Inilah 3 Pengaturan WhatsApp Yang Jarang Diketahui

Diposting pada

Pengaturan WhatsApp Yang Jarang Diketahui – Sebagai aplikasi chatting yang sangat populer sekarang ini, tentu WhatsApp menyajikan beragam fitur yang pasti berguna untuk para penggunanya. Hanya saja masih ada beberapa fitur yang tidak diketahui oleh para penggunanya karena masih harus melewati beberapa pengaturan terlebih dahulu.

Itulah kenapa pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan beberapa Pengaturan WhatsApp Yang Jarang Diketahui dari fitur fitur yang kebanyakan orang belum tahu,ya mungkin meski beberapa orang ada yang tahu.

Loading...
daftar pengaturan whatsapp
daftar pengaturan whatsapp

Pengaturan Whatsapp Yang Tersembunyi

Dalam aplikasi chatting pasti banyak sekali settingan yang harus di ketahui, baik setting tampilan maupun keamanan. Tidak beda jauh dengan aplikasi yang di akuisisi oleh paman Mark, banyak sekali fitur yang dapat kita gunakan.

Salah satu fitur yang sangat di unggulkan whatasapp yaitu media catting dan video call whatsapp dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah ada beberapa pengaturan atau fitur yang mungkin kalian belum mengetahuinya.

Nah apa saja fitur tersebut? Kuy Simak baik baik penjelasan berikut ini.

Ada 3 pengaturan fitur yang jarang diketahui dari penjelasan oleh website hafalandroid.id, dimana cukup berdampak untuk kinerja saat memakai Whatsapp. Brikut fitur-fitur tersebut :

1. Sembunyikan Preview Pesan

sembunyikan preview pesan
sembunyikan preview pesan

Pertama yaitu pengaturan fitur preview pesan, WhatsApp memiliki fitur preview pesan yang akan muncul di atas layar ketika ada pesan masuk atau telfon masuk. Nah hal ini sangat mengganggu sekali bagi kamu yang suka main game.

Ketika masih seru-serunya main game, ehhh ada pesan masuk kan jadi salah pencetnya. Nah hal ini sudah sangat di fikirkan oleh pihak whatsapp, ada fitur yang dapat digunakan untuk menstop nitif tersebut.

Jadi caranya pun memang cukup simple dan sangat mudah, Silahkan kalian masuk pada Pengaturan => Pilih Menu Notification => Klik deh pada opsi Show Preview, Selesai. Sekarang pesan WhatsApp yang masuk ke handphone kamu hanya berupa nama dan isi pesan tersebut tidak lagi Preview full ke layar.

Dengan cara ini sangat memudahkan kamu agar tidak terganggu saat sedang berselancar di youtube, ngegame dan masih banyak lagi yang lainnya, intinya sudah tidak mengganggu lagi.

Baca Juga : Fitur Baru Video Call Di WhatsApp

2. Mematikan Fitur Download / Save Otomatis Media (Gambar, Foto, Video)

Mematikan Fitur Download
Mematikan Fitur Download

Fitur tersembunyi di whatsapp yang kedua yaitu menghilangkan atau mematikan fitur download secara otomatis. Kadang-kadang kamu pasti merasa jengkel ketika Whatsapp-mu melakukan penyimpanan otomatis terhadap file multimedia (misalnya foto atau video) langsung ke media penyimpanan smartphone-mu.

Meskipun kita senang mengamati file multimedia yang ada di Whatsapp, namun bukan berarti kita ingin menyimpannya dan membuat kapasitas penyimpanan smartphone menjadi boros.

Sebenarnya cara ini bisa kita siasati dengan melakukan turn off pada setting Whatsapp. Caranya, pada menu setting Whatsapp, pilih sub menu chat setting dan segera non aktifkan pilihan save incoming media. Cara ini terbukti sangat efektif dalam mencegah Whatsapp menyimpan file multimedia secara otomatis

3. Backup Otomatis Data dan Chat

Backup OtomatisBackup Data dan Chat
Backup OtomatisBackup Data dan Chat

Ini nih fitur yang tidak kalah pentingnya harus kamu ketahui yaitu, backup otomatis. Jika kamu orangnya yang sering banget gonta ganti HP maka fitur ini jangan sampai lupa diaktifkan, yaitu fitur Backup Otomatis.

Karena apabila fitur ini sudah aktif meski kalian ganti HP 10 kali tidak perlu khawatir bahwa data file media ataupun riwayat chattingmu hilang.

Setelah ganti HP kita tinggal merestore saja dari file backupan dari fitur otomatis akan secara langsung terbuka kembali persis seperti sebelumnya.

Dan jika kalian tidak ingin terlalu boros ke kuota bisa diatur kok jadwal backup otomatisnya antara harian, mingguan dan bulanan.

Dengan mengaktifkan fitur backup otomatis ini akan sangat bermanfaat sekali dan bisa membuat kalian lebih nyaman, aman dan tenang. Tanpa harus kehilangan data-data chattingan kamu sama mantan, ups.. pacar aja belum punya mantan wkwkwkwk.

Kesimpulan

Ya mungkin bisa dibilang semua fitur fitur tersebut terlihat simpel, namun jika kita menggunakannya bisa membuat kita menjalankan WhatsApp lebih hemat, leluasa da maksimal tentunya.

Karena dengan contoh fitur save otomatis dinonaktifkan, maka kuota data kita bisa lebih irit untuk kepentingan lainnya dan begitu pula di dalam fitur fitur lainnya. Jadi tidak ada salahnya dicoba hehe.

Demikian yang bis saya sampaikan mengenai pengaturan Whatsapp yang jarang diketahui. Semoga dengan tips dan tutorial yang saya bagikan ini dapat memberikan tambahan ilmu serta pengetahuan untuk kalian.

Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, silahkan untuk membagikannya di media sosial yang kamu miliki. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kurang lebihnya mohon maaf dan sampai jumpa pada artikel lainnya yang pastinya tidak kalan menartiknya dengan artikel ini..

(Visited 13 times, 1 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *