Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadan

3 min read

Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadan – Bulan ramadan adalah bulan yang diberkati karena bulan tersebut adalah bulan di mana alquran diturunkan. Pahala untuk puasa dan sholat di bulan ramadan ini begitu besar, sehingga Nabi صلى الله عليه وسلم menyatakan,

“Siapa pun yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman yang tulus dan mengharapkan pahala, maka semua dosa masa lalunya akan diampuni, dan siapa pun yang berdiri untuk shalat di lailatul qodar karena iman yang tulus dan mengharapkan imbalan, maka semua dosa sebelumnya akan diampuni. ”

Ramadan memberikan tiga kesempatan kepada umat muslim untuk mendapatkan pengampunan atas semua dosanya. Dengan berpuasa di bulan ramadan, maka hal itu bisa melembutkan hati, membuat seseorang lebih reseptif dan rendah hati terhadap bacaan Al-Qur’an. Mungkin kedua hal itulah yang bisa menghubungkan puasa dan sholat malam, dua tindakan ibadah yang paling khas di bulan ini.

Penting untuk dicatat bahwa hubungan umat muslim dengan Al-Qur’an di bulan Ramadan ini tidak boleh terbatas hanya pada sholat Tarawih saja tapi juga harus mengabdikan diri untuk mempelajari dan membaca Al-Qur’an  juga.

Ibn ‘Abbas meriwayatkan, “Utusan Allah (صلى الله عليه وسلم) adalah orang yang paling dermawan, dan dia akan menjadi yang paling dermawan di bulan Ramadhan karena Jibril akan datang kepadanya setiap malam dan dia akan mempelajari Alquran dengan dia. Sungguh, ketika Utusan Allah (صلى الله عليه وسلم) akan bertemu dengan Jibril, ia akan lebih bermurah hati dari angin sepoi-sepoi. ”[Disetujui Sebelumnya]

Sayangnya, sebagian besar dari kita tidak mau dan malas dalam membaca Al-Qur’an. Namun di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, umat muslim harus mendekatkan diri dengan Al-Qur’an.

Keutamaan Membaca Al-qur'an
Keutamaan Membaca Al-qur’an

Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadan

Ramadhan bukan hanya bulan untuk berpuasa saja, lebih dari itu, ramadan adalah bulan dimana Allah menurunkan Al-Quran. Karena itu membaca Al-Quran harus menjadi prioritas selama bulan ramadan ini.

Sudah menjadi sifat kita sebagai umat Islam yang suka mendengar bacaan Al-Quran yang indah, namun banyak dari kita tidak memiliki suara yang bagus dan rasanya masih malas untuk membaca Al-Quran.

Jika kita berasal dari latar belakang non-Arab, kita mungkin tidak pernah belajar bahasa Arab. Bahkan jika kita seorang Muslim yang baru yang membaca Quran untuk pertama kalinya, pastinya tidak dapat disangkal bahwa kita akan kesulitan dalam membaca Alquran.

Kita mungkin akan gagap dan tersandung ketika mencoba untuk membuat kata-kata. Namun, tidak berarti apakah ini alasan bagi kita untuk merasa dirugikan, dikalahkan, atau tertekan. Tidak berarti kesulitan tersebut adalah alasan untuk menyerah, karena  apa yang kita dapatkan untuk membaca Al-Quran adalah dua kali lipatpahala yang akan diterima orang lain.

Seperti yang dikatakan Nabi ﷺ:

Sesungguhnya orang yang membaca Al-Qur’an dengan indah, lancar, dan tepat, ia akan ditemani oleh para malaikat yang mulia dan patuh. Dan bagi orang yang membaca dengan susah payah, terbata-bata atau tersandung ayat-ayatnya, maka dia akan mendapat ganjaran dua kali lipat. ” (Sahih)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم juga berkata,

“Siapa pun yang membacakan surat dari Kitab Allah, ia termasuk ke dalam perbuatan baik, dan perbuatan baik mendapat pahala sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan bahwa Alif-Lam-Mim adalah satu huruf, tetapi Alif adalah sebuah huruf, Lam adalah sebuah huruf dan Mim adalah sebuah huruf. ”

Lalu bagaimana dengan membaca Al-Quran di bulan Ramadhan? Dengan membaca Al-Qur’an di bulan ramadan ini, maka kita akan mendapatkan lebih banyak berkah. Berkah inilah yang akan kita dapatkan ketika kita melakukan perbuatan wajib dan perbuatan baik selama bulan itu.

Membaca Alquran di Bulan Ramadan Mempunyai Banyak Keutamaan

Selain bersedekah Membaca Al-Quran dalam bulan Ramadhan adalah salah satu perbuatan yang membawa keridhaan Allah karena Allah melihat bahwa ciptaannya tidak hanya membaca kata-kata-Nya tetapi juga memahaminya tanpa gangguan dan penghalang setan, yang dikunci selama sebulan.

Pembacaan Al-Quran dalam bulan Ramadhan memiliki kepentingan khusus karena  bulan ini Alquran diturunkan kepada Nabi (SAW) dan menjadi sumber pedoman dan bimbingan yang lengkap bagi kita.

Jadi kita harus membayangkan bulan Ramadhan sebagai jackpot bagi kita umat Islam. Membaca alquran akan membahwa pahala bagi kita orang-orang yang beriman kepada Allah karena Allah telah berjanji bahwa pahala untuk berbuat baik di bulan ini adalah yang terbaik.

Ya, sadengan berpuasa dan membaca alquran bisa menghapus semua dosa-dosanya dan memberi kita kesempatan untuk memulai lagi. Jadi mengapa kita tidak mau mengaamalkannya?

Allah memberkati orang yang membaca Al-Quran di bulan ramadan, memberikan pahala untuk setiap huruf yang diucapkan dari mulut orang beriman Islam dan Al-Quran.

Nabi Suci (SAW) berkata, tentang membaca Al-Quran di bulan ramadan seperti melakukan tujuh puluh tindakan wajib di lain waktu.  Jadi 70 kali pahala per surat Al-Qur’an.

Lalu untuk mereka yang berjuang  membaca Al-Quran, pahalanya menjadi dua kali lipat! Ini karena Allah, Subhanwatallah tidak menilai kualitas bacaan melainkan kriteria penilaiannya sangat berbeda untuk kriteria manusia. Allah, Yang Maha Pemurah, melihat tingkat upaya orang beriman dan memberi mereka imbalan yang sesuai. Jadi jika seseorang terlambat belajar, gagap tetapi berusaha sekuat tenaga untuk membaca Quran dengan benar, Allah akan membalasnya dengan lebih besar.

Bacaan Al-Qur’an adalah hal yang penting karena diberkati dalam bulan Ramadhan. Apalagi pada bulan ini malaikat Jibril akan mengunjungi Nabi Muhammad (SAW) setiap malam di bulan Ramadhan dan mempelajari firman Allah bersamanya.

Lalu pada malam lailatul qodar, Al-Quran dibacakan oleh malaikat dengan sangat senang karena ini adalah malam yang baik, yang akan memberikan banyak pahala. Tentu saja bulan Ramadhan adalah bulan yang enar-benar diberkati.

Membaca Al-Quran selama bulan Ramadhan membawa rasa tanggung jawab yang besar kepada Allah yang tidak kita sadari di waktu lain. Ketika kita mempelajari lebih dalam mengenai firman atau kata-kata Allah, kita menyadari bahwa Quran adalah pengingat yang terus-menerus.

Ya, kita sebagai umat muslim percaya bahwa kita harus bertindak sesuai dengan perintah-perintah Allah, jangan berbuat dosa, fitnah, berbohong, terutama selama bulan Ramadan sebagai usaha menjaga puasa kita.

Nah, cara yang lebih baik untuk menghindari semua perbuatan dosa tersebut adalah dengan menghabiskan puasa Anda untuk mengingat Allah dan membiarkan Quran bertindak sebagai pengingat sementara Anda.

Firman Yang Menerangkan Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Allah berfirman dalam Al Qur’an:

“Sebuah Kitab, yang telah Kami wahyukan kepadamu agar ayat-ayatnya dapat direnungkan, sehingga orang-orang yang berakal dapat diingatkan.” Itulah yang Allah harapkan untuk dicapai umat manusia, pengingat akan iman mereka, Keesaan Allah dan Hari Penghakiman, semua ini disebutkan dalam Al Qur’an.

Seperti itulah pahala yang akan didapatkan oleh seorang umat muslim yang mau membaca alquran di bulan ramadan. Semoga bermanfaat.

Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadan

(Visited 270 times, 1 visits today)
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *