Pengertian Alat Optik, Jenis Serta Contohnya

Posted on

Hay sobat Idpengertian.com semua, apa kabar kalian hari ini, tentu baik bukan? Kali ini saya akan mengulas materi mengenai Pengertian Alat Optik, Jenis Serta Contohnya nih. Oke, langsung saja ya sob kita masuk kepembahasannya berikut ini.

Pengertian Alat Optik, Jenis Serta Contohnya
Pengertian Alat Optik, Jenis Serta Contohnya

Di dalam ilmu sains banyak sekali penggunaan alat alat optik dalam melakukan penelitian. Dan penelitian tersebut  biasanya berkaitan dengan mikroorganisme yang berukuran lebih kecil serta hal hal lain yang masih dalam perbincangan. Tetapi mokroorganisme ini tidak dapat di lihat degan mata telanjang melainkan harus menggunakan alat khusus. Lalu alat-alat tersebut di kelompokkan menjadi satu dan di beri nama Alat Optik. Dan alat optik tersebut dapat menganalisis hal hal yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif dalam hal sains.

Alat Optik

Pengertian Alat Optik adalah alat yang bekerja berdasarkan prinsip pembiasan dan pemantulan cahaya. Kemudian alat optik di bagi menjadi dua jenis yaitu alat optik alami dan alat optik buatan. Dan alat optik alami contohnya mata, sedangkan alat optik buatan berupa kamera, mikroskop, kaca pembesar atau lup, periskop, dan teropong.

Jenis-Jenis Alat Optik

Jadi, alat optik terbagi atas dua jenis, yaitu alat optik alami dan alat optik buatan. Dan yang termasuk alat optik alami yaitu mata, sedangkan yang termasuk alat optik buatan di antaranya adalah kacamata, kamera, lup (kaca pembesar), mikroskop, teropong atau teleskop, periskop dan sebagainya.

Contoh Alat Optik

Mata

Pengertian Mata adalah alat optik manusia yang sangat canggih. dan mata berfungsi untuk melihat apapun. Mata membuat kita bisa menikmati keindahan dunia ini, termasuk segala isinya. Perhatikan jika kita tidak memiliki mata atau buta, tentunya kita tidak bisa melihat keindahan dunia ini dan yang kita lihat hanyalah kegelapan. Jika kita periksa lebih dalam, mata terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi tertentu dalam mendukung fungsi mata yang sedang dilihat. Berbagai bagiannya adalah sebagai berikut:

  • pupil, adalah celah sempit dalam bentuk lingkaran dan berfungsi untuk membiarkan cahaya masuk ke mata, ke mata
  • Cornea, adalah bagian luar mata yang tipis, lembut dan transparan dan berfungsi dalam menerima dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata dan melindungi mata sensitif di bawahnya.
  • Lensa mata, adalah lensa yang cembung, berserat, elastis, dan jernih. Fungsi lensa mata adalah membiaskan cahaya dari benda agar bisa membentuk citra benda itu di retina.
  • Retina, adalah bagian belakang mata yang berfungsi sebagai tempat dalam pembentukan bayang-bayang.
  • Muscle Accommodation, adalah otot yang menempel pada lensa mata yang berfungsi untuk menyesuaikan ketebalan dan ketipisan lensa mata.
  • Iris, adalah membran hitam, biru atau coklat dan berfungsi untuk mengatur dalam ukuran kecil pupil. Inilah bagian yang Anda lihat warna di mata seseorang.
  • Aquaeus Humor, adalah cairan yang ada di depan lensa mata yang digunakan untuk membiaskan cahaya ke mata.
  • Humre Vitreous, adalah cairan di dalam bola mata yang berfungsi untuk melepaskan cahaya dari lensa mata ke retina.
  • Bintik kuning, merupakan bagian dari retina yang berfungsi sebagai tempat dalam pembentukan bayangan yang jernih.
  • Blind Spot, adalah bagian dari retina bahwa jika bayangan jatuh pada bagian ini, bayangan akan tampak tidak jelas atau kabur.
  • Saraf mata, adalah saraf yang berfungsi untuk melanjutkan rangsangan bayangan dari retina ke otak.

Baca Juga : Pengertian Gen

Lup

Lub atau kaca pembesar adalah perangkat optik yang terdiri dari lensa cembung. Lub berfungsi untuk melihat benda-benda kecil yang tampak lebih besar dan lebih jernih. Dalam penggunaan Lub bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan penyajian mata dan mata yang tidak berakomodasi.

Kamera

Kamera adalah perangkat yang digunakan untuk menghasilkan bayangan fotografi pada film-film negatif. Tentunya setiap orang telah menggunakan kamera yang biasanya digunakan untuk menangkap kejadian yang kita anggap penting dan menarik. Dan kamera memiliki beberapa bagian antara lain sebagai berikut .

  • Diafragma, adalah lubang kecil yang dapat disesuaikan fungsinya untuk menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk melalui lensa.
  • Pelat film, seperti bayangan dan menghasilkan bayangan negatif, adalah gambar berwarna yang tidak sama dengan aslinya, tembus cahaya.
  • Lensa cock, memiliki fungsi dalam membiaskan cahaya yang masuk sehingga bisa membentuk bayangan yang nyata, terbalik dan diminimalkan.
  • Aperture, adalah menyesuaikan ukuran diafragma

Mikroskop

Mikroskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar tampak lebih besar dan lebih jernih. Kemudian mikroskop terdiri dari dua lensa cembung. Lensa cembung pertama adalah lensa yang dekat dengan objek yang diamati (objek), yang disebut lensa objektif. Sedangkan lensa kedua yang disebut lensa okular adalah lensa yang dekat dengan pengamat atau mata Anda. Sebuah mikroskop yang menggunakan 2 lensa adalah mikroskop cahaya lensa ganda.

Teropong

Teleskop atau teropong adalah alat yang di gunakan untuk melihat benda jauh agar terlihat lebih jelas dan dekat. Teropong terdiri dari dua jenis jika diarahkan dari objek, antara lain sebagai berikut.

Teleskop

Star teropong adalah binokuler yang digunakan untuk melihat atau memanggil benda-benda di langit. misalnya bintang, satelit, dan planet. dan teropong bintang juga di sebut sebagai teropong astronomi.

Teropong Binoculars / Earth Binoculars

Binoculars diaktifkan untuk mengamati benda-benda yang jauh di permukaan bumi. Teropong ini terdiri dari 3 lensa cembung, masing-masing terdiri dari lensa obyektif, lensa pembalik, dan lensa okular. Lensa pembalik adalah lensa yang hanya membalikkan bayangan yang terbentuk dari lensa objektif, bukan untuk memperbesar bayangan. Disini lensa okular berfungsi sebagai lub. Kita tahu bahwa lensa pembalik hanya membalik bayangan yang berarti bahwa bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif terletak pada bagian tengah kelengkungan lensa pembalik.

Periskop

Pengertian Periskop adalah teropong pada kapal selam yang digunakan untuk mengamati benda-benda di permukaan laut. Periskop terdiri dari dua lensa cembung dan dua prisma pada siku yang sama.

Proyektor Geser

Pengertian Proyektor slide adalah alat yang digunakan untuk memproyeksikan citra diapositif sehingga gambar yang nyata dan yang diperbesar dapat diperoleh di layar. Pada proyektor slide memiliki bagian penting dari lampu kecil yang memancarkan sinar kuat melalui pusat kaca, slide atau gambar diapositif, cermin cekung yang berfungsi sebagai pelengkap cahaya, lensa cembung untuk membentuk bayangan di layar.

Demikianlah Pengertian Alat Optik, Jenis Serta Contohnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian ya. Jangan lupa share, terima kasih.

(Visited 76 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *