak bertanggungjawab, misalnya penebangan pohon dengan berlebihan yang dapat menyebabkan tanah longsor.

Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli

Coburn A W

Menurutnya, pengertian bencana alam adalah suatu kejadian atau serangkaian kejadian yang mengakibatkan adanya korban dan atau kerusakan, kerugian harta benda, infrastruktur, pelayanan-pelayanan penting atau sarana kehidupan pada satu skala yang berada di luar kapasitas normal.

Heru Sri Haryanto

Bencana alam merupakan suatu tragedi terjadinya kerusakan pada pola pola kehidupan normal, bersifat merugikan kehidupan manusia, struktur sosial serta munculnya kebutuhan masyarakat.

Kamadhis UGM

Menurutnya, pengertian bencana alam adalah serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh gejala-gejala alam, sehingga peristiwa tersebut mengakibatkan kerugian materi, korban jiwa, dan kerusakan lingkungan.

Baca Juga : Pengertian Gempa Bumi 

Jenis-Jenis Bencana Alam

  1. Bencana Alam Geologi

Jenis bencana alam geologi adalah salah satu jenis bencana alam yang terjadi di permukaan bumi. Sebagai contoh dari bencana alam geologi adalah tsunami, tanah longsor, banjir, gunung meletus, gempa bumi, dan lain-lain.

  1. Bencana Alam Meteorologi

Jenis bencana alam meteorologi atau hidrometeorologi adalah jenis bencana alam yang berhubungan dengan iklim. Bencana alam ini paling banyak terjadi di seluruh dunia. Contoh bencana alam meteorologi adalah banjir dan kekeringan. Dan sekarang ini sangat dikhawatirkan karena berupa bencana alam pemanasan global.

  1. Bencana Alam Ekstra-terestial

Jenis bencana alam ekstra-terestial adalah jenis bencana alam yang terjadi di luar angkasa. Bencana ini bisa berupa jatuhnya berbagai benda dari langit seperti asteroid atau gangguan badai matahari. Pengaruh bencana ini tidak terlalu besar karena asteroid berukuran kecil tetapi berjumlah sangat banyak.

Macam-Macam Bencana Alam

  • Banjir

Merupakan bencana alam yang di akibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi dengan tidak di imbangi oleh saluran-saluran pembuangan air yang memadai, sehingga banjir dapat merendam berbagai wilayah-wilayah yang cukup luas.

Dan biasanya banjir terjadi karena luapan sungai yang tidak mampu menghadang derasnya air yang datang sehingga menyebabkan jebolnya sistem perairan disuatu daerah. Di samping itu,luapan sungai dan bencana alam banjir di sebabkan oleh ulah manusia, seperti membuang sampah sembarangan dan menebang pohon secara liar.

  • Tanah Longsor

Bencana tanah longsor ialah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

Umumnya tanah longsor di sebabkan karena dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu, faktor pendorong ialah faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi material itu sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut.

  • Kebakaran Hutan

Ini di sebabkan karena ulah manusia sendiri, seperti membuang puntung rokok sembarangan. Proses pemadaman api kebakaran hutan sangat sulit, karena api sudah menjalar dan luas. Selain itu, kebakaran hutan juga dapat menimbulkan asap yang dapat merusak pernapasan manusia. Dan selain ulah manusia, kebakaran hutan juga bisa disebabkan secara alami, misalnya karena tersambar petir.

  • Gempa Bumi

Macam-macam bencana alam yang selanjutnya adalah gempa bumi. Bencana gempa bumi merupakan guncangan atau getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba lalu menciptakan gelombang seismik. Penyebab terjadinya gempa bumi adalah suatu pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi. Pada umumnya, gempa bumi ini terjadi pada daerah-daerah yang sangat dekat dengan patahan lempengan bumi.

  • Tsunami

Kata tsunami itu sendiri berasal dari bahasa Jepang, kata tsu yang berarti pelabuhan, dan nami yang berarti gelombang. Secara harfiah, tsunami berarti “ombak besar di pelabuhan” adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan mendadak atau tiba-tiba.

Suatu perubahan permukaan laut terjadi karena di sebabkan oleh gempa bumi yang berada di bawah laut, letusan gunung berapi di bawah laut, longsor bawah laut, atau hantaman meteor di laut. Bencana ini termasuk dalam suatu bencana yang paling berbahaya karena tsunami tidak dapat di prediksi kapan terjadinya dan sulit untuk mencegah datangnya tsunami dengan kecepatan tinggi.

  • Kekeringan

Merupakan suatu keadaan kekurangan pasokan air pada suatu daerah dalam masa yang amat berkepanjangan. Biasanya terjadi selama berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun. Dan bencana alam yang satu ini hampir setiap tahunnya terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Umumnya bencana kekeringan terjadi ketika suatu wilayah secara terus-menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata. Pada musim kemarau yang panjang akan menyebabkan kekeringan karena cadangan air tanah akan habis akibat penguapan (evaporasi), transpirasi, ataupun penggunaan manusia yang lainnya.

  • Gunung Meletus

Bencana gunung meletus merupakan salah satu bencana alam yang sangat dahsyat. Penyebab terjadinya bencana gunung meletus ini adalah meningkatnya aktivitas magma yang ada dalam perut bumi. Gunung yang sudah meletus akan mengeluarkan berbagai macam material, seperti debu, batu, kerikil, awan panas, dan magma.

Magma ialah suatu cairan panas yang keluar dari dalam perut bumi dengan suhu yang sangat tinggi, diperkirakan lebih dari 1000 derajat celcius. Dan magma yang sudah keluar dalam perut bumi disebut dengan lava.

Bencana ini terjadi karena di sebabkan oleh endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Dan gunung yang akan meletus dapat di amati aktivitas perkembangannya, mulai dari siaga, waspada, awas dan hingga puncaknya yaitu meletus. Gunung meletus dapat diprediksi kapan meletusnya, maka warga akan diberi peringatan agar segera mengungsi.

Demikian penjelasan mengenai pengertian bencana alam, macam dan juga jenisnya. Semoga dapat menambah informasi dan wawasan sahabat semua ya, terima kasih .

(Visited 599 times, 1 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *