Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

13+ Kumpulan Amalan Bulan Ramadhan 30 Hari Penuh

3 min read

Kumpulan Amalan Bulan Ramadhan 30 Hari Penuh – Bulan suci Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam yang mana pada bulan ini semua umat Muslim diharuskan untuk tidak makan dan minum dari subuh hingga petang selama 30 hari. Puasa dilakukan untuk mengingatkan umat Islam akan mereka yang kurang beruntung dan untuk menekankan perlunya bersyukur.

Sebagai salah satu dari lima rukun Islam, puasa selama bulan Ramadhan adalah wajib bagi semua orang yang beragama Islam. Anak-anak yang belum mencapai baligh, orang tua yang secara fisik atau mental tidak mampu puasa, wanita hamil, ibu menyusui dan musafir dikecualikan untuk berpuasa selama ramadan. Lalu amalan apa saja yang bisa dilakukan selama 30 hari berpuasa?

Kumpulan Amalan Untuk Bulan Ramadhan
Kumpulan Amalan Untuk Bulan Ramadhan

13 Amalan Terbaik di Bulan Ramadan

Ramadan adalah bulan di mana umat muslim tidak hanya menjauhi makanan dan minuman saja. Bulan suci Ramadhan adalah tempat mengisi ulang iman dan ketaqwaan umat muslim. Apa sajakah amalan yang baik dilakukan saat bulan ramadan?

  1. Baca Quran setiap hari

Di bulan ramadan ini, umat muslim akan diberi pahala 10 kali lipat untuk setiap surat yang dibaca. Ramadhan adalah kesempatan yang sempurna bagi kita untuk menjadikan hobi membaca alquran sebagai bagian dari pilihan gaya hidup kita sehari-hari.

Jika kita membaca satu juz (bagian) dari alquran setiap hari, pastinya kitadapat menyelesaikan seluruh 30 juz dalam alquran! Membaca alquran lebih efektif di bulan Ramadhan karena saat kita berpuasa, kita memperkuat kesadaran kita akan Allah yang memungkinkan kita untuk menginternalisasi ajaran-ajaran alquran lebih baik dan menyelaraskan perilaku kita dengan ajaran-ajaran dalam alquran.

  1. Sholat Sunnah Sholat sebelum dan / atau setelah Sholat

“Allah akan membangun rumah di surga bagi siapa pun yang rajin mendirikan 12 sunnah rakat seperti 4 rakat sebelum dan 2 rakaat setelah Dhur, 2 rakaat setelah Magrib, 2 rakaat setelah Isya, dan 2 rakaat sebelum Subuh.”[Tirmidzi]

Selama bulan ramadan, ada begitu banyak berkah yang yang bisa kita peroleh dan dengan salat sunah sebelum dan/atau setelah shalat wajib adalah cara mudah untuk mendapatkan berkah tersebut.

Jika kita memberi diri kita waktu untuk shalat tambahan di bulan ini, maka selama sisa bulan itu akan menjadi seperti kebiasaan bagi kita. Jadikan salat sunah sebelum dan / atau setelah shalat wajib ini sebagai kebiasaan kita.

Jika kita sudah terbiasa, maka kita dan akan merasa tidak lengkap dalam menjalankan salat wajib tanpa salat sunah.

  1. Meningkatkan Zikir kepada Allah

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.”{Surat Al-‘Aĥzāb 33: Ayat 41}

  1. Sodaqoh

Selain zakat sebagai amal wajib, kita juga perlu melakukan amal ekstra atau sodaqoh. Kita bisa bersodaqoh dengan memberi makan fakir miskin, memberikan sebagian pakaian kepada orang yang membutuhkan; atau hanya membantu orang tua menyeberang jalan.

Kemungkinan untuk melakukan amal tidak terbatas. Nabi kita tercinta Muhammad SAW telah mengatakan bahwa senyum pun adalah amal. Hal-hal kecil akan bertambah dan akan menjadi sumber pahala yang luar biasa. Lebih lanjut, kepuasan yang Anda dapatkan dari melakukan amal baik kepada orang lain akan menjadi pengalaman yang memuaskan.

  1. Jangan terlibat dalam pembicaraan yang tidak perlu

Jika kita berpuasa maka kita harus menjaga pembicaraan kita dari hal-hal yang merusak. Saat berpuasa juga kita dilarang untuk menunjukkan bahwa kita sedang berpuasa dengan selalu mengatakan ‘Saya sedang berpuasa, saya sedang berpuasa’.

Menghindari perkataan yang buruk dan menujukkan sikap sedang berpuasa adalah cara yang baik untuk membersihkan pikiran kita. Puasa adalah bagaimana kita berpikir positif dan bicara positif.

  1. Mengunjungi orang yang sakit

من عاد مريضًا، أو زار أَخًا له في اللهِ ناداه منادٍ : أن طِبْتَ وطاب مَمْشاكَ وتبوأتَ من الجنةِ مَنزِلًا

“Barangsiapa yang menjenguk orang sakit, atau mengunjungi saudaranya karena Allah, maka kelak akan diserukan kepadanya: ‘engkau telah beruntung dan telah beruntung pula langkahmu, dan dibangunkan bagimu rumah di surga’” (HR. At Tirmidzi 2008, ia berkata: ‘hasan gharib’, dihasankan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi).

  1. Memberi makan orang yang berpuasa.

من فطر صائما كان له مثل أجره ، غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيئا

“Siapa pun yang memberi makan orang yang berbuka puasa, ia akan mendapat ganjaran (untuk puasa) tanpa mengurangi apa pun dari ganjaran orang yang berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

  1. Mendirikan salat di Lailatul Qadr

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“Malam penuh kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”{Surat Al-Qadr 97: Ayat 3}

Imbalan dari menjalankan ibadah salat tahajud di bulan ini setara dengan seribu bulan. Melakukan salat di malam ini adalah kesempatan bagus untuk lebih dekat dengan Allah dan membangun ketaqwaan kita.

  1. Memohon kepada Allah untuk mengampuni semua muslim

“Siapa pun yang mencari pengampunan untuk pria beriman dan wanita beriman, Allah akan menulis baginya sebuah perbuatan baik untuk setiap pria beriman dan wanita beriman.” [Tabarani]

Memohoh pengampunan kepada Allah adalah cara yang ampuh untuk memaksimalkan Ramadhan kita.

Baca Juga : Contoh Dan Pengertian Jujur

  1. Menghadiri pengajian dan acara di Masjid

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يُعَلِّمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حَجَّتُه

“Siapa pun yang pergi ke masjid yang ia ingingkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajar apapun yang baik ia akan mendapatkan pahala haji yang sangat sempurna”.

[Tabarani]

  1. Mengajak seorang teman ke masjid untuk sholat.

Ramadan adalah bulan di mana mereka yang tidak pernah salat dapat mulai salat. Orang-orang yang hijrah ini perlu dituntun karena bisa jadi mereka takut akan cemoohan dan dicap sebagai ‘Muslim edisi Ramadan’ saja. Sebagaimana sebuah hadits, seorang pria bertanya kepada Sheikh Muhammad al Ghazali:

“Apa hukum seseorang yang tidak berdoa?”

Dia berkata:

“Putusannya adalah kau membawanya bersamamu ke Masjid.”

  1. Berbagai ilmu yang kita miliki

Setiap hari kita belajar sesuatu yang baik dan menambah pengetahuan. Jika kita membagikan apa yang kita dapat ini dengan orang lain, kita akan mendapatkan pahala yang sama.

“Siapa pun yang menuntun [orang lain] untuk melakukan perbuatan baik akan mendapatkan pahala yang serupa dengan orang yang melakukannya.” – Nabi Muhammad SAW.

  1. I’tikaf di masjid

Di bulan ramadan ini, banyak masjid yang membuka masjidnya lebar-lebar untuk digunakan sebagai tempat beri’tikaf.

“Siapa pun yang demi Allah melakukan satu hari i’tikaaf, Allah akan menjauhkannya dari neraka Jahannam sejauh 3 parit.”

Semoga dengan 13 amalan di bulan ramadan ini bisa menambah tingkat ketaqwaan dan keimanan kita. Ingatlah bahwa hal-hal kecil bertambah dan setiap hal kecil yang Anda lakukan diperhitungkan.

Kumpulan Amalan Bulan Ramadhan 30 Hari Penuh

(Visited 166 times, 1 visits today)
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *