Keutamaan Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW

Posted on

Hay sobat, pernahkah kamu bersholawat kepada Nabi Muhammad? Berapa kali kamu bersholawat kepada beliau dalam sehari? Atau malah tidak sama sekali. Jangan sampai kamu meninggalkan untuk bersholawat ya.

Karena agama islam memberikan peluang ibadah dalam setiap hal yang umatnya lakukan, termasuk melantunkan shalawat atas nabi.  Sholawat atas Nabi atau Rosulullah menjadi setiap iringan dalam hembusan nafas yang kamu lakukan. Cukup dengan mengutarakannya atau cukup membacanya di dalam hati.

Ibadah yang selalu diterima dan tidak akan pernah di tolak meskipun kita melakukannya dengan bermain-main maupun untuk riya’ dan sebagainya adalah bersholawat kepada Nabi SAW.

Macam-Macam Sholawat

Berikut ini beberapa macam-macam sholawat :

  1. Sholawat Nariyah / Tafrijiyah
  2. Sholawat Munjiyat
  3. Sholawat Badawiyah
  4. Sholawat  Kubro
  5. Sholawat Kamaliyah
  6. Sholawat Ibrahimiyah
  7. Shalawat Basyairul Khairat
  8. Shalawat Al-Fatih
  9. Shalawat Sa’adatud-Darain
  10. Shalawat Ra’ufurahhim
  11. Sholawat Bariyyah
  12. Shalawat Alfiyyah
  13. Shalawat Al-Qadril ‘Azhim
  14. Shalawat Al-Qurasyi
  15. Shalawat An-Nabiyyul Ummi
  16. Sholawat Nuridzati
  17. Shalawat Syifa’ (Obat)
  18. Shalawat Tibbil Qulub
  19. Shalawat Ahmad Shibagh
  20. Shalawat Ar-Rizqi
  21. Shalawat Kunuzul Asrar
  22. Shalawat Ibnu Mas’ud
  23. Shalawat Ighatsah
  24. Shalawat Badar (Badriyah)
  25. Shalawat Asnawiyyah
  26. Sholawat Rekais
  27. Sholawat Nurul Anwar
  28. Sholawat  Quthbul Aqthab

Keutamaan Bacaan Sholawat Nabi

Dalam dasar hukum Islam, sudah memberikan banyak kemudahan dalam ibadah seperti halnya sholawat contohnya. Sholawat sangat baik di lakukan untuk mengiringi setiap hembusan dari nafas kamu, hanya dengan mengucapkannya dalam hati.

Manfaat dan keutamaan dari sholawat sendiri juga sangatlah banyak dan menjadi salah satu ibadah yang agung. Seperti sabda Rasulullah SAW : “Jika orang bershalawat kepadaku, maka para malaikat juga akan medoakan keselamatan baginya, untuk itu bershalawatlah, baik sedikit maupun banyak. “ [HR. Ibnu Majah dan Thabrani].

Keutamaan Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW

Dari hadits diatas dapat di lihat jika melakukan sholawat akan memberikan banyak keutamaan dan juga kebaikan. Berikut ini hikmah bersholawat :

Diutamakan Saat Kiamat

Seseorang yang rutin membaca sholawat, maka pada kiamat nanti akan lebih diutamakan dari sekian banyak orang yang lainnya.

Mendatangkan Rahmat dan Kurnia Allah SWT

Doa dan juga permohonan akan memberikan dampak baik untuk mendatangkan rahmat serta karunia dari Allah SWT. Sholawat sendiri merupakan doa agar keinginan kita tercapai, sehingga seseorang yang bersholawat juga berarti sudah mengundang kedatangan dari karunia serta segala nikmat dari Allah SWT.

Memperoleh Nilai Kebanggaan Tersendiri

Sebagai umat yang sangat dibanggakan Allah SWT, sudah sepatutnya kita juga mencintai Rasulullah SAW dengan cara selalu menyebutkan nama beliau setiap kali bersholawat untuk-nya.

Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

Allah SWT pernah bertitah pada Nabi Musa As. Apabila ingin Allah lebih dekat pada Nabi Musa, maka Allah SWT memerintahkan beliau untuk banyak bersholawat.

Diangkat 10 Derajat dan Dihapus 10 Keburukan

Sholawat yang dilakukan 1 kali saja sudah akan mendatangkan pengangkatan 10 derajat orang tersebut dan juga akan dihapuskan 10 kali kesalahannya. Bisa dibayangkan jika sholawat dilakukan secara terus menerus, maka akan banyak kesalahan yang dihapus dan juga akan mengangkat derajat berkali kali lipat.

Menolak Bencana dan Pemenuhan Hajat

Beberapa sholawat juga mempunyai manfaat khusus yang berbeda-beda untuk setiap pembacanya. Salah satunya adalah sholawat Munjiyat yaitu shalawat yang sangat berguna untuk menolak segala sesuatu bencana, menghadapi musibah dalam Islam sekaligus pemenuhan hajat yang terbilang besar bahkan untuk kebutuhan mendesak dengan menggunakan cara tertentu yang sudah ditetapkan.

Ada Disisi Nabi Saat Sakratul Maut

Seseorang yang secara teratur membacakan sholawat juga mempunyai keutamaan berupa penghargaan yang sangat besar dimana Nabi Muhammad akan hadir di sisi orang tersebut saat sedang menghadapi sakratul maut.

Baca Juga : Sejarah Maulid Nabi

Diberikan Pengampunan Dosa

Membacakan sholawat juga akan memberikan pengampunan dosa besar dalam Islam yang di dasari dengan keimanan seorang mukmin, kecintaan dan juga keikhlasan pada saat membacakan sholawat tersebut.

Menjauhkan Kefakiran dan Mendekatkan Keberkahan

Seseorang yang membacakan sholawat akan mendapatkan keutamaan berupa dijauhkan dari kefakiran dan juga mendapatkan kelimpahan keberkahan dan juga kebaikan.

Mendapatkan Keberkahan Turun Temurun

Bagi mereka yang sering membaca sholawat juga akan mendapatkan kebaikan serta keberkahan yang melimpah bahkan sampai ke anak dan cucu-cucu mereka.

Bacaan Sholawat Nariyah Dan Artinya

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ نِالَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلٰى آلِهِ وَصَحْبِهِ فيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

(Alloohumma sholi sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdhoo bihil hawaa-iju wa tunaalu bihir-roghoo-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihii fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka)

“Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah, di curahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan sebanyak pengetahuan bagiMu”.

Demikian lah Keutamaan Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW, semoga kamu semakin semangat lagi untuk membaca sholawat atas Nabi setelah mengetahui beberapa keutamaanya.

(Visited 123 times, 3 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Rofiana Fika Sari, saya sebagai penulis dalam blog ini. Semoga apa yang saya bagikan didalam artikel dapat menambah keilmuan anda dan semoga bermanfaat Amin.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *