Pengertian Al-Quran Menurut Bahasa Dan Istilah Lengkap

Posted on

Pengertian Al-Quran Menurut Bahasa Dan Istilah Lengkap – Sebagai umat islam pasti kita tahu Al-Qur’an itu apa? kita juga membacanya setiap hari setelah sholat, atau membaca beberapa ayatnya saat sholat dan juga saat pengajian kita juga mempelajari tentang Al-Qur’an. Sangat keterlaluan sekali jika sebagai umat islam kita tidak tahu apa Al-Qur’an itu. Hal ini tentu bisa saja terjadi, apalagi di zaman sekarang yang penuh dengan fitnah akhir zaman.

Karena sudah sangat banyak orang yang jarang membaca Al-Qur’an, bahkan mungkin ada yang sudah tidak pernah membacanya. Lebih memilih membaca novel, majalah atau cerpen dari pada membaca Al-Qur’an. Sudaah banyak orang yang sudah tidak mau lagi belajar tafsir Al-Qur’an dan masih ada banyak lagi hal-hal yang dipilih darp pada membaca Al-Qur’an, sehingga menjadikanya tdk tahu apa itu Al-Qur’an. Naudzubillah.

Kita semua tidak menginginkan hal itu bukan? oleh karena itu, mulai sekarang, mulai detik ini mari bulatkan tekad untuk selalu membaca Al-Qur’an, mempelajari maknanya, memahami dan mengamalkanya.

Pengertian Al-Quran Menurut Bahasa Dan Istilah Lengkap
Pengertian Al-Quran Menurut Bahasa Dan Istilah Lengkap

Pengetian Al-Qur’an Menurut Bahasa dan Istilah

Al-Qur’an merupakan sebuah kitab suci bagi umat islam, selain itu Al-Qur’an juga adalah sumber hukum utama dalam ajaran agama islam. Menurut bahasa Al-Qur’an berasal dari bahasa arab, yaitu bentuk jamak dari kata benda (masdar) dari kata kerja qar’a-yaqra’u-qur’anan yang berarti bacaan atau sesuatu yang dapat di baca berulang-ulang, inilah pengertian al qur’an dalam bahasa arab, dan Allah memilih bahasa arab menjadi bahasa al-quran yaitu : dalam kosa kata bahasa arab tidak dapat dirubah walau satu huruf saja, jika di rubah maka maknanya akan berbeda.

Jadi bisa di bilang Al-Qur’an adalah bacaan suci (membacanya bernilai ibadah dan mendapatkan pahala), tentunya sesuai dengan tata aturan yang berlaku baik dalam pengucapan huruf perhuruf (mahroj) ataupun tajwidnya.

Dan secara istilah Al-Qur’an berarti bacaan mulia yang merupakan wahyu yang di turunkan oleh Allah untuk Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril AS dan merupakan penutup kitab suci dari agama samawi (yang di turunkan dari langit). Al-Qur’an adalah wahyu murni dari Allah SWT, bukan dari hawa nafsu perkataan Nabi Muhammad SAW.

Al-Qur’an memuat aturan-aturan kehidupan manusia di dunia, sehingga Al-Qur’an menjadi petunjuk bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa. Di dalam Al-Qur’an terdapat rahmat yang besar dan pelajaran bagi orang-orang yang berian. Al-Qur’an juga memiliki suatu kedudukan yang sangat tinggi bagi penganut agama islam, sehingga umat islam akan sangat marah apabila ada orang atau pihak yang mencoba melecehkan Al-Qur’an.

Pengertian Al-Qur’an Menurut Para Ahli Beserta Dalilnya

Berikut ini pengertian al-qur’an menurut beberapa ahli:

Muhammad Ali ash-Shabuni

Al-qur’an adalah firman Allah swt yang tiada tandingannya, diturunkan kepada nabi Muhammad saw penutup para nabi dan rosul dengan perantaran malaikat Jibril as, ditulis pada mushaf-mushaf kemudian di sampaikan kepada kita secara mutawatir, membaca dan mempelajari al-qur’an adalah ibadah, dan al-qur’an di mulai dengan surah Al-fatihah dan di tutup dengan surah An Nas.

Subhi as-Salih

Al-Qur’an adalah kalam Allah swt merupakan mukzijat yang di turunkan kepada nabi muhammad saw ditulis dalam mushaf dan di riwayatkan dengan mutawatir serta membacanya adalah ibadah.

Syekh Muhammad Khudari Beik

Al-Qur’an adalah firman Allah yang berbahasa arab di turunkan kepada nabo muhammad saw untuk di pahami isinya, di sampaikan kepada kita secara mutawatir di tulis dalam mushaf di mulai dari surat AL-fatihah kemudian di akhiri dengan surat An Nas.

Pokok Ajaran dalam isi Kandungan Al-Qur’an

  1. Akidah

Akidah adalah keyakinan atau kepercayaan. Akidah islam adalah keyakinan atau kepercayaan yang di yakini kebenarannya dengan sepenuh hati oleh setiap muslim. Dalam ilam, akidah bukan hanya sebagai konsep dasar yang ideal untuk diyakini dalam hati seorang muslim. Akan tetapi, akidah tau kepercayaan yang diyakini dalam hati seorang muslim itu harus diwujudkan dalam amal perbuatan dan tingkah laku sebagai seorang yang beriman.

  1. Ibadah dan Muamalah

Kandungan penting dalam Al-Qur’an adalah ibadah dan muamalah. Menurut Al-Qur’an tujuan diciptakanya jindan manusia adalah agar mereka beribadah kepada Allah. Seperti yang dijelaskan dlm (Q.S Az,zariyat 51:56).

Manusia selain sebagai mahluk pribadi juga sebagai mahlik sosial. Manusia memerlukan berbagai kegiatan dan hubungan alat komunikasi. Komunikasi dengan Allah atau hablum minallah, seperti shalat, membayar zakat dan lainya. Hubungan manusia dengan manusia atau disebut hablum minanas, seperti silahturahmi, jual beli, transaksi dagang, dan kegiatan kemasyarakatan. Kegiatan seperti itu disebut kegiatan Muamallah, tata cara bermuamalah di jelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 82.

  1. Hukum

Secara garis besar Al-Qur’an mengatur beberapa ketentuan tentang hukum seperti hukum perkawinan, hukum waris, hukum perjanjian, hukum pidana, hukum musyawarah, hukum perang, hukum antar bangsa.

  1. Ahlak

Ahlak, disamping memiliki kedudukan penting bagi kehidupan manusia, juga menjadi barometer kesuksesan seseorang dalam melaksanakan tugasnya. Nabi Muhammad saw telah berhasil menjalankan tugasnya menyampaikan risalah islamiyah, antara lain di sebabkan memiliki komitmen yang tinggi terhadap ahlak. Ketinggian ahlak beliau itu dinyatakan Allah dalam Al-Qur’an surat al-Qalam ayat 4.

  1. Kisah-kisah umat terdahulu

Kisah merupakan kandungan lain dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an menaruh perhatian penting terhadap keberadaan kisah didalamnya. Bahkan, di dalamnya terdapat satu surat yang dinamakan Al-Qasas. Bukti lain adalah  hampir semua surat dalam Al-Quran memuat tentang kisah. Kisah para nabi dan para umat terdahulu yang diterangkan dalam Al-Qur’an antara lain di jelaskan dalam surat Al-Furqan ayat 37-39.

  1. Isyarat pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi

Al-Qur’an berisi banyak himbauan kepada manusia untuk menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seperti tercantum dalam surat ar-rad ayat 19 dan al zumar ayat 9. Selain kedua surat tersebut masih banyak lagi dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi seperti dalam kedokteran, farmasi, pertanian dan astronomi yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesjahteraan umat manusia.

Fungsi dan Peran Al-Qur’an

  • Sebagai petunjuk atau pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.
  • Sebagai rahmat atau sebuah bentuk kasih sayang dari Allah bagi umat manusia.
  • Sebagai sumber pokok ajaran islam.
  • Sebagai sumber ajaran islam sudah diyakini dan diakui kebenaranya oleh segenap hukum islam. Karena isi/kandungan Al-Qur’an sebagai sumber pokok ajaran islam dapat dibagi menjadi 3 pembahasan yaitu:
  1. Akidah (keimanan)
  2. Ibadah
  3. Prinsip-prinsip syariat yang meliputi pembahasan tentang manusia, sosial, ekonomi, musyawarah, hukum perkawinan, hukum waris, hukum perdana dan hukum antar bengsa.
  • Sebagai mukzijat nabi muhammad saw. Turunya Al-Qur’an merupakan mukzijat terbesar yang Allah karuniakan kepada nabi muhammad saw.
  • Mengambil sebuah hikmah dan pelajaran dari kisah-kisah umat terdahulu. Di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan mengenai kisah-kisah umat terdahulu. Baik para umat yang taat melaksanakan perintah Allah maupun mereka yang menentang ajarannya.
  • Sebagai penyembuh penyakit hati. Berbagai penyakit hati seperti takabur, serakah, dzolim, dan dengki dapat merusak keimanan seseorang dan apabila seseorang telah rusak atau sampai hilang keimanannya, maka manusia itu jahatnya dapat melebihi binatang. Akan tetapi di dalam Al-Qur’an telah di jelaskan petunjuk-petunjuk yang bisa menyembuhkan penyakit hati tersebut.
  • Sebagai pembenar atau penyempurna kitab-kitab suci sebelumnya yakni Taurat, Zabur, dan Injil.

Pengertian Al-Quran Menurut Bahasa Dan Istilah Lengkap

(Visited 5,795 times, 35 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *