6 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Diposting pada
Loading...

Kumpulan Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan selalu menjadi momen istimewa bagi orang-orang yang beriman, karena banyaknya berkah  di bulan ini. Pahala dan pengampunan dari Allah Swt. tersebar di setiap detik dan tempat selama bulan suci ini.

Seseorang yang menyadari betapa kecilnya persiapan yang ia miliki untuk menyambut Hari Penghitungan nanti, pastinya akan sangat senang menyambut bulan suci Ramadhan ini. Seseorang yang mengakui berapa banyak dosa yang telah dilakukannya, tidak akan memiliki perasaan lain selain kebahagiaan dan sukacita dalam menyambut Ramadhan.

Keutamaan Melakukan Sedekah Harta
Keutamaan Melakukan Sedekah Harta

Penjelasan Tentang Anjuran Dan Keutamaan Bersedekah

Salah satu pintu yang Allah buka untuk para hamba-Nya untuk mendapatkan pahala besar di bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam selalu menyarankan para pengikutnya untuk memberikan banyak amal, terutama selama bulan Ramadhan.

Memberikan sedekah adalah ciri dari orang yang bermurah hati. Allah dan utusan-Nya memerintahkan, bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang murah hati . Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah SWT, sebagaimana diungkapkan dalam hadits di bawah ini:

إن الله تعالى جواد يحب الجود ويحب معالي الأخلاق ويكره سفسافها

“Sungguh, Allah Ta’ala adalah Pemberi, Dia mencintai kemurahan hati dan sopan santun, Dia membenci perilaku buruk.” (HR. Al Baihaqi, dikelompokkan sahih oleh Al Albani di ‘Shahihul Jami’, 1744)

Dalam hadits ini, kita dapat menyimpulkan bahwa sikap keras kepala dan kikir adalah perilaku yang buruk dan bukan karakteristik dari cara orang beriman sejati. Sama seperti memohon sedekah bukanlah karakteristik orang beriman. Tetapi seseorang yang beriman adalah orang yang mau memberikan apa yang ia miliki kepada yang membutuhkan. Sebagaimana hadis di bawah ini :

اليد العليا خير من اليد السفلى واليد العليا هي المنفقة واليد السفلى هي السائلة

“Tangan di atas lebih baik dari tangan bawah. Tangan di atas adalah tangan pemberi, dan tangan di bawah adalah tangan pengemis. “(HR Bukhari dalam hadits no. 1429, Muslim dalam hadits no. 1033)

Selain itu, jika karakter yang dermawan didukung oleh pemahaman yang mendalam dalam pengetahuan agama, maka orang itu telah memiliki dua karakter; berpengetahuan, dan murah hati. Dua karakter itu akan menjadi posisi tertinggi yang pernah dimiliki oleh hamba Allah.

Artikel Lainnya : Amalan Untuk Bulan Ramadhan

Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadan

Ada banyak sekali keutamaan sedekah, di sini saya rangkum menjadi 6 keutamaan dalam melakukan sedekah, Di antara kebaikan di dalam memberi sedekah adalah:

1. Memberi sedekah dapat menghapus dosa seseorang

Nabi Muhammad Saw. mengatakan:

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

“Memberi sedekah dapat menghapus dosa seperti air berhenti menyala.” (HR. Tirmidzi, dikategorikan sahih oleh Al Albani di Shahih Di Tirmidzi, dalam hadits no. 614)

Dosa-dosa yang sudah diampuni harus segera diikuti oleh pertobatan dari dosa-dosa sebelumnya. Kemudian tidak seperti mereka yang melakukan korupsi, riba, mencuri, mengambil kekayaan anak yatim, dan sebelum mereka melakukannya, mereka telah merencanakan untuk memberikan sedekah setelahnya, sehingga dosa-dosa mereka akan dihapus. Tindakan ini dilarang, dan Allah Ta’ala berfirman:

أَفَأَمِنُوا مَكْرَ اللَّهِ فَلَا يَأْمَنُ مَكْرَ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْخَاسِرُونَ

“Apakah mereka merasa aman terhadap desain Allah? Tidak ada yang bisa merasa aman terhadap desain Allah kecuali yang kalah total. “(QS. Al A’raf: 99)

2. Seseorang yang memberi sedekah akan diberikan naungan di hari kiamat

Nabi Muhammad Saw. memberi tahu tentang 7 kelompok orang yang akan mendapatkan naungan pada hari kiamat di mana tidak ada naungan selain dari Allah. Salah satu kelompok adalah orang yang beramal:

رجل تصدق بصدقة فأخفاها ، حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه

“Seorang lelaki yang memberikan sedekah secara diam-diam sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang telah diberikan tangan kanannya.” (HR. Bukhari dalam hadits no. 1421)

3. Memberi sedekah membuat kekayaan seseorang menjadi lebih berkah

Utusan Allah –pertolongan dan doa Allah besertanya- mengatakan:

ما نقصت صدقة من مال وما زاد الله عبدا بعفو إلا عزا

“Kekayaan tidak akan berkurang dengan bersedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf akan mendapatkan pahala oleh Allah Swt.  ”(HR. Muslim, no. 2588)

Apa artinya tidak mengurangi kekayaan? Imam An Nawawi menjelaskan dalam karyanya ‘Syarh Shahih Muslim,’ bahwa: “Para ulama menyebutkan makna tersebut menjadi ti dua hal: Pertama, kekayaan akan diberkahi dan dilindungi dari bahaya. Dengan demikian kerugian akan ditutup dengan berkah ini. Berkah itu bisa dirasakan oleh indera, dan kebiasaan. Kedua, jika sebenarnya kekayaan terlihat berkurang, berkurangnya ini akan ditanggung oleh imbalan memberi sedekah, dan imbalannya memang akan berlipat ganda hingga berkali-kali. ”

4. Allah akan melipat gandakan pahala dari pemberi sedekah

Allah Ta’ala memutuskan,

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang memberi sedekah – apakah mereka laki-laki atau perempuan, -ia memberi pinjama kepada Allah dengan pinjaman yang indah dan akan dilunasi oleh dengan ganjaran yang meningkat berkali-kali; dan mereka akan menjadi pahala yang besar. “(QS. Al Hadid : 18)

5. Ada pintu Surga yang hanya akan dimasuki oleh pemberi sedekah

من أنفق زوجين في سبيل الله, نودي في الجنة يا عبد الله, هذا خير: فمن كان من أهل الصلاة دعي من باب الصلاة, ومن كان من أهل الجهاد دعي من باب الجهاد, ومن كان من أهل الصدقة دعي من باب الصدقة

“Siapa pun yang memberikan dua jenis (barang atau harta) dalam amal demi Allah, akan dipanggil darinya gerbang surga dan akan disapa,” Wahai hamba Allah! Inilah kemakmuran. ‘Jadi, siapa pun yang berada di antara orang-orang yang biasa salat, akan dipanggil dari gerbang shalat; dan siapa pun yang berada di antara orang-orang yang dulu berjihad, akan dipanggil dari gerbang Jihad; dan siapa pun yang termasuk di antara mereka yang biasa menjalankan puasa, akan dipanggil dari gerbang Ar-Raiyan; siapa pun di antara mereka yang dulu memberikan sedekah, akan dipanggil dari gerbang As-Shadaqa. “(HR Bukhari dalam hadits no. 3666, Muslim no. 1027)

6. Seseorang yang memberi sedekah akan damai dan bahagia di dalam hatinya

Nabi Muhammad Saw.memberi contoh yang baik tentang seorang pria yang murah hati dan orang kikir sebagai berikut:

مثل البخيل والمنفق, كمثل رجلين, عليهما جبتان من حديد, من ثديهما إلى تراقيهما, فأما المنفق: فلا ينفق إلا سبغت, أو وفرت على جلده, حتى تخفي بنانه, وتعفو أثره. فلا يريد أن ينفق شيئا إلا لزقت كل حلقة مكانها م فهو يوسعها ولا تتسع

“Contoh orang kikir dan pemberi sedekah adalah seperti contoh dari dua orang yang memakai dua jubah besi dari dada mereka sampai ke tulang leher mereka; dan ketika pemberi sedekah beramal, jubah menjadi luas sampai menutupi seluruh tubuhnya sedemikian rupa sehingga menyembunyikan jari-jarinya dan menutupi jejak kakinya (melenyapkan jejaknya). Dan ketika orang kikir ingin menghabiskan, itu (yang tongkat besi) menempel dan (cincinnya) setiap cincin menempel di tempatnya, ia mencoba melebarkannya, tetapi cincin itu tidak menjadi lebar. ”(HR Bukhari dalam hadits no. 1443)

Seperti itulah keutamaan sedekah di bulan Ramadan, semoga kita semua termasuk dalam orang-orang yang rajin bersedekah. Amin….. Pesan dari admin, junjung tinggi nilai-nilai keagamaanmu dengan berperilaku jujur, jujur kepada Tuhanmu, ke Orang tuamu dan keluargamu. Sekian dan terimakasih.

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

(Visited 182 times, 1 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *