Pengertian Asas Kekeluargaan Dan Musyawarah

Diposting pada
Loading...

Hay gays apa kabar ? kembali lagi sama saya di unityradio.info.com. kali ini saya akan mengulas tentang pengertian asas kekeluargaan dan musyawarah. Pastinya kamu sudah penasaran kan. Yuk langsung aja simak penjelasan berikut ini !

Pengertian Asas Kekeluargaan Dan Musyawarah
Pengertian Asas Kekeluargaan Dan Musyawarah

Pengertian Asas Kekeluargaan

Apa Yang Dimaksud Dengan Asas Kekeluargaan..? Pengertian asas kekeluargaan adalah suatu kelompok yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan dengan menggangap anggota dari kelompoknya ialah keluarganya sendiri, sehingga tujuan kelompok tersebut mudah tercapai.

Makna Asas Kekeluargaan

Di lihat dari makna katanya, ada beberapa pengertian yang menjelaskan makna dari asas kekeluargaan. Salah satunya, pendapat dari Bapak Koperasi Indonesia, Moh. Hatta yang menjelaskan bahwa asas kekeluargaan ialah asas dimana semua anggota kelompok atau lembaga bertindak dan berlaku selayaknya sebuah keluarga.

Hal yang menjadi inspirasi beliau ialah pada saat para guru dan murid di lembaga pendidikannya, Taman Siswa yang menunjukkan hubungan sebagaimana sebuah keluarga besar. Hal itu jugalah yang melatar belakangi Moh. Hatta mengusulkan bahwa asas kekeluargaan menjadi asas dari koperasi, salah satu badan usaha yang ada di Indonesia dan dirintis oleh Moh. Hatta itu sendiri.

Jika dilihat dari segi bahasa, kata kekeluargaan berasal dari kata dasarnya keluarga. Keluarga merupakan kata yang diambil dari bahasa Sansekerta yaitu kulawarga yang berarti ras, warga, atau anggota. Dari situ muncul lah definisi bahwa keluarga adalah suatu lingkup yang berisi sekelompok orang yang masih mempunyai hubungan darah.

Dalam sebuah keluarga, ada kepala keluarga, dan anggota keluarga dimana setiap individu mempunyai ketergantungan satu sama lain. Maka dari itu, asas kekeluargaan bisa diartikan sebagai suatu paham dimana sebuah hubungan yang di bentuk dalam sebuah kelompok yang seperti keluarga, mempunyai ketergantungan satu sama lain dan bertujuan untuk menanamkan kebaikan yang akan menjadi sarana pemersatu anggota kelompok tersebut.

Asas kekeluargaan juga menjadi pedoman untuk perkembangan norma dan peraturan dalam kelompok tersebut. Selain itu, ada juga penjelasan yang lebih umum mengenai asas kekeluargaan yang merupakan kesadaran dari hati nurani setiap anggota keluarga atau kelompok untuk mengerjakan segala sesuatu dalam kelompok tersebut yang berguna untuk semua anggota.

Dengan begitu, semua orang dalam keanggotaan akan memiliki rasa kesadaran akan pentingnya kepentingan umum diatas kepentingan pribadi. Ada juga yang mengartikan asas kekeluargaan sebagai perilaku yang menunjukkan perwujudan nilai kekeluargaan yang tinggi pada orang lain sehingga dalam penerapannya menimbulkan rasa keakraban seperti layaknya keluarga yang mempunyai hubungan darah.

Pengertian Asas Musyawarah

Asas musyawarah adalah asas yang di gunakan oleh masyarakat untuk menyelesaikan masalah atau persoalan dengan baik-baik untuk mendapatkan hasil yang sering disebut dengan mufakat, untuk mendapatkan mufakat semua anggota yang ada dalam musyawarah harus menyetujui keputusan tesebut supaya mendapatkan mufakat.

Asas musyawarah ialah asas yang memperhatikan aspirasi dan kehendak seluruh rakyat yang jumlahnya banyak dan melalui forum permusyawaratan untuk menyatukan pendapat serta mencapai kesepatakan bersama atas kasih sayang, pengorbanan untuk kebahagian bersama.

Kemudian pada asas musyarawah, demokrasi pancasila mempunyai dasar bahwa musyawarah merupakan media untuk mempersatukan pendapat secara rasa kasih sayang dan pengorbanan untuk kebahagiaan rakyat Indonesia.

Baca Juga : Macam Macam Pengertian Asas Hukum

Tujuan asas musyawarah yaitu:

  • Memecahkan masalah secara bersama-sama
  • Musyawarah menambah nilai kekeluargaan
  • Saat musyawarah kita harus menghargai pendapat orang lain dan tidak bersikap egois
  • Menambah nilai kebersamaan antara anggota musyawarah.

Demikianlah pengertian asas kekeluargaan dan musyawarah yang dapat saya tuliskan, semoga bermanfaat buat kamu dan bisa menambah wawasan kamu.

(Visited 1.985 times, 1 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *