Pengertian Artikel, Jenis Artikel Beserta Contohnya Terlengkap

Pengertian Artikel

Pengertian artikel adalah sebuah karya tulis yang lengkap dari mulai judul, materi pembahasan serta penjelasan, menurut (KBBI) kamus besar bahasa indonesia Artikel yaitu sebuah prosa atau karangan yang telah di terbitkan di media massa, media sosial, media website dan lain sebagainya.

Adapun pembahasan yang ada di dalamnya meliputi tentang sesuatu yang khusus, contohnya kasus media sosial artis tik tok yang mengusung nama Bowo Mundardo baru-baru ini yang berkembang di masyarakat luas penjelasan dalam artikel tersebut juga lugas dan mudah di terima oleh pembaca.

Menulis Artikel

Content Writing

Pengertian Artikel, Jenis Artikel Beserta Contohnya Terlengkap

Tujuan Artikel

Setiap tulisan atau cerita pasti mempunyai tujuan tertentu yang dapat membuat pembaca bisa merasakan, melihat bahkan bisa hanyut dalam sebuah permasalahan yang disajikan atau juga bisa melakukan sesuatu pekerjaan yang termuat dalam artikel tersebut.

Struktur Artikel

1. Pembukaan Artikel

Dalam menulis artikel pastinya melalui alenia pertama, dalam pembuka atau teras dari sebuah artikel haruslah terdiri dari prolog, lead, dan intro. bagian pembukaan ini berisi tentang uraian, kutipan, rangkaian kejadian, peristiwa serta kejadian yang akan di bahas di dalam isi artikel.

2. Leher Artikel

Setelah pembukaan baru kita menuju leher dari artikel, di dalam bagian leher menjelaskan sambungan dari pembuka yaitu isi materi yang akan di jadikan dalam artikel, bagian ini merupakan bagian penghubung antara kepala dan perut.

3. Tubuh/Isi Artikel

Isi artikel sangat penting sekali dalam proses penulisan artikel karena dalam isi ini untuk menguraikan semua permasalahan atau sering dikatakan uraian eksplanasi, pengungkapan permasalahan jangan sampai keluar dari topik harus fokus dan tetap terjaga pada tujuan.

4. Penutup Artikel

Setelah menuangkan semua materi dan menjelaskan semua masalah maka bagian terakhir adalah penutup, dalam penutup ini biasanya berisi tentang kalimat pengunci yaitu rangkuman dari semua materi dan pembahasan secara singkat dan jelas.

Baca Juga : Pengertian Website Menurut Para Ahli

Langkah-Langkah Menulis Artikel

Untuk membuat sebuah artikel kita harus mengetahui langkah demi langkahnya agar apa yang kita tulis menjadi sempurna dan mudah untuk di mengerti, disini admin menbagi menjadi 5 bagian.

1. Tentukan Tema

Sangat penting kita untuk menentukan sebuah tema dalam membuat atau menulis sebuah artikel, dan yang paling penting tema tersebut harus spesifik, dengan demikian minat pembaca pada artikel tersebut semakin meningkat.

2. Menetapkan Tujuan Penulisan

Artikel yang baik dan benar harus mempunyai tujuan yang jelas, banyak sekali artikel yang tidak menggunakan langkah ini contohnya artikel narasi dan artikel deskripsi, jenis ini tidak menjelaskan tujuan penulisan dengan tersurat namun kebalikannya yaitu tersirat.

3. Rumuskan Permasalahan Atau Ide Pokok

Untuk melakukan rumusan masalah biasanya ada tanda pertanyaan seperti contoh “apakah benar semua yang dikatakan para gubernur itu bisa di tepati?”

4. Mengembangkan Pembahasan

Dengan mengembangkan pembahasan maka akan membuar artikel tersebut menjadi lebih berisi dan berbobot, namu harus tetap fokus pada permasalahan utamanya tidak di perbolehkan keluar dari topik.

5. Membuat Kesimpulan

Dengan kesimpulan ini anda harus mampu menjelaskan secara ringkas, padat dan jelas tentang inti dari maksud tulisan yang anda buat, kesimpulan ini sangat mudah di buat jika artikel anda sudah benar alurnya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Macam-Macam Artikel Beserta Contohnya Lengkap

Ada beberapa macam artikel yang mungkin anda belum mengetahuinya, disini admin akan memberikan 4 jenis tulisan atau jenis artikel beserta contohnya.

1. Artikel Persuasi

Tulisan karangan ini mempunyai tujuan untuk mempengaruhi sang pembaca agar dapat melakukan sesuatu, penulis mengharapkan ada tindakan yang di lakukan dalam bentuk motorik.

Contoh : Tanam seribu pohon untuk penghijauan, Katakan tidak pada rokok dan narkotika, jaga hutan kita untuk generasi mendatang dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Artikel Argumentasi

Sesuai dengan kata argumentasi sebuah artikel yang membuktikan pendapat kebenaran, penulis mengharapkan pembenaran dari pembaca namun semua itu harus di dasari dengan data, alasan serta fakta yang kongkrit atau jelas untuk mendukung pendapat.

Contohnya : Sepakbola Indonesia terancam dibekukan oleh FIFA. Pasalnya, pihak pemerintah dianggap terlalu campur tangan dengan sepakbola di Indonesia. Jasa artikel seo yang di tulis oleh para pakar seo mampu mendongkrak perkembangan website anda.

3. Artikel Eksposisi

Jenis artikel yang satu ini adalah menjelaskan kepada pembaca tentang topik untuk memberikan informasi serta pengetahuan bisa di barengi dengan gambar, statistik dan grafik.

Contohnya : Pisang merupakan salah satu tumbuhan yang sudah biasa tumbuh di sekitar rumah warga. Pisang biasa diambil buahnya untuk dimakan. Buah pisang sangat baik bagi kesehatan karena mengandung vitamin (A, B, B6, C), mineral (kalium, magnesium, fosfor, kalsium dan besi) serta karbohidrat. Selain buahnya, seluruh komponen pisang dari daun, jantung, hati, bonggol, bahkan kulit pisang memiliki manfaat bagi kesehatan

4. Artikel Narasi

Narasi atau sering disebut cerita, dalam menuangkan sebuah gambaran peristiwa yang terjadi dalam narasi berupa fiksi atau juga fakta.

Seperti Contohnya : Novel, Komik, Cerpen dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikian ulasan mengenai Pengertian Artikel Beserta Contohnya Lengkap secara umum dan khusus yang dapat admin tulis, semoga dengan tulisan yang jauh dari kata sempurna ini bisa memberikan ilmu serta manfaat bagi anda dan pembaca lainnya, semoga bermanfaat.

Bonus Tambahan

>> Contoh Artikel Jurnal Pdf

>> Pengertian Artikel Ilmiah Pdf

(Visited 9 times, 2 visits today)
Pengertian Artikel, Jenis Artikel Beserta Contohnya Terlengkap | Admin | 4.5

Leave a Reply