Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Kumpulan Contoh Karangan Persuasi Mengenai Lingkungan Terbaru

3 min read

Hello gaes, jumpa lagi di Idpengertian.com, kali ini saya akan menulis artikel mengenai Kumpulan Contoh Karangan Persuasi Mengenai Lingkungan Terbaru nih buat kalian. Penasaran kan? Nah, kalau begitu langsung saja kita ke pembahasan di bawah ini.

Kumpulan Contoh Karangan Persuasi Mengenai Lingkungan Terbaru
Kumpulan Contoh Karangan Persuasi Mengenai Lingkungan Terbaru

Pengertian Karangan Persuasi

Suatu Karangan persuasi adalah sebuah karangan yang ditulis untuk mempengaruhi pembaca untuk melakukan suatu hal atau kegiatan seperti apa yang dibicarakan oleh penulis di dalam tulisannya. sebagai contoh membuat laporan teks percobaan, membuat artikel, dan lainnya.

Kumpulan Contoh Karangan Persuasi Mengenai Lingkungan Terbaru

Contoh Karangan Persuasi 1

Kondisi lingkungan Kota Trenggalek sudah sangat memprihatinkan. Karena anyak sungai yang kotor akibat membuang sampah sembarangan dan pembuangan limbah rumah tangga yang tidak teratur, pencemaran udara akibat asap kendaraan bermotor yang semakin banyak dan maraknya penebangan liar yang terjadi. Sebagai contohnya saja pada waktu kota Trenggalek sendiri tergenag banjir beberapa tahun lalu, hal itu terjadi karena hutan-hutan yang ada disekitaran kota telah gundul dan tidak bisa meresapkan air hujan ke tanah sehingga airnya menggenagi kota.

Dan ini semua dapat menyebabkan gangguan bagi makhluk hidup di Kota Trenggalek, temasuk kita manusia. Kemudian pernapasan kita dapat terganggu dan keindahan Kota ini tercemar serta akan menjadi sarang bibit-bibit penyakit. Karenanya, alangkah baiknya jika kita sebagai penduduk Kota Trenggalek berusaha untuk melestarikan lingkungan kota ini dengan berbagai macam usaha. Dan diantaranya adalah dengan usaha yang kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya, serta dengan usaha penghijauan, pembuatan taman kota, dan pelarangan membuang sampah di sembarang tempat serta tidak membuang limbah rumah tangga di sungai. Dengan ini semua akan dapat mengendalikan keindahan, kebersihan serta kenyamanam Kota kita.

Contoh Karangan Persuasi 2

Kebersihan adalah hal terpenting dalam kehidupan. Menjaga kebersihan menjadi tugas seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Dengan tidak adanya suatu kebersihan, mungkin dunia kita akan dipenuhi dengan sampah. Dan dimana-mana terjangkit beragam jenis penyakit yang akan menghantui hidup kita. Kita harus selalu menjaga kebersihan kita akan hidup lebih sehat. Dan di dalam ajaran islam pun  mengajarkan umatnya agar senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Karena akan ada banyak manfaat yang akan kita rasakan  jika kita memelihara kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Adanya sampah menjadi masalah di lingkungan kita yang tak kunjung selesai. Karena kepedulian masyarakat terhadap sampah sangat kurang ketika melihat sampah berserakan mereka tidak perduli. Dan sebagai contoh kita bisa lihat sungai-sungai di Jakarta khususnya, penuh bukan karena airnya tetapi penuh dengan sampah. Kemudian berakibat, pada musim penghujan sungai meluap karena tidak dapat menampung volume air yang banyak. Dan tidak hanya sungai,kali,gorong-gorong,selokan juga dipenuhi sampah. Kemudian air yang seharusnya mengalir dengan baik menjadi tersumbat. Lalu air yang tadinya jernih menjadi keruh dan berbau karena tercemar oleh sampah.

Mulailah menjaga lingkungan dari diri sendiri. Sebagai contoh terkecil membuang bungkus permen walaupun hanya Satu buanglah di tempat sampah. Kemudian ketika melihat ada sampah berserakan, ambil dan masukan kedalam tempat sampah walaupun sampah itu bukan kita yang membuangnya. Sebab itu, kita sebagai masyarakat yang baik marilah memelihara kebersihan lingkungan dari sampah. Dan juga tidak membuang sampah sembarangan dan senantiasa hidup bersih dan sehat.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Karangan Liburan Sekolah Dirumah

Contoh Karangan Persuasi 3

Sebuah lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat, dan jauh dari sampah dan polusi. Dan lingkungan bersih sulit kita temui di daerah perkotaan karena terdapat banyak kendaraan bermotor yang hampir setiap hari orang memakainya. Tetapi lingkungan bersih dapat kita temui didaerah pedesaan yang masih asri karena didaerah ini jarang ditemui pabrik-pabrik dan kendaraan bermotor.

Dan untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat kita semua perlu mengadakan kegiatan gotong royong atau kerja bakti membersihkan lingkungan kita. Menanam pohon-pohon untuk penghijauan karena apabila lingkungan kita banyak tanaman artinya banyak pula oksigen yang dihasilkan oleh tanaman-tanaman itu sendiri yang berguna bagi tubuh kita juga. Karena tanaman juga bisa sebagai penahan tanah longsor.

Dan Sedialah payung sebelum hujan, kata-kata itulah yang tepat digunakan untuk menggerakkan masyarakat supaya cepat tanggap dengan keadaan lingkungan sekitar kita, marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan sekitar kita agar tidak terjadi bencana-bencana alam terutama banjir. Mari buatlah hutan kota disekitar lingkungan kita karena kalau lingkungan sehat akan mempengaruhi juga jiwa kita menjadi sehat.

Contoh Karangan Persuasi 4

Karena lingkungan yang nyaman adalah sebagai tempat tinggal adalah lingkungan yang bersih bebas dari pencemaran polusi udara, limbah pabrik dan sampah. Polusi udara adalah salah penyebab satu kerusakan alam. Pada kota-kota besar banyak terdapat pabrik yang membuang limbah di sungai dan kendaraan  mengeluarkan asap yang menyebabkan polusi udara sehingga mengganggu penglihatan dan  gangguan pernapasan. Kemudian selain itu yang sering kita jumpai adalah sampah. Saat ini banyak orang yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

Sebagai contoh sampah, sering kali kita melihat sampah berserakan  walaupun tempat sampah banyak disediakan tapi tetap saja membuang sampah sembarangan. Kepedulian seseorang terhadap sampah sangat kurang dan belum mengerti mengenai pengolahan sampah. Dan kepedulian masyarakat yang kurang mempedulikan sampah dan lingkungan sekitar dapat mempengaruhi alam dan bisa menimbulkan bencana alam. Terjadinya bencana banjir yang diakibatkan oleh sampah yang menutup saluran air dan sungai,  hingga penipisan ozon yang disebabkan oleh asap pabrik maupun asap kendaraan.

Hal ini juga akan mempengaruhi kehidupan manusia dan hewan, seperti halnya burung kicau yang ada di hutan. Saat ini sudah sangat menipis sekali habitat burung di hutan, semakin banyaknya penebangan hutan dan menumpuknya sampah nonorganik. Seperti ini gambaran yang harus kita rubah, merubah pola pikir kita, sikap kita dan juga menumbuhkan rasa kewajiban kita untuk menjaga.

Demikianlah Kumpulan Contoh Karangan Persuasi Mengenai Lingkungan Terbaru dari saya, semoga dapat bermanfaat, terima kasih.

(Visited 27.468 times, 2 visits today)
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *