Kumpulan Pantun Nasehat Dan Maknanya Terlengkap

Posted on

Contoh Kumpulan Pantun Nasehat Dan Maknanya – Pantun merupakan salah satu jenis dari puisi lama yang sampai saat ini masih dipergunakan. Mungkin sering sekali teman-teman mendengar bahkan mengucapkan kata pantun, dalam pelajaran Bahasa Indonesia pantun juga merupakan mata pelajaran yang wajib.

Contoh Kumpulan Pantun Nasihat Beserta Maknanya
Contoh Kumpulan Pantun Nasihat Beserta Maknanya

Tidak hanya ada di sekolah saja pantun juga sering kita dengar di tempat hiburan, saat ini pantun sering digunakan dalam komedi atau juga Stand Up Komedi yang sering kita lihat ditelevisi.

Ada banyak sekali jenis puisi atau puisi namun tidak akan saya bahas disini karena akan saya bahas diartikel lainnya.

Pengertian Pantun Dan Maknanya

Pengertian Pantun adalah suatu kalimat yang setiap baitnya mempunyai empat baris dan mempunyai sampiran serta isi.

Makna atau pesan yang terkandung dalam pantun juga sangat banyak sekali, ada pesan dan kesan untuk menyampaikan maksud tertentu.

Baiklah disini saya akan berbagi banyak sekali pantun yang mungkin kalian belum mengetahuinya, yuk simak dibawah ini lengkap.

Contoh Pantun Nasehat Terlengkap

Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal sembilan
Tuntutlah ilmu dengan sungguh-sungguh
Supaya engkau tidak ketinggalan

Penjelasan Maknanya : Kita dituntut untuk menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh agar kita tidak tertinggal dengan teman yang lainnya, Menuntut ilmu sangat penting sekali untuk menyongsong masa depan.

Contoh Pantun Nasehat Kebaikan

Pinang muda dibelah dua
Anak burung mati diranggah
Dari muda sampai ke tua
Ajaran baik jangan diubah

Penjelasan Maknanya : Pantun diatas menunjukkan bahwa apabila kalian mendapatkan pengajaran yang baik dan sesuai dengan norma keagamaan dan lingkungan maka jangan diabaikan.

Mengabaikan perkara yang baik akan menjerumuskan kita pada perkara yang buruk, ingat kita sebagai manusia harus mengerti mana yang baik dan mana yang buruk.

Contoh Pantun Nasehat Ilmu Yang Bermanfaat

Tumbuh merata pohon tebu
Pergi ke pasar membeli daging
Banyak harta miskin ilmu
Bagai rumah tidak berdinding

Penjelasan Maknanya : Pantun yang satu hampir mirip dengan pantun diatasnya dalam segi ilmu, pantun ini menjelaskan bahwa seberapapun harta yang kita miliki tidak akan kita bawa mati.

Namun jika kita memiliki Ilmu yang bermanfaat untuk orang lain maka ilmu itu akan kita bawa sampai mati, dan selalu akan mendapatkan kiriman kebaikan dari orang yang mengamalkan apa yang kita bagikan kepada mereka.

Contoh Pantun Nasehat Kemanusiaan

Hati-hati menyeberang
Jangan sampai titian patah
Hati-hati di rantau orang
Jangan sampai berbuat salah

Pengertian Maknanya : Setiap manusia pasti mempunyai apa yang dinamakan salah, karena hakikatnya manusia memang tempatnya salah.

Dalam pantun diatas menjalaskan bahwa kita harus berusaha menahan amarah dan selalu bersabar, karena jika cepat marah kita akan menyakiti seseorang, maka jagalah kesabaran itu, sabar adalah emas.

Contoh Pantun Nasehat Pentingnya Ilmu Pengetahuan

Kalau harimau sedang mengaum
Bunyinya sangat berirama
Kalau ada ulangan umum
Marilah kita belajar bersama

Pengertian maknanya : Tuntutlah ilmu dari mulai awal sampai akhir agar ilmu yang kamu dapatkan bisa sempurna, sehingga pada saat ada ulangan umum atau ulangan nasional kamu bisa menjawab semua soal ujian dengan benar.

Contoh Pantun Nasehat Agama

Bunga mawar bunga melati
Kala dicium harum baunya
Banyak cara sembuhkan hati
Baca Al-Quran paham maknanya

Maknanya : Pantun diatas menyiratkan isi dan pesan bahwa jika kita membaca Al-Qur’an dan faham maknanya maka akan menjadi pengobat hari, seperti hanya bunga mawar dan melati sebagai pengobat hati untuk yang patah hati hehehehe.

Contoh Pantun Nasehat Tentang Kepercayaan

Jalan kelam disangka terang
Hati kelam disangka suci
Akal pendek banyak dipandang
Janganlah hati kita dikunci

Penjelasannya Adalah : Kita hidup didunia sangat tergantung dengan orang lain, namun jangan mudah percaya kepada orang lain sebelum melihat buktinya.

Seperti sekarang ini banyak sekali teman makan teman, jangan cepat percaya dengan sesorang atau berita yang belum jelas keasliannya (Hoax)

Contoh Pantun Nasehat Balas Budi

Ada ubi ada talas
Ada budi ada balas
Sebab pulut santan binasa
Sebab mulut badan merana

Maknanya Adalah : Jika kalian di tolong oleh orang lain maka jangan enggan untuk membalasnya, karena kita manusia pasti akan membutuhkan pertolongan orang lain.

Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu butuh akan pertolongan orang lain, balaslah kebaikan dengan kebaikan, balaslah keburukan dengan kebaikan.

Contoh Pantun Nasehat Tentang Menuntut Ilmu

berakit rakit ke hulu
berenang renang ke tepian
bersakit sakit dahulu
bersenang-senang kemudian

Artinya adalah : Jika kita ingin sukses dalam segi apapun maka bersusah-susah dahulu, berpayah-payah dahulu untuk menggapai impianmu.

Maka setelah kalian mendapatkan apa yang kalian mimpikan kemudian kalian bisa bersenang-senang, namun jangan sampai kebablasan terlalu senang akan prestasi juga akan mengakibatkan kerusakan dalam berfikir.

Bersenang-senang boleh saja namun perlu dibatasi sesuai dengan kebutuhan, baik itu materi, kebutuhan dan yang lainnya.

Contoh Pantun Nasehat Tentang Tolong Menolong

Wahai ananda kuntum pilihan
Syarak dan sunnah jangan abaikan
Berbuat baik janganlah segan
Supaya engkau dirahmati Tuhan

Makna yang terkandung adalah : Berbuat baiklah maka kamu akan disayang Tuhan, dengan kita berbuat baik, menolong sesama maka kita akan dimudahkan dalam segala hal oleh Tuhan.

Berbuat baik akan mendatangkan Rahmat, Rahmat adalah kasih sayang yang Tuhan berikan kepada kita.

Sebagai contoh pada saat kita ditolong oleh orang lain untuk menyelesaikan urusan atau masalah, nah itulah bentuk Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa yang diberikan kepada kita.

Contoh Pantun Nasehat Mengenai Rajin Belajar

Jika angin berputar-putar
Layang-layang tak terkejar
Jika adik ingin pintar
Rajin-rajilah belajar

Penjelasannya Yaitu : Seperti pantun diatasnya, pantun ini juga menjelaskan bahwa jika kita ingin pintar maka rajin-rajinlah untuk belajar, jangan malas belajar agar kamu pintar.

Jangan lelah untuk belajar, jika kalian menyepelekan belajar maka bersiap-siaplah menelan kepahitan kebodohan dimasa mendatang.

Akhir kata terimakasih sudah membaca ulasan mengenai Contoh Kumpulan Pantun Nasihat Beserta Maknanya, Penjelasan Pantun Nasihat, Contoh Pantun Nasihat dan maknanya, Makna Pantun Nasihat yang telah saya terangkan dengan jelas diatas.

Jika ada kekurangan maka saya sebagai manusia biasa mempunyai banyak salah dan mohon di maafkan, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua.

“Kumpulan Pantun Nasihat Dan Maknanya Terlengkap”

(Visited 55 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *