Contoh Soal UKOM Keperawatan Beserta Jawabanya

Diposting pada

Hello sahabat Idpengertian.com yang budiman, jumpa lagi dengan saya khiky phusphita sary selaku admin Idpengertian. Kali ini saya akan membahas tentang Contoh Soal UKOM Keperawatan beserta Jawabannya untuk kalian semua.

Dalam dunia keperawatan ada banyak sekali materi yang perlu di pahami. Dan berikut ini akan saya berikan 9 Contoh Soal UKOM Keperawatan beserta Jawabannya yaitu.

Contoh Soal UKOM Keperawatan Beserta Jawabanya
Contoh Soal UKOM Keperawatan Beserta Jawabanya

Contoh Soal UKOM Keperawatan

Berikut ini adalah 9 Contoh Soal UKOM Keperawatan beserta jawaban dan uraiannya yaitu :

1.Seorang wanita yang berusia 74 tahun masuk dengan keluhan sesak, saat ini perawatan hari ke 3. Hasil pengkajian di dapatkan pasien batuk di sertai lendir, ronchi pada semua lapang paru. TTV : TD = 120/80 mmHg, N =56x/mnt P =26x/mnt dan S =36:C. Hasil EKG : bradikardia, Q patologis II,III,AVF,V5-V6. Hasil Thoraks: efusi pleura kanan dan LVH.

Pertanyaan soal:

Apakah diagnosa keperawatan pada kasus di atas?

Pilihlah jawaban di bawah ini!

a.Penurunan curah jantung

b.Intoleransi aktivitas

c.Kerusakan pertukaran gas

d.Bersihan jalan nafas tidak efektif

e.Kelelahan

Jawabannya adalah D bersihan jalan nafas tidak efektif di tandai batuk di sertai lendir.

 

2.Seseorang laki-laki berusia 50 tahun di rawat dengan CKD. Hasil pengkajian nampak udem facialis, udem ekstremitas, JVP 5+4 cmH20, nampak pucat dan lelah. Lab: ureum 75,30mg/dL. Keluarga mengatakan awalnya pasien hanya mengeluh kaki kanan tidak dapat digerakan namun saat di RS pasien di haruskan untuk cuci darah. Dan pasien riwayat HT dan DM sejak 10 tahun lalu. Hasil ttv : TD =160/80 mmHg, N=112x/mnt, S=36:C, P=20x/mnt.

Pertanyaan soal:

Apakah diagnosa keperawatan utama kasus di atas?

Pilihlah jawaban di bawah ini!

a.Kelebihan volume cairan dan elektrolit

b.Kekurangan volume cairan dan elektrolit

c.Kelelahan

d.Kekurangan nutrisi

e.Kerusakan mobilitas fisik

Disini di tandai ureum meningkat, creatinim meningkat, albumin menurun, udem ekstremitas jawabannya A.

Baca Juga : Pengertian WHO Dan Tugasnya

Soal UKOM Perawat 2018

3.Di suatu rumah sakit, ada seorang klien dengan diagnosis depresi berat yang telah mencoba melakukan percobaan bunuh diri berkata kepada perawat, “Saya seharusnya mati, saya selalu gagal. Tidak pernah ada hal yang baik bagi saya”. Apakah respons yang menunjukkan komunikasi terapeutik?

a.Anda mempunyai segalanya untuk hidup

b.Mengapa anda melihat diri anda sebagai suatu kegagalan

c.Merasa seperti ini adalah sebagian dari depresi

d.Kamu sudah merasa gagal untuk beberapa lama?

e.Kamu tidak boleh mengatakan seperti itu

Jawaban : D

Rasional: Menanggapi perasaan yang diungkapkan oleh klien adalah teknik komunikasi terapeutik yang paling efektif. Pilihan yang benar adalah contoh pernyataan ulangan. Pilihan yang tersisa memblokir komunikasi karena meminimalkan perasaan klien dan tidak memfasilitasi eksplorasi perasaan yang diungkapkan klien. Selain itu, penggunaan kata “mengapa” adalah non terapeutik.

 

4.Ketika perawat komunitas mengunjungi klien menyatakan “Saya belum tidur sama sekali selama beberapa malam kemarin”. Berikut adalah respons perawat yang menggambarkan komunikasi terapeutik untuk klien ini?

a.Saya melihat

b.Sungguh

c.Anda mengalami kesulitan tidur

d.Kadang-kadang saya mengalami kesulitan tidur juga

e.Saya tahu masalah anda

Jawaban : C

Rasional: Pilihan yang benar menggunakan komunikasi terapeutik melalui pernyataan ulang. Meskipun pernyataan ulang adalah teknik yang memiliki komponen segera, hal itu mengulangi tema utama klien, membantu perawat untuk memperoleh persepsi khusus dari masalah dari klien. Pilihan yang tersisa adalah bukan respon terapeutik sejak klien memperluas masalah. Menawarkan pengalaman pribadi membuat keluar fokus dari klien dan perawat.

Soal UKOM Perawat 2018 Dan Kunci Jawaban

5.Seorang perempuan umur 55 tahun, di bawa ke poliklinik dengan keluhan nyeri kedua lutut yang di alami. Sejak 5 bulan terakhir terutama saat beraktivitas, sulit berdiri dari posisi jongkok. Bengkak dan kemerahan pada kedua lutut. Nyeri pada jari-jari tangan (+). Nyeri di rasakan skala 3. Seorang pasien mengatakan malu dengan kedua lututnya yang bengkak. Pasien tidak percaya diri lagi memakai rok jika bekerja. Pasien adaklah seorang Publik Relation di hotel ternama.

Pertanyaan soal:

Apakah diagnosa keperawatan utama pada kasus di atas?

Pilihan jawaban

a.Kecemasan

b.Hambatan mobilitas fisik

c.Nyeri kronik

d.Nyeri akut

e.Gangguan citra diri

Jawabannya E. Data yang mendukung klien mengatakan malu, tidak percaya diri.

 

6.Seorang pasien laki-laki usia 35 tahun dirawat dirumah sakit dengan keluhan BAB cair sejak 3 hari yang lalu. Kasil pengkajian di dapatkan tugor kulit jelek, mata cekung, bak kuning, TD 100.70mmhg, RR 20x/mnt, nadi 20x/mnt, pasien direncanakan akan di berikan 5000ml cairan dalam 24jam. Berapakah tetesan permenit cairan yang di berikat pada kasus di atas?

a.70 tetes/menit

b.56 tetes/menit

c.60 tetes/menit

d.35 tetes/menit

e.40 tetes/menit

Jawabanya A. 70 tetes/menit

(5000:500)x7(24/24)=10x7x1=70

 

7.Laki-laki usia 67 tahun datang ke UGD RS dengan keluhan nyeri akibat tidak dapat berkemih selama 1 hari terakhir, hasil pengkajian tingkat nyeri pasien di dapatkan skla 4 dari skala (1-5), wajah terihat meringis dan tampak kesakitan. Jika di lakuakan triase masuk dalam kategori apakah klien tersebut?

a.Merah (gawat darurat)

b.Kuning (gawat tidak darurat)

c.Kuning (darurat tidak gawat)

d.Hijau (tidak gawat tidak darurat)

e.Hitam (meninggal)

Jawabannya kuning (darurat tidak mengecam jiwa) di tandai dengan data wajah meringis, skala nyeri 5, belum bak 1 hari. Jika tidak di atasi akan mengalami dampak yang lebih buruk. Jadi, sesuai dengan kunci jawaban C.

Soal UKOM D3 Keperawatan Dan Kunci Jawaban

8.Seorang anak mengalami kekurangan cairan. Kemudian data apakah yang di temukan perawat saat pengkajian dan memutuskan bahwa kondisi anak mengalami peningkatan serta kekurangan cairan teratasi?

a.Anak tidak mengeluarkan air mata

b.Berat jenis urine 1.030

c.Pengeluaran urine kurang dari 1 mL/kg/jam

d.Capillary refill time (CRT) kurang dari 2 detik

e.Anak lemah

Jawaban : D

Pemikiran Rasional: Indikator bahwa kekurangan volume cairan teratasi adalah Capilarry refill time (CRT) kurang dari dua detik, berat jenis urin antara 1,002 sampai 1,025, pengeluaran urine sekurang-kurangnya 1 mL/kg/jam dan anak dapat mengeluarkan air mata.Karena CRT kurang dari dua detik adalah satu-satunya indikator bahwa kondisi anak mengalami peningkatan. Pengeluaran urin kurang dari 1 mL/kg/jam, berat jenis urine 1,030 dan anak tidak mengeluarkan air mata mengindikasikan bahwa kekurangan volume cairan belum membaik. Kondisi lemah merupakan indikasi lain dari adnya kekurangan cairan.

Contoh Soal Uji Kompetensi Perawat D3 Dan Pembahasannya

9.Perawat manajer melakukan rapat pertamanya. Ia menyapa staf dan menyampaikan bahwa ia di tunjuk untuk meningkatka mutu. Manager menunjukkan rencana yang ia buat dan menyusun daftar tugas dan aktifitas mana tiap staf harus melaksanakannya. Dan sebagai tambahan, ia meminta seluruh staf untuk melaporkan adanya masalah secara langsung. Apa tipe kepemimpinan dan pendekatan yang dilakukan oleh perawat manager tersebut?

a.Autokratik

b.Situasional

c.Demokratis

d.Laissez-free

e.Kombinasi otokratik dan demokratik

Jawaban : A

Rasional: Seorang pemimpin autokratik mengontrol dengan kuat, dan membuat keputusan dan menyelesaikan semua masalah. Seorang autokrat cenderung mendominasi dalam kelompok dan memerintah, darpada mencari saran atau masukan. Pada situasi ini, manajer menyampaikan masalah (peningkatan kualitas) pada staf, merancang rencana tanpa masukan dan meminta setiap masalah dilaporkannya pada dia secara langsung. Pemimpin sotusional akan mengombinasikan gaya kepemimpinan, tergantung pada kebutuhan kelompok untuk memvalidasi informasi yang di peroleh pemimpin adalah sesuatu yang akurat dan bahwa masalah tersebut memang terjadi.

Dan pemimpin akan meluangkan waktu untuk mengenal kelompok dan menentukan perubahan pendekatan (jika diperlukan) yang akan berhasil terkait kebutuhan kelompokdan sifat serta bentuk peribahan yang di butuhkan. Pemimpin demokratis cenderung partisipatif dan ingin mengenal tiap staf secara individual untuk mengetahui persepsi mereka pada masalah. Pemimipin demokratis juga akan berbicara dengan staf tentang beberapa isu dan meminta masukan pada staf untuk rencana yang sedang disusun. Karena seorang pemimpin laissez-free cenderung pasif dan tidak mau mengarahkan. Seorang pemimpin laissez-free akan mengatakan masalahnya dan menginformasikan bahwa staf harus membuat suatu rencana untuk memperbaikinya.

Demikianlah ulasan materi mengenai Contoh Soal UKOM Keperawatan beserta Jawabannya yang telah saya sajikan untuk sahabat semua. Semoga dengan tulisan yang sederhana ini dapat bermanfaat dan membantu dalam mengerjakan UKOMnya ya, terima kasih.

(Visited 4.177 times, 40 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *