4 Pokok Pembuatan RPP Keputusan Kemendikbud 2020

Diposting pada

IDpengertian.com – Seperti yang sudah kita dengar bersama Presiden serta wakil dan menteri pendidikan mengungkapkan. Saat ini pembuatan RPP dipersingkat dengan 4 pokok utama didalamanya. Walalupun hanya 3 unsur saja, namun sudah cukup untuk mencakup segala aspek dalam proses pembelajaran. Keputusan kemendikbud ini sangat bagus sekali, karena dengan mempersingkat pembuatan Rpp, Guru semakin banyak waktu untuk dapat fokus kepada anak didik.

Pada umumnya membuat RPP sangalah panjang dan terlalu banyak membuang waktu. Maka dari itu pemerintah mengeluarkan keputusan agar pendidikan menjadi semakin baik lagi dari sebelumnya. Bayangkan saja, jika guru terlalu sibuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Apakah murid akan dapat menyerap materi yang diajarkan dengan waktu yang singkat?. Tentu saja tidak kan…?

Maka dari itu menurut saya keputusan kemendikbud untuk tahun ajaran 2019-2020 ini sangat tepat dan mengenai sasaran. Pertanyaannya bagaimana cara membuat RPP terbaru tersebut? Mudah kok tinggal ambil saja file yang sudah admin sediakan di bagian artikel Contoh Rpp 1 halaman. Disana sudah disediakan berbagai pilihan, baik untuk guru mapel, guru kelas dan lainnya. Nah apa saja dasar pembuatan rpp satu halaman tersebut? Silahkan simak penjelasan dibawah ini.

4 Pokok Utama Penbuatan RPP 1 Halaman
4 Pokok Utama Penbuatan RPP 1 Halaman

Tips Pembuatan RPP 1 Halaman Terbaru

Sebelum membuat rpp tentunya bapak dan ibu guru harus mempersiapakan banyak sekali data yang harus dikumpulkan. Baik dari pengalaman pembelajaran sebelumnya, karena rpp terbaru ini mengacu pada edaran K13 tahun lalu. Untuk yang terbaru ini ada tiga pokok utama dalam pembuatan Rencana pelaksanaan belajar untuk pegangan guru. Baiklah untuk lebih jelasnya silahkan bapak dan ibu guru simak dibawah ini.

Untuk mendapatkan hasil Rpp yang disetujui anda perlu mengetahui beberapa hal utama yang ada di dalamnya.

Dasar Dan Referensi RPP 1 Halaman

  1. Penataan Rencana Penerapan Pendidikan( RPP). Digunakan dengan prinsip efektif, efisien, serta berorientasi pada murid.
  2. Diambil dari ke 13 komponen RPP yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pembelajaran serta Kebudayaan No 22 Tahun 2016 yang menjelaskan tentang Standar Proses Pembelajaran Dasar serta Menengah, yang kemudian menjadi komponen inti dari tujuan pendidikan adalah, langkah- langkah( aktivitas) pendidikan, serta penilaian pendidikan( assessment) yang harus dilaksanakan oleh guru, sebaliknya komponen yang lain bersifat tambahan.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran( KKG/ MGMP), serta pribadi guru secara leluasa bisa memilah, membuat, memakai, serta meningkatkan format RPP secara mandiri dengan tujuan sebesar- sebesarnya keberhasilan belajar murid.
  4. Ada pula RPP yang sudah terbuat senantiasa bisa digunakan serta bisa pula disesuaikan dengan syarat sebagaimana diartikan pada angka 1, 2, serta 3.

3 Pokok Utama Pembuatan Rpp

  • Tujuan Pembelajaran
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Penilaian Pembelajaran

Dengan 3 pokok tersebut guru dengan mudah dan tidak membuang waktu untuk mengavaluasi murid didiknya. Maka dari itu dikatakan efisien dan efektif. Untuk penejalasan terorientasi dengan murid maksudnya, tujuan, kegiatan serta penilaian pembelajaran tersebut dengan dangat mudah di periksa. Tidak seperti dulu dengan 13 poin utama yang sangat membingungkan guru. Namun jangan salah walaupun dengan hanya 3 komponen utama Rpp tersebut sudah mencakup seluruh proses pelaksanaan pembeljaran.

Kesimpulan

Menurut bapak ibu guru dengan adanya rpp terbaru 1 lembar tersebut apakah semakin mempermudah atau malah sebaliknya. Kalau menurut saya sendiri ini sangat mudah sekali, sehingga kita tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk membuat rencana pembelajaran atau juga silabus. Silahkan meninggalkan komentarnya, karena saya ingin melihat bagaimana tanggapan para guru.

Baiklah mungkin sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini yang membahas mengenai 4 Pokok Pembuatan RPP yang memang lagi booming banget. Jika menurut anda tulisan ini bagus dan layak untuk di share maka silahkan klik tombol share dibawah artikel ini. Sekian dari saya dan akhir kata tetap semangat mengajar demi Indonesia yang lebih baik.

“4 Pokok Pembuatan RPP Keputusan Kemendikbud 2019-2020”

(Visited 40 times, 2 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *