Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Posted on

Hay sobat, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang pengertian akuntansi manajemen. Pastinya bukan hanya pengertiannya saja ya, tapi tentang tujuan dan fungsinya juga agar kalian lebih faham lagi.

Apa yang dimaksud dengan Akuntansi manajemen ? Akuntansi manajemen adalah ilmu yang berkaitan dengan penggunaan informasi akuntansi oleh para manajemen dan pihak internal lainnya untuk keperluan penentuan biaya produk, perencanaan, pengendalian, dan evaluasi serta pengambilan keputusan. Untuk lebih jelasnya langsung aja yuk simak penjelasan berikut ini !

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen merupakan suatu sistem akuntansi yang tujuan utamanya untuk menyajikan laporan keuangan untuk suatu kepentingan pihak internal perusahaan, seperti manajer keuangan, manajer produksi, manajer pemasaran, dan pihak internal lainnya.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Informasi ini sangat berguna untuk pedoman mengambil suatu kebijakan untuk masa yang akan datang yang berdasarkan data historis dari laporan keuangan.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut ini ada beberapa pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli di bidangnya yaitu antara lain :

Mulyadi (2001:2)

Adalah suatu informasi keuangan yang di hasilkan oleh tipe akuntansi manajemen yang digunakan terutama oleh pengguna intern suatu organisasi.

Halim dan Supomo (2000:3)

Adalah kegiatan yang menghasilkan informasi dalam bentuk keuangan bagi manajemen untuk pengambilan sebuah keputusan ekonomi dalam menjalankan fungsi manajemen.

Charles T. Homgren (1993:4)

Ialah sebuah identifikasi, penyiapan, pengukuran, akumulasi, analisa dan penafsiran serta komunikasi mengenai informasi yang bisa membantu eksekutif dalam memenuhi tujuan perusahaan.

RA Supriyono (1993:8)

RA Supriyono mengutip dari Management Accounting Practices (MAP) komite yang di bentuk oleh National Association of Accountants (NAA). Bahwa akuntansi manajemen merupakan suatu proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan data, analisis, penyiapan, dan komunikasi informasi finansial yang digunakan manajemen untuk sebuah perencanaan, evaluasi, pengendalian dalam suatu organisasi atau perusahaan, dan menjamin ketepatan penggunaan sumber dan pertanggungjawaban atas segala sumber tersebut.

Pengertian Siklus Akuntansi

Siklus Akuntansi adalah proses penyusunan suatu laporan keuangan yang bisa di pertanggungjawabkan dan serta di terima secara umum prinsip-prinsip dan kaidah akuntansi, prosedur-prosedur, metode-metode, serta teknik-teknik dari segala sesuatu yang di cakup dalam ruang lingkup akuntansi dalam suatu periode tertentu.

Baca Juga : Pengertian Jurnal Akutansi Jenis, Fungsi Serta Tujuannya

Tujuan Akuntansi Manajemen

Menghasilkan informasi keuangan untuk kepentingan manajemen dalam usaha untuk mencapai tujuan perusahaan (Rita Eni Purwanti & Indah Nugraheni). Informasi tersebut di perlukan oleh manajemen untuk bahan pertimbangan pengambilan keputusan manajemen dan melihat menilai hasil yang sudah di dapatkan suatu perusahaan.

Proses pengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi keuangan, untuk memungkinkan adanya suatu penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas untuk manajemen yang menggunakan suatu informasi tersebut. Di mana titik sentralnya untuk pihak-pihak di dalam sebuah organisasi perusahaan. Contohnya Kalkulasi biaya produk, Kalkulasi biaya suatu kegiatan, Kalkulasi biaya suatu departement.

Dan tujuan utamanya untuk menyajikan suatu laporan-laporan sebagai satu satuan usaha untuk kepentingan pihak internal dalam rangka untuk melaksanakan proses manajemen yang meliputi suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Fungsi-Fungsi Akuntansi Manajemen

Berikut ini ada beberapa fungsi-fungsi akuntansi manajemen yaitu antara lain :

Manajer keuangan

Membutuhkan informasi terkait dengan suatu aktivitas keuangan perusahaan. Seperti dalam pendanaan modal kerja, tingkat pengembalian modal, tingkat pengembalian investasi, rasio keuangan dan lain sebagainya.

Manajer Produksi

Membutuhkan data informasi tentang mengenai rincian biaya Cost of good sold atau harga pokok produksi. Contohnya seperti total biaya produksi, beban tenaga kerja langsung, serta dalam biaya overhead lainnya yang secara langsung memiliki peran dalam proses produksi.

Manajer Pemasaran

Membutuhkan data informasi semua komponen. Dari biaya terkait dalam suatu penetapan harga jual produk, marketing fee, dan informasi nilai discount untuk produk tertentu dalam suatu rangka peningkatan volume penjualan.

Pihak Top Manajemen

Membutuhkan suatu informasi ini terkait dalam pengambilan kebijakan strategis perusahaan misalnya di dalam penyusunan anggaran, ekspansi usaha, di verifikasi produk, maupun kebijakan investasi lainnya.

Manfaat Akuntansi Manajemen Untuk Perusahaan

Manfaat dari akuntansi manajemen untuk perusahaan antaranya adalah sebagai berikut !

  • Menyediakan informasi keuangan relevan untuk perusahaan dalam pelaksanaan fungsi perencanaan. Akuntansi manajemen terutama mempunyai fungsi utama dalam penyediaan data serta informasi keuangan berupa biaya serta anggaran apapun yang relevan terhadap kepentingan perencanaan manajemen.
  • Makalah akuntansi manajemen sekaligus akan bisa menyediakan alat analisa yang bersifat kualitatif serta kuantitatif. Kemudian informasi dalam bentuk laporan tertentu akan membantu manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan masalah-masalah perusahaan. Akuntansi manajamen juga bisa digunakan sebagai bentuk umpan balik pada pihak manajemen perusahaan sehingga nantinya akan bermanfaat pada pemanfaatan sumber ekonomi perusahaan.
  • Buku akuntansi manajemen bermanfaat juga dalam penyediaan informasi, terutama menyediakan informasi pihak eksternal dalam bentuk pelaporan usaha. Perusahaan tidak mungkin tidak berhubungan dengan pihak lain dalam urusan kelancaran usaha. Karena itulah, sebuah perusahaan perlu untuk menjadi anggota suatu asosiasi yang masih sesuai jenisnya dengan perusahaan tersebut. Asosiasi ini tentunya akan membutuhkan informasi tertentu yang terkait perusahaan anggota. Akuntansi manajemen mempunyai tanggung jawab dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan itu.
  • Adanya akuntansi manajemen juga akan bermanfaat dalam menyediakan informasi untuk menetapkan pelaporan pertanggungjawaban masing-masing unit kerja serta manajerial perusahaan. Terutama dalam perusahaan besar yang umumnya akan terbagi dalam unit kerja dan manajerial yang lebih kecil. Fungsi dari adanya akuntansi manajemen ini ialah memudahkan pembagian kerja sehingga nantinya kegiatan usaha akan semakin berjalan lancar. Masing-masing unit kerja dan manajerial akan wajib membuat laporan pertanggungjawaban kinerjanya masing-masing. Informasi ini nantinya akan disusun dan disediakan bagian akuntansi dari unit kerja tersebut sesuai skripsi akuntansi manajemen.

Demikianlah artikel tentang pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu…

(Visited 20 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *