Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah

Diposting pada

Apa Itu Artikel Jurnal Ilmiah? Artikel Jurnal ilmiah adalah satu-satunya tulisan yang dirancang untuk penelitian swadana, yang mana sistem penulisan artikelnya tanpa menggunakan sistem angka atau pun abjad.

Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah

Menurut  wikipedia Jurnal ilmiah  merupakan  salah  satu  jenis jurnal akademik di mana penulis mempublikasikan artikel ilmiah yang biasanya memberikan kontribusi terhadap  teori atau penerarapan ilmu. Untuk memastikan  kualitas ilmiah pada artikel yang di terbitkan, suatu artikel biasa di teliti oleh rekan-rekan sepekerjaannya dan di revisi oleh penulis. Hal ini dikenal sebagai peer review (review oleh orang-orang yang lebih berkuasa).

Pengertian Jurnal Ilmiah

Berdasarkan versi lain, jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk majalah yang berisi bahan ilmiah yang di terbitkan untuk orang-orang dengan minat khusus. Awalnya  jurnal berbentuk buku, namun seiring berkembangnya teknologi informasi, jurnal kini di terbitkan dalam  bentuk elektronik, atau lebih dikenal dengan nama  e-Journal. Pada umumnya jurnal biasanya diterbitkan 2-3 kali dalam setahun.

Baca Juga : Pengertian Artikel Ilmiah Beserta Contohnya

Karakteristik Jurnal Ilmiah

Umumnya jurnal ilmiah  mempunyai aspek perkembangan ilmu, bukan artikel ilmiah biasa. Seleksinya pun cenderung sangat ketat, apalagi untuk jurnal internasional. Jurnal mempunyai cakupan materi yang luas namun sangat padat, hanya 6-8 halaman, namun setiap kalimatnya bernilai ilmu pengetahuan.

Jurnal bersifat sangat efektif, dan tidak memuat gambar atu tabel. Untuk jurnal matematika, umumnya banyak teori rumus dasar yang tidak di tulis, sehingga hanya orang-orang yang sebidang yang dapat memahami isi dari jurnal ilmiah tersebut.

Syarat-Syarat Administratif Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah wajib memenuhi persyaratan administratif sebagai berikut ini :

  • Mempunyai International Standard Serial Number (ISSN).
  • Memiliki mitra bestari paling sedikit empat orang.
  • Di terbitkan secara teratur dengan  frekuensi paling sedikit dua kali dalam setahun, kecuali majalah ilmiah dengan cakupan keilmuan spesialisasi dengan frekuensi satu kali dalam satu tahun.
  • Bertiras setiap kali penerbitan paling sedikit berjumlah 300 eksemplar, kecuali majalah ilmiah yang menerbitkan sistem  jurnal elektronik (e-journal) dan majalah ilmiah yang menerapkan sistem daring (online) dengan persyaratan yang sama dengan  persyaratan majalah ilmiah tercetak.
  • Memuat artikel utama setiap kali penerbitan berjumlah paling sedikit lima. Selain dapat di tambahkan dengan artikel komunikasi pendek yang  dibatasi paling banyak tiga buah.

Manfaat jurnal ilmiah

Berikut ini beberapa manfaat jurnal ilmiah :

Sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan

Jurnal ilmiah merupakan arena diskursus intelektual melalui tulisan. Pengembangan ilmu pengetahuan dapat di lakukan dengan temuan penelitian, kritik terhadap temuan penelitian, pembentukan konsensus dan temuan baru. Dan proses tersebut berlangsung terus-menerus. Begitulah ilmu pengetahuan berkembang dan jurnal berperan sangat penting sebagai sarananya.

Sebagai basis data kebijakan publik

Kebijakan publik memerlukan naskah akademik sebagai fondasinya. Jurnal dapat berperan sebagai dasar ilmiah di buatnya kebijakan publik. Tanpa dasar ilmiah, kebijakan publik bisa di katakan di buat dengan semena-mena.

Beberapa manfaat lain dapat di sebutkan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Secara kuantitatif, misalnya jumlah terbitan jurnal ilmiah biasa di jadikan sebagai tolok ukur kemajuan suatu intitusi atau lembaga seperti, negara, pusat studi, universitas, dan lain sebagainya.

Tujuan Penulisan Jurnal Ilmiah

Keterbatasan produksi atau penerbitan jurnal ilmiah mendasari kebijakan pemerintah. Karena jumlah produksi yang terbatas, sangat di harapkan sasaran pembaca ialah ilmuwan dalam bidang ilmu yang tepat, sehingga akan bisa di teruskan oleh penerus penelitian tersebut.

Hal ini juga untuk mencegah judul jurnal yang sama atau duplikasi jurnal ilmiah. Manfaat lainnya juga agar penelitian sejenis dapat saling bekerja sama dan saling menjadi acuan, karena IPTEK akan berkembang sangat pesat. Ilmuwan di harapkan bisa bekerjasama dengan baik.  Jika para ilmuwan bekerjasama dengan baik, selain itu jurnal ilmiah adalah suatu upaya memasyarakatan IPTEK.

Menulis Artikel Jurnal Ilmiah

Menulis jurnal ilmiah bukan merupakan pekerjaan yang sangat mudah, namun juga tidak serumit membuat roket. Kuncinya ialah seringnya berlatih menulis jurnal. Jika kamu sudah mempunyai artikel yang layak untuk dijadikan jurnal, silahkan ikuti tip dibawah ini:

  • Mengamati isi suatu jurnal, untuk mengatuhi apakah artikel kita sesuai
  • Mendonload/ membuat template jurnal tersebut,
  • Menulis artikel yang sesuai dengan gaya jurnal tesebut.

Tips Lolos Artikel Jurnal Ilmiah

Tidak semua artikel jurnal ilmiah yang mahasiswa tulis akan masuk dalam terbitan ilmiah secara berkala. Ada aturan-aturan yang menjadi syarat untuk lolos atau tidaknya sebuah artikel jurnal ilmiah. Aturan-aturan tersebut meliputi :

  • Lingkup ilmu yang menjadi pembahasan jurnal ilmiah,
  • Panduan pengetikan, yang meliputi layout jurnal dan juga typhografinya.
  • Dan yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas, yang merupakan inti dari penilaian sebuah artikel jurnal imliah.

Demikianlah pengertian artikel jurnal ilmiah, semoga bermanfaat buat kamu semua.

“Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah”

(Visited 3.361 times, 3 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *