Cara Mudah Mengatasi Memori Penuh Pada Android Tanpa Uninstall

Diposting pada

Banyak produk Android yang saat ini menawarkan kapasitas penyimpanan memori yang lebih besar demi memberikan ruang yang lebih luang bagi data pada smartphone untuk disimpan dan bisa diakses dengan lebih cepat.

Namun sebesar apapun kapasitas memori yang ada pada smartphone Kamu pada akhirnya akan penuh juga setelah digunakan untuk menginstal aplikasi ini itu dan menyimpan berbagai macam dokumen serta data multimedia.

Solusi Memori Penuh Di Android
Solusi Memori Penuh Di Android

Storage yang penuh akan membuat kerja Android jadi lebih lama, sering lag bahkan freeze hingga crash yang tentunya tidak baik bagi kesehatan smartphone Kamu. Jika meng-uninstall aplikasi yang ada pada smartphone bukanlah pilihan prioritas Kamu ada beberapa cara yang bisa dilakukan pada ponsel Android untuk bisa membuat memori punya ruang sedikit lebih banyak.

Berikut adalah cara mudah untuk mengatasi memori yang penuh pada Android tanpa harus uninstall aplikasi.

Artikel Lainnya : Cara Cek IMEI Smartphone Android

Mengatasi Memori Penuh Pada Android 8.0 Oreo

Bagi Kamu yang sudah menggunakan Android versi terbaru yaitu Oreo, Google sudah merapikan managemen data pada Android dengan mengelompokkan aplikasi dan juga data dalam ponsel berdasarkan kategorinya.

Jadi misalnya Kamu masuk ke kategori “Photos and Videos” maka yang termasuk di dalamnya adalah gabungan dari foto dan video yang ada pada galeri ditambah dengan aplikasi yang termasuk dalam kategori tersebut misalnya kamera dan pengedit foto.

Cara mengatasi memori penuh pada OS ini adalah dengan tap opsi “Free up space” kemudian centang mana saja data yang sudah diback-up atau aplikasi yang jarang dipakai. Dengan begitu ponsel Android Oreo Kamu punya kapasitas yang lebih setelah dibersihkan.

Memori penuh pada Android Nougat dan di bawahnya

Bagi yang masih menggunakan Android Nougat dan versi di bawahnya, cara mudah untuk mengatasi memori penuh pada Android adalah dengan masuk ke menu Storage dan pilih mana kategori yang makan banyak memori pada smartphone Kamu.

Misalnya kategori Apps adalah kategori yang paling banyak menyimpan data, Kamu bisa menghilangkan data-data yang tidak terpakai dengan tap Downloads untuk menghapus data-data yang diunduh dan sudah tidak terpakai, kemudian tap Cached data untuk menghapus data dari aplikasi yang terinstal.

Kamu juga bisa menghapus data pada aplikasi secara manual dengan membuka aplikasi pada menu App Setting kemudian pilih mana aplikasi yang ukurannya besar kemudian tap “Clear data”.

Menggunakan aplikasi Files Go

Files Go adalah aplikasi gratis yang bisa Kamu dapatkan di Play Store untuk memantau secara akurat berapa kapasitas memori yang digunakan oleh setiap aplikasi dan data yang tersimpan pada Android Kamu.

Buka aplikasi ini kemudian berikan otorisasi bagi aplikasi untuk mengakses data yang tersimpan pada pada smartphone Kamu.

Pada halaman depannya Files Go akan memperlihatkan media-media dengan ukuran yang kecil, aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai, aplikasi yang terduplikasi, media dengan ukuran yang besar, dan masih banyak lagi lainnya yang bisa dibuka satu-satu kemudian Kamu bisa pilih mana yang bisa dihapus mana yang masih harus disimpan.

Kamu bahkan bisa mengorganisir data yang ditampilkan berdasarkan dengan ukurannya sehingga data-data dan media yang berukuran besar bisa Kamu pilih untuk dihapus atau di back-up terlebih dahulu sebelum dihapus.

Artikel Terkait : Cara Screenshot Tanpa Aplikasi Di Android

Tambahkan SD card dan pindahkan aplikasinya

Smartphone generasi saat ini masih banyak yang menyediakan slot untuk SD card dengan model hybrid yang juga bisa difungsikan sebagai slot kartu SIM kedua. Menggunakan SD card tambahan bisa memberikan ruang yang lebih lega pada kapasitas memori internal Android Kamu.

Kamu bisa mengubah pengaturan penyimpanan untuk foto dan juga video langsung ke SD card, menyimpan lagu juga bisa dilakukan di SD card ketimbang di internal.

Bahkan beberapa aplikasi bisa Kamu pindahkan cache-nya ke SD card sehingga memori internal yang jadi penyokong Android tetap lega dan smartphone Kamu bisa digunakan dengan kinerja yang selalu lancar.

Pindahkan foto dan video ke cloud server

Cloud server adalah tempat penyimpanan data yang bisa Kamu manfaatkan untuk menyimpan media berukuran besar misalnya foto maupun video. Untuk menghapus foto atau video yang ada di gallery tentu bukan hal yang mudah.

Menyimpannya di cloud menggunakan aplikasi seperti Google Photos, Google Drive, Dropbox, MS OneDrive, dan sebagainya bisa jadi cara mudah mengatasi memori penuh pada Android tanpa harus menghapusnya sama sekali dari ponsel.

Dengan menyimpan di cloud, Kamu bisa menghapus data aplikasinya pada ponsel, kemudian jika dibutuhkan Kamu bisa langsung mengakses data yang ada di cloud menggunakan smartphone atau komputer.

(Visited 3 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *