Pengertian Batik Tulis Batik Printing Dan Batik Celup

Kerajinan batik merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia yang sudah mendunia, saat ini banyak sekali yang menyukai pakaian yang bermotif batik, mungkin anda salah satunya…?

Pengertian Batik adalah teknik pewarnaan kain atau tekstil menggunakan lilin dengan corak dan warna yang membuat pola, dan semua proses tersebut di lakukan secara manual atau menggunakan tangan.

Pengertian Batik Tulis Batik Printing Dan Batik Celup

Ilmu Pengertian Batik Tulis Batik Printing Dan Batik Celup

Ada banyak sekali penjelasan tentang pengertian batik menurut para ahli dan pakar, seperti yang di jelaskan oleh Hamzuri bahwa batik adalah seni melukis atau gambar pada selembar kain menggunakan alat yaitu canting, hasil dari membatik tersebut bermacam-macam salah satunya mempunyai ciri khas tersendiri dari batik itu sendiri.

Sedangkan Pengertian Batik menurut Santosa Doellah adalah pewarnaan kain menggunakan lilin sebagai pewarnanya yang menghasilkan corak hias ataupun pola tertentu, pembuatannyapun sangat unik yaitu dengan teknik celup rintang, kain bisa di sebut batik harus mempunyai 2 unsur yaitu memiliki teknik celup rintang dan pola yang mempunyai khas batik itu sendiri.

Baca Juga : Pengertian Serta Pemetaan Peluang Usaha Batik

Perbedaan Antara Batik Tulis, Batik Printing Dan Batik Cap

Batik Tulis : Biasanya isi dari batik tersebut sangat rapat, tidak kaku, dan rapih, Ornamen yang ada pada batik tulis agak berbeda dengan ornamen lainnya walaupun bentuk, ukuran dan warna yang sama.

Proses Pembuatan Batik Tulis ini di lakukan dengan tangan serta ketelatenan yang luar biasa, alat yang digunakan yaitu malam, lilin, kain dan pewarna.

Batik Cap : Bentuk, ukuran maupun warna pasti sama antara ornamen satu dan yang lainnya, isi yang ada di dalamnya agak renggang dan kaku, jika isinya terlalu mepet antara garis satu dan yang lainnya akan terlihat kasar dan kurang rapih.

Proses Pembuatan Batik Celup ini menggunakan alat yang sudah mempunyai pola batik yaitu stempel, cara pembuatannya dengan cara menyelupkan stempel tersebut kedalam lilin kemudian di stempelkan kemedia kain yang sudah di sediakan.

Batik Printing : Dari 2 jenis di atas batik printinglah yang paling dominan karena ornamennya bisa sama dan bisa tidak, kebanyakan batik printing tidak akan tembus kebagian serat kain karena hanya satu sisi saja yang di warnai selain itu juga batik printing sering kali meniru batik lainnya karena memang menggunakan alat digital.

Proses Pembuatan Batik Printing yaitu dengan cara menyablon. langkah awal pola yang sudah di tentukan lalu di print di atas alat untuk menyablon, cara ini tidak membutuhkan lilin dan yang lainnya seperti batik celup dan batik cap prosesnyapun terbilang cepat dan mudah.

Jenis-Jenis Batik Yang Perlu Diketahui yaitu seperti yang sudah kami jelaskan di atas ada 3 jenis model batik yang saat ini sangat populer di Indonesia khususnya.

Demikian penjelasan singkat mengenai Pengertian Batik, Perbedaan Batik serta Jenis-Jenis Batik yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda semuanya, hari ini juga menepati pas dengan peringatan Ibu Kita Kartini jadi tema postingan kali ini yaitu batik, sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.

Pengertian Batik Tulis Batik Printing Dan Batik Celup | Admin | 4.5

Related Posts

Leave a Reply