Pengertian Antosianin Dan Manfaatnya

Posted on

Assalamualaikum sobat Idpengertian.com, tahukah kalian apa itu antosianin? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Antosianin Dan Manfaatnya
Pengertian Antosianin Dan Manfaatnya

Pengertian Antosianin

Antosianin merupakan suatu zat yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Pengertian antosianin adalah pigmen atau zat warna yang terkandung dalam buah, bunga, daun, batang, dan juga dalam akar suatu tanaman. Dan pada suatu bagian-bagian tanaman itu menghasilkan warna yang beragam, seperti kuning pucat, orange, merah, magenta, ungu, dan biru atau kombinasi dari warna-warna tersebut, tergantung dari tingkat keasaman (pH) pada lokasi dimana pigmen itu berada.

Manfaat Antosianin

Pada sayuran, padi-padian dan buah-buahan merupakan sumber utama zat fitokimia.oleh karenanya, dalam satu jenis tumbuhan, bisa terdapat puluhan bahkan ratusan zat fitokimia yang berguna bagi kesehatan tubuh ini. Dan ada beberapa fitokimia yang sudah diketahui terdapat di dalam sayuran dan buah-buahan, antara lain sebagai berikut.

Karotenoid

Merupakan suatu pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Karotenoid ini bermanfaat mencegah serangan jantung, stroke, kebutaan, beberapa jenis kanker dan memperlambat penuaan.a

Beta Karoten

Mempunyai fungsi yang hampir sama dengan karotenoid. Dan beta karoten terdapat pada buah juga sayur berwarna kuning seperti mangga, pepaya, wortel, labu dan juga pada sayuran hijau.

Lutein

Lutein ini sangat berguna untuk kesehatan mata. Dan sayuran bayam adalah jenis sayuran yang paling banyak mengandung lutein. Sumber lutein lainnya adalah selada, kiwi dan brokoli.

Likopen

Likopen berfungsi mencegah serangan jantung dan kanker prostat. Juga terdapat pada buah dan sayuran berwarna merah seperti tomat, paprika merah, semangka dan wortel.

Zeaxanthin

Zat ini berfungsi untuk mencegah degenerasi molecular dan kanker. Zeaxanthin terdapat pada jagung dan bayam.

Flavonoid

Adalah suatu anti oksidan yang menetralisir radikal bebas yang menyerang sel-sel tubuh kita. Adanya radikal bebas dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung dan penuaan dini.  Dan flavonoid dapat ditemukan pada jeruk, kiwi, apel, anggur merah, brokoli dan the hijau.

Resveratrol

Dapat mencegah penyakit jantung, kanker, penyumbatan darah dan stroke. Dan terdapat pada anggur merah dan jus anggur merah.

Baca Juga : Pengertian Status Gizi Menurut Depkes Dan WHO

Tanaman Yang Mengandung Antosianin Tinggi_Sumber antioksidan yang tersedia di alam sangat banyak macamnya. Buah dan juga sayuran merupakan pangan esensial jika dilihat dari kandungan zat gizi mikronya, yaitu vitamin dan mineral. Kedua kelompok zat gizi mikro tersebut merupakan zat yang tidak bisa dibuat oleh tubuh dan harus diperoleh dari makanan. Sayuran sudah diketahui manfaatnya bagi kesehatan terutama sebagai sumber antioksidan, tetapi masyarakat belum banyak mengetahuinya secara luas. Berbagai macam makanan berupa sayur, buah, umbi, minuman serta rimpang dapat berfungsi sebagai sumber obat bagi berbagai penyakit yang dialami oleh manusia. Semuanya itu mudah kita dapatkan di lingkungan sekitar, asalkan kita mengetahui berbagai khasiat dan manfaatnya.

Contoh Sayuran Yang Mengandung Antosianin

Sayuran yang mengandung antosianin sangat banyak karena sebagian besar sayuran seperti wortel, brokoli, jagung, kubis dan lainnya. Sayuran ini mengandung vitamin C dan B Kompleks. Jenis sayuran ini juga banyak mengandung kalsium, zat besi, fosfor, betakarotin, serat dan magnesium. Kekurangan sayuran dapat menyebabkan kulit kasar dan bersisik. Berikut ini adalah contoh sayuran yang mengandung antosianin :

Wortel

Wortel mengandung vitamin A dan merupakan tanaman antioksidan. Terdapat vitamin A dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Dan kekurangan vitamin A menyebabkan kekeringan pada rambut, kulit, dan kuku. Sebab vitamin A dapat mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda, dan warna kulit tidak merata.

Brokoli

Brokoli tidak hanya mengandung antioksidan termasuk vitamin C, tetapi juga merupakan sumber alami asam folat. Asupan asam folat membantu mencegah penyakit hati. Sayuran berwarna hijau juga berpotensi untuk melawan perkembangan penyakit kanker. Menurut hasil dari penelitian Journal Arteriosclerosis Thrombosis and Vascular Biology mengklaim, brokoli efektif mencegah serangan jantung dan stroke.

Pada zat kimia sulforaphane yang terkandung di dalam brokoli, menurut peneliti, berfungsi menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyumbatan arteri. Ada pula tanaman lain, seperti bunga kol, tauge, kubis, dan pak choi juga mengandung zat kimia ini. Namun, dari keseluruhan sayur itu, brokoli memiliki kadar paling tinggi.

Jagung

 

Adalah sumber yang kaya antioksidan, yang memiliki kemampuan untuk melawan kanker (Cornell University). Jagung merupakan sumber yang kaya asam fenolik senyawa ferulic, agen anti­kanker yang telah terbukti efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati. Zat anthocyanin, yang ditemukan dalam jagung ungu juga bertindak sebagai pembasmi radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Kubis

Kubis atau kol dan juga sayuran hijau lainnya sangat kaya dengan beta-karoten, vitamin C, dan asam folat. Ketiga senyawa tersebut bersama-sama memerangi radikal bebas, salah satu penyebab keruhnya lensa mata. Kandungan klorofil pada sayuran hijau juga merupakan sumber zat besi yang berfungsi dalam penyusun sel darah merah. Oleh karena itu, penderita anemia disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, daun katuk, daun pepaya , dan lain-lain. Pektin dan serat dalam sayuran bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dan kadar lemak dalam darah. Hal ini terjadi karena serat bersifat menyerap asam empedu dan membuangnya bersama feses.

Bahan Alam Yang Mengandung Antosianin

Banyak sekali bahan-bahan alami di sekitar kita yang banyak mengandung antosianin. Berikut ini bahan alami yang mengandung antosianin yaitu :

Blueberry

Blueberry adalah buah yang berasal dari Amerika Utara. Buah yang tumbuh pada musim panas di Amerika Utara ini tumbuh secara liar seperti semak, memiliki khasiat banyak sekali yang terkandung di dalamnya. Di Indonesia sendiri, buah ini masih jarang kita jumpai. Tapi, berbagai olahannya bisa ditemukan di berbagai gerai minuman dan es krim. Mempunyai warna hijau, dan akan berubah menjadi ungu jika sudah matang dengan rasa manis. Rasa buahnya agak asam dan biasa dijadikan selai atau untuk topping roti dan kue.

Blueberry mengandung berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), Vit BI, B2, B3, dan B6, Vit C, Vit E. Vit K, karbohidrat, lemak, dan antosianin. Antosianin adalah zat antioksidan yang mampu menghambat perkembangan sel kanker, inflamasi, serta baik untuk kesehatan kulit serta mencegah penuaan. Selain buahnya, akar dan daun blueberry dapat diolah menjadi teh. Dan akar pohon blueberry pun  dapat membantu mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan dan memberikan efek relaksasi, sedangkan daunnya, apabila direbus dan diminum, dapat menjadi tonik penambah darah untuk memurnikan tubuh serta meredakan batuk.

Blackberry

Blackberry adalah buah yang beken menjadi brand sebuah ponsel ini juga salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Bentuknya sangat mirip dengan murbei. Tetapi, yang ini berbeda karena buah dalam tangkai yang saling bergerombol. Zat antioksidan yang terkandung dalam buah ini adalah antosianin, senyawa fenol yang mirip dengan kandungan buah anggur.

Strowberry  
                                   

Buah stroberi warnanya merah merona, bentuknya khas, aromanya segar. Buah stroberi ini sangat baik untuk kesehatan. Di pasar juga sudah banyak yang dijual dalam kemasan plastik. Stroberi mengandung Vit K, mangan, asam folat, potasium, riboflavin, Vit B5, B6, magnesium, dan omega 3.

Anggur Merah

Jika anggur merah dikonsumsi secara rutin setiap hari, maka akan membuat awet muda. Hal ini karena kadar antioksidan dalam anggur sangat tinggi, dan anggur juga mengandung kalium yang mampu menghambat penuaan dini. Nutrisi yang terkandung pada anggur adalah artaric acid, malic acid, pectin, tanin, flavone glycosides, flavonoid, resveratrol, mineral, gula, vitamin A, BI, B2, B6, B12 dan C. Semakin gelap warna anggur, maka semakin tinggi kandungan flavonoidnya. Flavonoid merupakan antioksidan yang dapat melindungi kerusakan pembukuh darah dan mencegah penggumpalan trombosit. Dan resveratrol berkhasiat sebagai antioksidan yang mengurangi pembentukan plak di dalam pembuluh darah arteri. Khasiat dari buah anggur selanjutnya adalah menjadi pencahar ringan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan, penawar racun, peluruh kencing, menghentikan pendarahan, melancarkan aliran darah, anti kanker, dan memperkuat tubuh melawan penyakit, seperti fungsi hati yang buruk.

Cerry

Bentuknya manis, kaya pula nutrisinya, rasanya unik, asam dan manis (terutama jika sudah dikalengkan). Cerry kaya akan Vit C dan dapat membantu mengatur tekanan darah serta kaya akan serat pencegah kanker. Dan beta karoten yang terkandung di dalamnya mampu membantu mencegah kanker secara efektif. Selain itu , Cherry juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi risiko infeksi pernapasan (flu dan pilek).

Acai berry (Euterpe olerácea)

Merupakan jenis tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Buah acai berry memiliki ciri-ciri yang hampir mirip dengan jenis buah berry yang lain, yakni memiliki bentuk bulat dengan warna merah agak keungu-unguan. Juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, buah acai berry juga mengandung antosianin dan flavonoid yang memberi warna merah, ungu, dan biru pada kulit buah acai berry.

Dan selain dimanfaatkan sebagai makanan, minuman jus dan kesehatan, buah acai berry juga bisa dimanfaatkan sebagai terapi kecantikan. Minyak acai berry biasanya digunakan sebagai krim wajah, krim tubuh, sampo, krim kulit antiaging, kondisioner, dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan materi mengenai antosianin, semoga bermanfaat.

 

(Visited 280 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *