Fungsi Heksosa dan Pentosa dengan Pengertianya

Diposting pada

Hay sobat Idpengertian.com semua, senang sekali rasanya saya dapat menyapa kalian semua hari ini. Sobatku semua tahu gak apa itu heksosa dan pentosa? jika belum, jangan khwatir sobat, karena pada kesempatan kali ini saya akan mengulasnya untuk kalian semua. Simak pembahasannya di bawah yuk!

Fungsi Heksosa dan Pentosa dengan Pengertianya
Fungsi Heksosa dan Pentosa dengan Pengertianya

Fungsi Heksosa dan Pentosa dengan Pengertianya_Monosakarida terdiri dari berbagai jenis yang di dasarkan berdasarkan jumlah atom karbon dalam molekulnya, contohnya adalah pentosa. Berikut ini adalah pengertian serta fungsi dari heksosa dan pentosa yaitu :

Heksosa

Heksosa adalah monosakarida yang mengandung 6 atom C. Dapat di bedakan menjadi aldoheksosa (heksosa yang mengandung gudus aldehid), misalnya glukosa, galaktosa, dan manosa, dan ketoheksosa (heksosa yang mengandung gugus keton), misalnya fruktosa.

Dan glukosa adalah jenis monosakarida yang paling banyak terdapat di alam. Pada umumnya di jumpai dalam buah-buahan yang masak (terutama anggur dan kurma) dan madu lebah. Glukosa terdapat juga dalam darah manusia, sehingga sering disebut gula darah. Dalam darah manusia normal mengandung glukosa dalam konsentrasi yang konstan, yaitu antara 70-100 mg tiap 100 ml darah. Glukosa darah akan naik jika kita makan makanan yang bersumber karbohidrat, tetapi setelah 2 jam jumlah glukosa darah akan kembali pada keadaan semula, karena oleh hormon insulin (yang dihasilkan kelenjar pankreas) glukosa diubah menjadi glikogen. Bila kadar glukosa darah lebih besar dari 130 mg/100 ml, maka orang tersebut diindikasikan menderita penyakit diabetes melitus (kencing manis).

Galaktosa di alam selalu terikat dengan molekul lain (tidak pernah sebagai galaktosa bebas), dibutuhkan tubuh untuk mensintesis laktosa dalam kelenjar susu, dan Merupakan komponen penting pada glikolipida yang terdapat di dalam otak dan di selaput mielin syaraf.

Pada manosa sebagian terdapat bebas di alam dan sebagaian lagi terikat pada tumbuhan dan pada organisme hewan terdapat sebagai bagian dari glikoproteida dan sebagai substansi golongan darah.

Dan fruktosa merupakan gula yang paling manis (rasa manisnya kurang lebih dua kali rasa manis glukosa), bersama-sama dengan glukosa merupakan komponen utama dari madu, dan dapat dibuat dengan menghidrolisis sakarosa (gula tebu) atau inulin.

Baca Juga : Pengertian Antosianin Dan Manfaatnya

Pentosa

Pentosa adalah monosakarida yang mengandung 5 atom C. Dapat di bedakan menjadi aldopentosa (pentosa yang mengandung gudus aldehid), misalnya ribosa, deoksiribosa, arabinosa, lixosa, dan xilosa; dan ketopentosa (pentosa yang mengandung gugus keton), misalnya xilulosa.

Suatu ribosa terdapat di alam terikat sebagai asam ribonuklear (RNA) merupakan komponen setiap inti sel dan plasma sel. Pada deoksirinosa terdapat di alam terikat sebagai asam deoksiribonukleat (DNA) dan merupakan komponen setiap inti sel dan plasma sel. Suatu arabinosa di peroleh dari proses hidrolisis gom Arab (salah satu produk getah/resin yang dihasilkan dari penyadapan getah pada batang tumbuhan legum/polong-polongan dengan nama ilmiah Acacia senegal). Pada gon Arab banyak di pakai dalam industri makanan dan di gunakan sebagai campuran minuman untuk mengurangi tekanan permukaan (surface tension) air dan stabilizer. Lixosa diperoleh dari proses hidrolisis terhadap jerami atau kayu. Xilosa terdapat pada urine seseorang yang disebabkan oleh kelainan pada metabolisme karbohidrat. Kelainan seseorang sedemikian itu disebut pentosuria. Xilulosa terdapat pada buah ceri dan anggur.

Suatu Pentosa adalah suatu monosakarida yang memiliki lima atom karbon, dengan satu gugus fungsi aldehida pada posisi 1 (aldopentosa) atau keton pada posisi 2 (ketopentosa).

Pada Aldopentosa memiliki tiga pusat kiral “atom karbon asimetris” sehingga terdapat delapan stereoisomer.

Molekul 4-D-aldopentosa:

CH=O        CH=O          CH=O         CH=O

|           |             |            |

HC-OH     HO-CH           HC-OH      HO-CH

|           |             |            |

HC-OH       HC-OH       HO-C         HO-CH

|           |             |            |

HC-OH       HC-OH         HC-OH        HC-OH

|           |             |            |

CH2OH       CH2OH         CH2OH        CH2OH

D-Ribosa    D-Arabinosa   D-Xilosa    D-Liksosa

Demikianlah ulasan singkat mengenai fungsi dari heksosa dan juga pentosa beserta pengertiannya, yang telah saya rangkum untuk kalian semua. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat Idpengertian di manapun kalian berada, terima kasih atas kunjungannya.

(Visited 422 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *