Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Wajib Tau 4 Fungsi Dan 5 Cara Cek IMEI Handphone Android

2 min read

Cek Emai Handphone

Imei (International Mobile Equipment Identity) dari sebuah ponsel sangat berperan penting. Bahkan di beberapa negara maju, jika ponsel hilang, ponsel tersebut dapat di deteksi keberadaannya hanya dengan menggunakan nomor IMEI. Itu sebabnya cara cek Imei HP penting untuk diketahui mengingat fungsi dari Imei HP tersebut.

Imei HP terdiri dari deretan angka yang panjang, jadi sangat jarang orang yang menghafal nomor Imei HP mereka, disamping itu karena memang Imei HP sangat jarang digunakan, hanya digunakan untuk hal-hal atau kasus tertentu saja.

Artikel Lainnya : Cara Membuat Animasi Di Power Point

Sesuai dengan namanya, Imei terdiri dari kode unik yang merupakan identitas dari ponsel tersebut. Semua handphone memiliki nomor Imei, dan nomor Imei dari semua ponsel tersebut berbeda-beda atau unik, tidak satupun ponsel yang memiliki nomor Imei yang sama.

4 Fungsi Imei HP

Beberapa fungsi Imei dari HP yang menunjukkan pentingnya Imei tersebut antara lain adalah:

  1. Sebagai nomor identitas dari setiap produksi Handphone, dibuat pada saat produksi dan dicantumkan pada dus saat pembelian Handphone.
  2. Nomor Imei dapat digunakan untuk mencegah atau mengatasi masalah penyalahgunaan ponsel. Dengan adanya Imei tersebut, maka Anda dapat memblokir ponsel yang dicuri maupun di sabotase oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  3. Melacak keberadaan handphone saat terjadi pencurian. Seperti yang dijelaskan diatas, hal ini sudah banyak dilakukan oleh negara-negara maju. Anda bisa menyerahkan nomor Imei kepada pihak kepolisian untuk dilakukan pelacakan.
  4. Nomor Imei ini akan menunjukkan tipe, merk dan perusahaan pembuat dari handphone tersebut. Untuk setiap merk handphone memiliki kode masing-masing, dengan begitu Anda bisa mengetahui apakah handphone yang Anda gunakan asli atau palsu.

5 Cara Cek Imei HP

Untuk mengecek nomor IMEI sebuah ponsel pada umumnya memiliki persamaan cara untuk semua merk ponsel. Namun memang ada sedikit perbedaan untuk beberapa merk tertentu. Cara-cara untuk mengetahui nomor IMEI adalah sebagai berikut:

  1. Dari dus Handphone

Pada saat baru membeli sebuah handphone baru, maka Anda akan mendapatkan dusnya juga, dan dalam dus tersebut akan menampilkan nomor Imei dari handphone. Anda harus pastikan bahwa nomor Imei pada dus sama dengan yang ada di ponsel, untuk mencegah kemungkinan penukaran dus atau handphone yang disebut dengan istilah tukar guling.

  1. Dari Menu Panggilan

Buka menu Call atau Panggilan keluar, lalu ketik kode *#06#, tekan Call seolah-olah Anda akan melakukan panggilan keluar. Maka nomor Imei dari ponsel Anda akan tertera di layar monitor ponsel.

  1. Melihat dari menu Setting

Pilih menu Setting pada ponsel Anda, lalu pilih menu About dari dalam menu Setting tersebut. Setelah Anda tekan, maka akan muncul nomor Imei handphone Anda tersebut. Untuk beberapa merk ponsel seperti Oppo, maka setelah menu About, Anda masih harus ketik menu Status dahulu, maka nomor Imei akan muncul.

  1. Melihat pada body ponsel

Anda bisa melihat nomor Imei pada body ponsel Anda dengan melepas casing terlebih dahulu. Jika ponsel memiliki tipe baterai tanam, maka letak nomor Imei berada di atas baterai. Namun jika ponsel tersebut memiliki model baterai yang bisa dicabut, maka Anda harus mencabut baterai terlebih dahulu untuk melihat nomor Imei ponsel.

  1. Dengan menggunakan aplikasi

Cara cek Imei HP juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi misalnya aplikasi Antutu Benchmark, yang memiliki kelebihan dimana nomor atau kode Imei yang ditampilkan beserta detail dari ponsel tersebut.

Dari data tersebut Anda bisa bandingkan dengan website resmi dari ponsel Anda, misalnya ponsel dengan merk Oppo maka Anda bisa cek di website Oppo, untuk melihat keaslian dari ponsel tersebut.

Baca Juga : Cara Mengetahui Email Facebook Sendiri

Aplikasi ini memang cukup berat, memakan memori yang cukup banyak dalam handphone. Namun aplikasi Antutu Benchmark ini memiliki performa yang bagus dan berkualitas sehingga banyak digunakan para pengguna smartphone.

Tentu saja cara cek Imei HP diatas dapat dilakukan jika ponsel berada dalam tangan Anda. Bagaimana jika kondisinya ponsel dicuri atau hilang, dan Anda butuh nomor Imei untuk memblokir ponsel tersebut? Satu cara yang paling memungkinkan memang dari kardus ponsel tersebut.

Dan masalah lagi jika kardusnya juga tidak ada, mungkin hilang atau tidak terbawa saat Anda pindah rumah, maka disinilah pentingnya Anda untuk mencatat nomor Imei Hp Anda di media lain seperti dalam buku catatan atau menyimpan dalam email.

 

(Visited 30 times, 1 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

10 Cara Screenshot Tanpa Menggunakan Aplikasi Di Hp, Komputer…

Screenshot merupakan pengambilan gambar dari layar ponsel maupun PC atau laptop, namun tidak menggunakan kamera. Biasanya screenshot dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun...
Azqiara
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *