Pengertian Administrasi, Definisi, Ciri – Ciri dan Fungsinya

Diposting pada

Administrasi menjadi kata-kata yang sangat sering kita dengar di kehidupan sehari-hari. Namun apakah kamu tahu dan bisa menjelaskan jika ditanya, apa sih administrasi itu? jika blm bisa menjawab mari lihat penjelasanya di bawah.

Pengertian Administrasi, Definisi, Ciri – Ciri dan Fungsinya

Pengertian Administrasi

Administrasi adalah suatu bentuk usaha dan aktivitas yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan agar dapat mencapai target/tujuan organisasi. Jadi, dapat dibilang bahwa administrasi punya peranan yang sangat krusial dalam semua aktivitas sebuah organisasi.

Definisi Administrasi

Definisi administrasi dalam arti sempit

Administrsi dalam arti sempit adalah segala sesuatu bentuk kegiatan tata usaha. Ketatausahaan adalah kegiatan yang sangat penting dalam suatu pekerjaan atau tujuan organisasi. Terutama suatu hal yang menyangkut peranan informasi sebagai darahnya organisasi. Dalam pengertiannya yang demikian administrasi biasanya hanya dikaitkan dengan kegiatan-kegiatan ketatausahaan yang mencakup korespondensi, kesekretariatan, penyusunan laporan dan kearsipan.

Definisi Administrasi Dalam Arti Luas

Administrasi di definisikan sebagai proses-proses semua kegiatan secara menyeluruh dalam menyelenggarakan kegiatan. Kegiatan tesebut di dasarkan pada tujuan atau resional tertentu yang dilakukan oleh dua individu atau lebih dalam mencapai tujuan dengan sarana dan prasarana yang ada.

Ciri-ciri Administrasi

Administrasi memiliki beberapa ciri-ciri antara lain sebagai berikut:

  1. Administrasi mempunyai target dan tujuan yang jelas
  2. Setidaknya ada dua orang atau lebih dalam kegiatan administrasi
  3. Pola atau sistem yang dibentuk adalah kerjasama
  4. Administrasi berarti bentuk pengaturan dari tata usaha
  5. Terdapat struktur atasan (bos) dan karyawan

Fungsi Administrasi

Adapun fungsi administrasi adalah sebagai berikut:

  • Planning (Perencanaan) adalah penyusun perencanaan memerlukan kegiatan administrasi, seperti pengumpilan data, pengolahan data, penyusunan perencanaan.
  • Organizing (Pengorganisasian) adalah aktivas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah di tetapkan.
  • Staffing yaitu salah satu fungsi dari manajemen yang menyusun personalia pada suatu organiasik mulai dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha untuk setiap tenaga petugas memberi daya guna yang maksimal kepada organisasi.
  • Directing (pengarahan atau bimbingan) adalah fungsi manajemen yang berhubungan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, untuk tugas yang dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju dari yang telah di terapkan semula.
  • Coordinating adalah sebagian dari fungsi manajemen untuk melakukan sejumlah kegiatan agar berjalan baik dengan menghindari terjadinya kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan yang dilakukan dengan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga ada kerja sama yang terarah dalam usaha untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Reporting adalah menejemen yang berada pada penyampaian perkembangan atau hasil dari kegiatan dengan pemberian keterangan dari tugas dan fungsi para pejabat yang lebih tinggi baik lisan maupun tulisan sehingga dalam menerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan tugas orang yang memberi laporan.
  • Budgeting adalah suatu kegiatan yang mengelola dan perencanaan yang berkelanjutan mengenai keuangan atau anggaran.

Tujuan Administrasi

Tujuan administrasi terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Tujuan jangka panjang

Tujuan jangka panjang lebih kepada organisasi itu sendiri, artinya dengan adanya pola administrasi, ditujukan untuk mencapai target sebuah organisasi. Pada dasarnya tujuan jangka panjang tidak dibuat oleh sembarang orang dalam organisasi melainkan oleh para pemilik organisasi tersebut, yang bersifat:

  • Ideal
  • Administrasi bersifat general
  • Kualifikasinya tidak terbatas

 

  1. Tujuan administrasi jangka pendek

Tujuan jangka pendek organisasi bersifat lebih kecil, biasanya dibuat oleh sub-sub divisi drai organisasi untuk kebijakan divisinya. Tujuan jangka pendek bersifat spesifik, ruang lingkupnya kecil, kualifikasi terbatas.

Ruang Lingkup Administrasi

Ruang lingkup di bawah ini terdiri dari informasi atau keterangan tentang suatu hal atau peristiwa yang diperoleh terutama melalui pembacaan atau pengamatan. Ruang lingkup administrasi menurut (Gie,2007:16) yaitu:

  • Menghimpun

Adalah suatu kegiatan untuk mencari dan mengumpulkan informasi atau keterangan secara detail kemudian di simpan untuk tujuan agar nanti bisa digunakan bila diperlukan.

  • Mencatat/menuliskan/mengetik

Adalah kegiatan lanjuatan dari kegiatan menghimpun data agar dapat disimpan, dibaca atau dikirim.

  • Mengelola

Adalah mengelola atau menganalisis suatu bentuk data administrasi yang telah ada atau yang sudah ada, guna mendapatkan hasil dari data yang di himpun.

  • Menyimpan

Adalah kegiatan mengamankan dokumen atau mendokumentasikan data dengan berbagai cara untuk nantinya di gunakan kembali jika di perlukan.

  • Mengirim

Adalah kegiatan berbagi data atau file ke pihak lain baik dari dalam organisasi ataupun dari luar organisasi.

Contoh-contoh Administrasi

Berikut contoh-contoh administrasi lebih lengkapnya:

  1. Administrasi Negara

Administrasi negara adalah serangkaian kegiatan yang di susun dan ditujukan untuk aparatur negara atau pemerintahani. Administrasi negara dibuat agar tercapainya tujuan negara secara efisien, sederhana, dan mencakup kepentingan rakyat. Secara teknis contoh berikut ini termasuk kedalam administrasi negara diantaranya:

  • Pengaturan resuffle kabinet oleh presiden
  • Pengaturan mengenai pembentukan badan dan komisi-komisi pemerintahan
  • Tata cara pemberian layanan kepada masyarakat
  • dan masih banyak lagi

 

  1. Administrasi Kepegawaian

Administrasi kepegawaian yaitu segala sesuatu aktivitas yang berhubungan dengan pegawai atau karyawan yang di tujukan untuk mengatur pagawai tersebut.

Dimana ada petugas administrator yang berfungsi mencatat semua kegiatan baik itu pemeliharaan, pembangunan seluruh tanaga kerja sesuai beban kerjanya. Berikut fungsi dari administrasi kepegawaian.

Fungsi Manajerial

Fungsi manajerial adalah fungsi yang berguna untuk memenej seorang pegawai untuk memaksimalkan peranan pemikiran seperti membuat perencanaan, menganalisa masalah, negosiasi dan pengarahan.

Fungsi Teknis

Adalah fungsi administrasi yang berkaitan dengan teknis fisik seorang pegawai, sebagai contoh aturan jam masuk kerja, pensiunan, pengadaan, pemindahan, dsb.

 

  1. Administrasi Perkantoran

Adalah suatu susunan kegiatan sehari-hari di sebuah instansi perkantoran baik secara internal maupun eksternal. Kegiatan administrasi perkantoran meliputi pencatatan, perencanaan keuangan, rekap masuk pegawai, penagihan, bagian distribusi barang, stok barang, meeting dan masih banyak lagi.

Sedangkan tugas dari administrator perkantoran tergantung jabatan dan fungsi yang di berikan kepada setiap karyawan instansi perkantoran tersebut.

 

  1. Administrasi Keuangan

Adalah suatu tata kelola keuangan dalam lembaga tingkat organisasi kecil sampai pelaksanaan anggaran belanja negara. Administrasi keuangan terdiri dari pencatatan keuangan, budgeting, penggunaan keuangan, laporan dan pertanggung jawaban dana yang dialokasikan.

Didalam administrasi keuangan adan seorang administrator keuangan yang bertugas dan biasanya di sebut oleh bendaharawan. Bendahara  mempunyai tugas untuk melakukan pembukuan sesuai dengan aturan yang belaku.

Demikian yang dapat Idpengertian.com sampaikan kepada sahabat semua, semoga tulisan ini dapat memberi manfaat dan menambah wawasan kalian semua ya, terima kasih.

“Pengertian Administrasi, Definisi, Ciri – Ciri dan Fungsinya”

(Visited 2.705 times, 32 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *