Pengertian Artikel Ilmiah Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Artikel Ilmiah Beserta Contohnya – Dalam dunia tulis menulis kita sering mendengar kata artikel, kata artikel ini sering banget didengar terutama bagi mereka yang sedang menempuh dunia pendidikan atau pun bagi kalangan blogger yang mempunyai hobi untuk membuat tulisan untuk dipublikasikan di internet.

Pengertian Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah sebutan yang khusus untuk makalah dikalangan para mahasiswa dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi.

Penjelasan mengenai Artikel ilmiah secara umum lainnya adalah suatu karya ilmiah yang ditulis untuk dimuat dalam jurnal ilmiah dengan tata cara penulisan yang mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan.

Adakalanya Artikel ilmiah dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan atau laboratorium, hasil pemikiran dan kajian pustaka, atau hasil pengembangan proyek.

Pengertian Artikel Ilmiah

Dalam pengertian artikel ilmiah sudah dijabarkan bahwa tulisan ini bersifat ilmiah dan sistematis.

Oleh sebab itu artikel ilmiah juga bisa menggunakan angka-angka statistik dalam bentuk tabel maupun nontabel, yang menggambarkan suatu objek pembahasan hasil daripada sebuah penelitian baik berdasarkan sampel maupun populasi.

Publikasi artikel ilmiah dalam bentuk jurnal ilmiah dimaksudkan untuk mengkomunikasikan gagasan atau temuan yang penting untuk diketahui oleh pembaca.

Pada umumnya gagasan yang di tulis dalam bentuk artikel adalah gagasan atau temuan baru yang mempunyai orisinalitas dan mempunyai sumbangan tinggi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dari penemunya. Jika gagasan yang ditulis sudah umum biasanya penulis menuangkannya dalam bentuk buku atau diktat.

Baca juga : Pengertian Artikel

Istilah Artikel Ilmiah

Artikel dengan karya tulis ilmiah sangat berbeda, dari segi bahasa, bahwa artikel lebih sederhana karena sasaran pembacanya menjangkau semua kelompok masyarakat. Sedangkan bahasa yang digunakan dalam karya tulis ilmiah harus menggunakan bahasa yang formal sehingga kadang-kadang terasa kaku.

Dari segi isi, gagasan dalam sebuah artikel tidak perlu ditunjang oleh bukti yang lengkap sebagaimana dalam karya tulis ilmiah.di dalam karya tulis ilmiah penulis harus menyertakan sumber data berupa kutipan, biografi, catatan kaki, serta daftar pustaka pada akhir tulisan.

Di dalam artikel ilmiah terdapat 4 dimensi yang perlu diperhatikan, yaitu :

  1. Dimensi hasil pemikiran atas suatu objek kajian yang dapat berupa temuan penelitian atau gagasan analisis kritis
  2. Dimensi bahasa tulis sebagai alat mempresentasikan hasil pemikiran penulis dalam bentuk satuan makna dan penanda hubungan satuan-satuan makna secara eksplisit
  3. Dimensi sistematika dijadikan unsur pembeda antara bentuk karya tulis artikel dengan bentuk karya tulis lain
  4. Dimensi kaidah, penulisan yang harus di taati baik bersifat universal (umum) maupun bersifat selingkung.

Ciri Ciri Artikel Ilmiah

Setelah kita memahami pengertian artikel ilmiah, kita juga perlu mengetahui apa saja ciri-ciri artikel ilmiah tersebut. Berikut ini ciri ciri artikel ilmiah :

  1. Pertama Artikel ilmiah merupakan tulisan ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan penelitian, betapapun sederhananya penelitian tersebut
  2. Kedua Artikel ilmiah bersifat objektif. Maksudnya informasi yang diungkapkan sesuai dengan karakteristik objeknya. Jika penelitian itu diulangi hasilnya akan sama.
  3. Ketiga Artikel ilmiah harus didasarkan pada pemikiran ilmiah, yaitu logis serta empiris
  4. Keempat Artikel ilmiah sistematis. Maksudnya susunan isinya bersistem, dimulai dengan judul, abstrak, pendahuluan, metodologi penelitian, hasil, pembahasan, dan kesimpulan. Demikian juga cara penomoran bab, sub bab, serta bagian bagian detailnya dilakukan bersistem.
  5. Kelima Artikel ilmiah dikembangkan berdasarkan rujukan atau referensi. Karena itu tulisan jenis ini selalu dilengkapi dengan daftar pustaka atau bibliografi
  6. Keenam Informasi artikel ilmiah bersifat eksplisit. Penggunaan kata-kata ambigau tidak relavan untuk digunakan dalam bentuk tulisan ilmiah
  7. Ketujuh Artikel ilmiah juga memiliki ciri kebahasaan. Yaitu bahasa tulisan ilmiah.

Contoh Artikel Ilmiah

Bahaya Internet Bagi Remaja

BAB I

Pendahuluan

1. Latar belakang faktor masalah

Internet saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, terutama didunia remaja. internet memang sangat membantu dalam menyelesaikan banyak pekerjaan.

Akan tetapi ternyata internet pun tidak terlepas dari hal-hal yang negatif yang berdampak buruk . apalagi usia remaja merupakan saat labil-abilnya, sehingga masih sering terseret arus. untukitu penelitian mengenai bahaya internet agi remaja penting untuk dilakukan.

2. Rumusan masalah

Bagaimana bahaya internet untuk remaja?

3. Tujuan penelitian

Dapat menjelaskan bahaya internet untuk remaja.

BAB II

Pembahasan

Bahaya internet untuk remaja

Di kalangan remaja saat ini internet nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok. Akan tetapi tidak semua remaja memanfaatkan internet dengan baik dan benar. Ada banyak remaja yang salah menggunakan internet sehingga berdampak buruk bagi dirinya dan lingkungannya.

Berdasarkan riset yang mendalam terdapat beberapa bahaya dari salah penggunaan internet di kalangan remaja, yaitu sebagai berikut:

  1. Perilaku bullyng melalui media sosial
  2. Mudahnya mengakses konten pornografi yang berakibat perilaku kejahatan seksual
  3. Maraknya kasus penculikan di kalangan remaja setelah berkenalan melalui media sosial.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Internet memang sangat membantu dalam kehidupan, akan tetapi ia tetap mempunyai kekurangan. Oleh karena itu orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mengawasi anak-anaknya. Sehingga para remaja dapat membentangi siri dari hal-hal negatif dalam penggunaan internet.

Demikian Pengertian Artikel Ilmiah Beserta Contohnya yang dapat saya tuliskan. Semoga bermanfaat untuk kamu semua.

(Visited 288 times, 2 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *