Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Fungsi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

4 min read

Hello sobat yang budiman, senang sekali rasanya saya bisa menyapa kalian semua disini. Karna pada kesempatan kali ini saya akan mengulas materi mengenai Fungsi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia.  Sahabat Idpengertian.com tahukah kalian sitem peredaran darah adalah suatu sistem organ yang berfungsi untuk memindahkan zat ke dan dari sel.

Sobat, tubuh manusia memiliki sistem peredaran darah yang berperan untuk mengalirkan nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Akan tetapi, tidak hanya menyalurkan kedua zat tersebut. Mimin masih punya banyak lagi fungsi lain yang dimiliki oleh Fungsi Sistem Peredaran Darah Manusia, untuk lebih memahaminya yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Fungsi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia
Fungsi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Fungsi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia_Peredaran darah manusia adalah transportasi hormon, oksigen dan nutrisi, pembuangan limbah, stabilisasi pH cairan tubuh, pemeliharaan suhu tubuh, dan memerangi infeksi baik yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan patogen. Dalam memerangi infeksi dicapai dengan cara mengangkut sel-sel darah putih.

Fungsi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Dalam sistem peredaran darah pada manusia, darah merupakan suatu cairan yang sangat penting bagi tubuh kita. Dan salah satu fungsi darah ialah sebagai pengangkut atau menyalurkan berbagai zat-zat penting dalam tubuh kita ke seluruh bagian tubuh manusia. Disamping itu masih banyak lagi fungsi dari sistem peredaran darah manusia ini, diantaranya:

  • Mempunyai peran penting dalam mengangkut sari-sari makanan yang berasal dari usus ke seluruh bagian tubuh kita.
  • Berguna untuk menyalurkan oksigen yang berasal dari organ pernafasan paru-paru dan juga mendistribusikan ke seluruh tubuh. Dan selain itu juga mengangkut karbondioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru.
  • Mempunyai fungsi untuk mengangkut hormon dari tempat produksinya menuju ke beberapa bagian tubuh yang membutuhkan.
  • Dapat berperan mengangkut berbagai zat sisa hasil metabolisme sel menuju ke organ ekskresi yaitu ginjal.
  • Mempunyai manfaat untuk menjaga kestabilan temperatur pada tubuh agar tetap berada disuhu antara 36-37 derajat celcius.
  • Disamping itu dara juga berfungsi untuk membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh kita.

Baca Juga : Bagian-Bagian Jantung dan Fungsinya

Organ-Organ Sistem Peredaran Darah Manusia

Suatu darah tidak mungkin dapat mengalir dengan sendirinya ke seluruh tubuh. Dan dibutuhkan mesin pemompa agar darah dapat mengalir di dalam tubuh, organ tersebut adalah jantung. Pada darah yang terdapat di dalam tubuh akan tetap terus berada di dalam pembuluh-pembuluh darah, yaitu pada pembuluh besar dan pembuluh kecil.

Organ Jantung

Pada jantung terdapat di rongga dada, dilapisi oleh membran pelindung yang disebut perikardium. Dan dinding jantung terdiri berasal dari jaringan kuncir padat yang membentuk otot jantung dan suatu kerangka fibrosa. Suatu serabut otot jantung beranastomosis secara erat dan bercabang-cabang.

Struktur Jantung

Dalam jantung mamalia dan manusia memiliki empat ruangan, yakni ventrikel kiri dan kanan dan atrium kiri dan kanan. Bila dibandingkan dengan dinding ventrikel, dinding atrium bentuknya lebih tipis, dikarenakan ventrikel pada jantung harus bekerja lebih kuat agar dapat memompa darah ke seluruh organ tubuh kita.

Cara Kerja Jantung

Dalam darah kotor berasal dari tubuh masuk ke atrium kanan, sesudah itu melalui katup yang disebut katup trikuspid mengalir ke ventrikel kanan. Suatu trikuspid berhubungan bersama terdapatnya tiga daun jaringan yang terdapat di lubang pada ventrikel kanan dan atrium kanan. Dalam kontraksi ventrikel akan menutup katup trikuspid, tetapi mengakses katup pulmoner yang terdapat pada lubang masuk arteri pulmoner.

Pada darah yang masuk ke dalam arteri pulmoner akan diteruskan ke paru-paru kiri dan kanan, dimana masing-masing dialirkan melalui cabang-cabang arteri sebelah kiri. Dalam arteri-arteri ini bercabang sampai membentuk arteriol

Pada arteriol-arteriol mengalirkan darah ke pembuluh kapiler di dalam paru-paru. Dan disitulah darah melepaskan karbon dioksida dan mengikat oksigen. Lalu kemudian, darah diangkut oleh pembuluh darah venul yang mempunyai fungsi sebagai saluran anak yang berasal dari vena pulmoner.

Dari empat vena pulmoner (dua berasal dari tiap tiap paru-paru) mempunyai darah kaya oksigen ke atrium kiri jantung. Dan hal tersebut merupakan bagian sistem sirkulasi yang dikenal sebagai sistem peredaran darah pendek/kecil (pulmoner).

Pada atrium kiri, darah mengalir ke ventrikel kiri melalui katup bikuspid. Itu disebabkan kontraksi ventrikel katup aortik pada lubang masuk ke aorta akan terbuka dan menyebabkan katup bikuspid menutup. Dan cabang-cabang yang pertama berasal dari aorta terdapat tepat di dekat katup aortik. Kemudian dua lubang menuju ke arteri-arteri koroner kiri dan kanan.

Tekanan Darah dan Denyut Jantung

Suatu otot jantung memiliki kekuatan untuk berdenyut sendiri secara terus menerus. Dalam sebuah sistem terintegrasi yang berada di dalam jantung mengawali denyutan dan merangsang ruang-ruang pada jantung secara sistematis.

Sebuah impuls menyebar ke semua bagian atrium dan ke simpul atrioventrikel. Lalu kemudian, dorongan akan dilanjutkan ke otot ventrikel melalui serabut purkinje. Dan hal ini berjalan cepat supaya kontraksi ventrikel merasa pada apeks jantung dan menyebar bersama cepat ke arah pangkal arteri besar yang meninggalkan jantung.

Pembuluh Darah

Suatu pembuluh darah merupakan jalur bagi darah yang mengalir berasal dari jantung menuju ke jaringan tubuh, dan sebaliknya. Selain itu pembuluh darah sanggup dibagi jadi tiga macam, yaitu pembuluh kapiler, pembuluh vena dan pembuluh nadi.

Pembuluh Kapiler

Sebuah pembuluh kapiler adalah pembuluh darah kecil yang miliki diameter kurang lebih sebesar sel darah merah, yaitu 7,5 μm. Walaupun diameter sebuah kapiler benar-benar kecil, kuantitas kapiler yang timbul berasal dari sebuah arteriol tergolong besar supaya keseluruhan daerah sayatan melintang yang tersedia untuk aliran darah meningkat. Dan pada orang dewasa kurang lebih terdapat 90.000 km kapiler.

Pada dinding kapiler terdiri atas satu lapis sel epitel yang permiabel daripada membran plasma sel. Dalam Asam amino, Glukosa, Oksigen, serta berbagai ion dan zat lain yang dibutuhkan secara gampang sanggup berdifusi lewat dinding kapiler ke dalam cairan interstitium mengikuti gradien konsentrasinya. Dan sebaliknya, limbah nitrogen, karbon dioksida, serta hasil sampingan metabolisme lain sanggup bersama gampang berdifusi ke dalam darah.

Pembuluh Vena

Suatu Pembuluh vena (pembuluh balik) merupakan pembuluh darah yang mempunyai darah ke arah jantung. Se;ain itu, pembuluh balik terdiri atas tiga lapisan, seperti pembuluh arteri. Lalu dari susunan dalam ke arah luar adalah endotel, otot polos dan jaringan elastik, serta jaringan ikat fibrosa.

Dalam sepanjang pembuluh vena, terdapat katup-katup yang menahan darah ulang ke jaringan tubuh. Dan pembuluh vena terdapat lebih ke permukaan terhadap jaringan tubuh daripada pembuluh arteri.

Pembuluh Nadi

Suatu pembuluh nadi (pembuluh arteri) merupakan pembuluh darah yang mempunyai darah berasal dari jantung menuju kapiler. Dan arteri vertebrata dilapisi endotel dan miliki dinding yang relatif tidak tipis yang memiliki kandungan otot polos dan jaringan ikat elastis. Selain itu, arteri condong terdapat agak lebih dalam di jaringan badan.

Pada dinding arteri besar (aorta) yang nampak berasal dari jantung banyak memiliki kandungan jaringan ikat. Dari kekuatan tiap sistol ventrikel mendorong darah ke dalam arteri dan melebarkannya supaya sanggup menampung darah tersebut. Kemudian pada pas diastol, kelenturan dinding bagian pertama arteri selanjutnya menunjang mendorong darah ke bagian arteri yang jadi lebar. Dan elastisitas arteri yang besar itu mengubah arus darah jadi tenang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai fungsi system peredaran darah yang saya sajikan untuk kalian semua. Semoga dapat bermanfaat dan juga menambah informasi kalian semua ya, terima kasih.

 

(Visited 4.042 times, 1 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *