Pengertian Akuntansi Serta Penjelasannya Yang Lengkap

Posted on

Berikut penjelasan detail terkait pengertian akuntansi. Akuntansi berasal dari kata Accountancy / Accounting / Constituency yang diserap kedalam bahasa indonesia.

Akuntansi yang berarti sebuah aktivitas atau proses dalam mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasi, mengolah dan menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan atau transaksi agar mudah dimengerti dalam mengambil keputusan yang tepat.

Akuntansi adalah pencatatan transaksi keuangan ditambah penyimpanan, pemilahan, pengambilan kembali, peringkasan, dan penyajian informasi dalam berbagai laporan dan analisis.

Bicara tentang akuntansi sudah pasti berkaitan dengan angka-angka dan perhitungan rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi. Secara umum akuntansi dibutuhkan dalam bisnis sebagai pelaporan keuangan perusahaan.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli
Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Bisa juga dikatakan sebagai bahasa bisnis karena hampir seluruh kegiatan bisnis didunia baik perorangan atau pun perusahaan besar menggunakan akuntansi untuk menghitung serta untuk mengambil keputusan yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan.

Pembuatan laporan akuntansi dapat digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan perusahaan sesuai hasil analisis akuntansi.

Analisis dan laporan ini tidak didistribusikan diluar perusahaan. Beberapa informasi akan berasal dari transaksi yang tercatat namun beberapa informasi akan menjadi perkiraan dan proyeksi berdasarkan berbagai asumsi.

Tiga contoh analisis dan laporan internal adalah anggaran, standar untuk mengendalikan operasi, dan memperkirakan harga jual untuk mengutip pekerjaan baru. Bidang akuntansi ini dikenal sebagai akuntansi manajemen.

Saat ini sebagian besar aspek pencatatan, penyimpanan, dan pemilihan akuntansi telah otomatis sebagai kemajuan teknologi komputer.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap

Banyak pendapat yang mendefinisikan pengertian akuntansi ini, baik yang menjelaskan berbeda maupun tak sedikit yang menjelaskan hampir sama. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai pengertian akuntansi menurut para ahli ekonomi akuntansi dunia dan dalam negeri secara lengkap.

Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison

Mendeskripsikan bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi sebuah laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambilan keputusan.

ABP Statetment No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)

Bahwa akuntansi adalah suatu kegiatan layanan untuk menyediakan info kuantitatif, khususnya yang memiliki sifat dalam pengambilan keputusan ekonimis dalam memberi ketetapan pilihan-pilihan yang logis diantara beragam aksi alternatif.

American Insitute of Certified public Accounting (AICPA)

American Insitute of Certified public Accounting (AICPA) merupakan asosiasi profesional bertaraf nasional di Amerika Serikat dalam bidang akuntan publik serta aturan-aturan etika dalam profesinya. organisasi ini hanya beranggotakan akuntan publik yang bersertifikat resmi. kantor AICPA berada di Durham, Carolina Utara, Amerika Serikat.

AICPA menyebutkan kalau akuntansi sebagai seni pencatatan, penggolongan, serta pengikhtisaran dengan cara-cara spesifik dalam ukuran moneter, transaksi, serta beberapa peristiwa yang biasanya berbentuk keuangan termasuk juga menafsirkan hasil-hasilnya. Serta meringkas lewat cara spesifik dalam ukuran fiskal, pertukaran serta peluang usaha yang biasanya berbentuk moneter serta dalam menguraikan hasil.

American Acounting Association (AAA)

American Acounting Association (AAA) merupakan organisasi nirlaba yang bersangkutan dengan bagaimana profesi akuntansi diajarkan.

Menurut American Acounting Association (AAA) pengertian akuntansi adalah sistem pengidentifikasian dan pengukuran untuk memberikan laporan info ekonomi dan penilaiannya, ketentuan yang pasti serta tegas untuk semuanya yang memakai info itu.

Accounting Principle Board (APB)

Accounting Principle Board (APB) adalah badan otoritatif yang dibangun American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) pada tahun 1959 dan menerbitkan pernyataan prinsip-prinsip akuntansi sampai dengan tahun 1973, untuk kemudian digantikan oleh the Financial Accounting Standards Board (FASB). Prinsip dasar akuntansi menurut APB Statement No. 4 adalah (1) Cost Principle, (2) Revenue Principle, (3) Matching Principle, (4) Objectivity Principle, (5) Consistency Principle, (6) Diclosure Principle, (7) Conservatism Principle, (8) Materiality Principle, dan (9) Uniformity dan Comparbility Principle.

Menurut APB, Akuntansi adalah kegiatan jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang kemudian dapat digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi.

ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)

Akuntansi adalah suatu aktivitas jasa yang fadalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang memiliki sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.

American Institute of Certified Public Accountant

Akuntansi adalah suatu seni mencatat, mengikhtisarkan dan mengelola proses tertentu dalam ukuran moneter, transaksi serta kejadian yang bersifat keuangan dan menyimpulkan hasil dari penilaian tersebut.

Littleton (Muhammad, 2002 : 10)

Akuntansi adalah aktivitas yang bertujuan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Definisi ini adalah inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.

Warren dkk

Pengertian akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Rudianto

Menyebutkan kalau akuntansi merupakan sistem info yang menghasilkan laporan pada pihak-pihak yang mempunyai urusan tentang kesibukan ekonomi serta keadaan satu tubuh usaha.

Ikatan Akuntan Amerika

Menyebutkan kalau akuntansi adalah satu potongan, estimasi, serta pelaporan data keuangan, yang sangat mungkin satu penilaian serta pilihan buat yang pasti serta tegas untuk individu yang memakai data.

Suparwoto L (1990 : 2)

Menyebutkan kalau akuntansi jadi satu sistem atau teknik untuk mengukur serta mengelola transaksi keuangan serta memberi hasil pengelolaan itu berbentuk info pada pihak-pihak intern serta ekstern perusahaan. pihak ekstern ini terbagi dalam investor, creditur pemerintah, serikat buruh dan sebagainya.

Arnold

Mendefinisikan bahwa akuntansi dilihat jadi satu sistem untuk memberi info (terlebih keuangan) pada siapapun yang perlu buat ketentuan serta mengatur aplikasi ketentuan itu.

West Churman

Pengertian akuntansi adalah pengalaman tertulis yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.

Abu Bakar A, & Wibowo

Menyebutkan kalau akuntansi adalah prosedur mengaku, pencatatan serta korespondensi bursa keuangan dari satu unsur atau organisasi.

Paul Grady

Akuntansi adalah sebuah body of knowledge serta mempunyai fungsi organisasi secara tersusun, orisinil, otentik, menganalisa dan menafsirkan seluruh kejadian dan transaksi serta analisa keuangan yang akan terjadi dalam kegiatan akuntansi untuk menyediakan informasi yang diutuhkan manajemen tentang semua laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

Kohler’s Dictionary

Akuntansi adalah suatu seni pencatatan dari proses transaksi keuangan.

Kieso dan Waygandt

Akuntansi adalah sebuah sistem informasi yang dimulai dari mengklasifikasi, pencatatan dan mengkomunikasikan segala kejadian ekonomi dari organisasi atau perusahaan ke pihak yang mempunyai kepentingan atas informasi tersebut.

Sophar Lumbantoruan

Akuntansi adalah alat yang digunakan sebagai bahasa bisnis dimana informasi yang disampaikan hanya mampu dipahami jika mekanisme akuntansi telah dimengerti.

M. Gede

Akuntansi adalah satu ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dilakukan secara terus menerus menurut aturan dan sistemnya, pengolahannya dan analisa catatan tersebut dapat tersusun dalam bentuk laporan keuangan sebagai suatu alat pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan maupun lembaga terhadap hasil kerjanya.

Keputusan Mentri Keuangan

Akuntansi adalah sebuah proses pengumpulan, penganalisaan, pengklarifikasi, pencatatan, pelaporan, dan peringkasan terhadap transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi untuk menyediakan informasi keuangan bagi yang membutuhkan informasi tersebut dan digunakan untuk pengambilan satu keputusan.

Jadi, pengertian akuntansi secara singkat adalah sistem dalam bisnis yang membahas tentang keuangan dan bagaimana uang itu masuk dan digunakan. jadi akuntansi sangat penting dalam bisnis sebagai analisis laba dan rugi.

(Visited 139 times, 6 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *