Contoh Soal Cara Memaknai Kata Atau Istilah Dalam UN SMA

Posted on

Selamat siang sobat Idpengertian.com, kali ini admin cantik akan memberikan Contoh Soal Cara Memaknai Kata Atau Istilah Dalam UN SMA buat kalian. Nah buat kalian yg ingin tahu, yuk langsung saja kita simak penjelasannya berikut dengan contohnya di bawah ini.

Contoh Soal Cara Memaknai Kata Atau Istilah Dalam UN SMA
Contoh Soal Cara Memaknai Kata Atau Istilah Dalam UN SMA

Memaknai Istilah/Kata

Kata atau istilah merupakan suatu kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu.

Suatu paragraf di susun menggunakan kalimat-kalimat yang saling berkaitan. Dalam suatu kalimat setiap paragraf di susun dari beberapa kata. Dan dalam setiap kata tersebut mempunyai makna atau arti. Sebab itu, di dalam membuat suatu kalimat atau paragraf, sebuah kata harus benar-benar di pilih agar mampu menyampaikan maksud penulis.

Di samping itu, kesalahan penggunaan kata-kata atau istilah akan menimbulkan penafsiran berbeda. Dan istilah atau kata-kata yang di gunakan dapat berupa kata baku, kata bersinonim, kata berantonim, kata yang bermakna konotasi dan denotasi, dan kata yang mengalami perubahan makna. Suatu istilah berhubungan dengan pengungkapan makna konsep, proses, serta keadaan, atau sifat di bidang tertentu.

Istilah atau makna yang sering muncul dalam soal UN adalah makna kata leksikal. Sedangkan makna kata leksikal merupakan makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Dan suatu makna leksikal dapat di lihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Baca Juga : Contoh Soal Antonim Dan Sinonim Untuk SD

Contoh Soal Memaknai Kata/Istilah UN SMA

1.Di dalam  sebuah laporan kajian organisasi hidup, World Resource Institute, emisi karbon akibat kebakaran hutan dan lahan di Indonesia telah melampaui rata-rata emisi karbon harian AS selama 26 hari dari 44 hari sejak awal September 2015. Di samping itu, organisasi Center for International Forestry Research (CIFOR) berpendapat bahwa kabut asap yang terjadi di Indonesia merupakan tragedi, bukan bencana alam. Tetapi kabut asap bukan bencana alam, melainkan karena kesalahan manusia dan tidak terjadi secara alamiah.

Makna kata tragedi dalam paragraf tersebut adalah….

a. Suatu eristiwa memilukan

b. Peristiwa menyedihkan

c. Sebuah peristiwa mengejutkan

d. Keadaan genting

e. Perubahan drastis

2.Dengan seiringnya pertumbuhan jumlah kendaraan, Indonesia kebanjiran produk onderdil (sparepart) dan oli palsu yang dilempar ke pasaran dari produsen dalam maupun luar negeri. Kemudian  peredaran onderdil dan oli abal-abal tentu mengancam nyawa pengendara maupun penumpang.

Makna kata onderdil pada bacaan di atas adalah….

a. Mesin

b. Suku cadang

c. Perbengkelan

d. Perkakas

e. Produk

3.Bapak Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro yang hadir sebagai narasumber dalam seminar itu mengatakan, indikator keberhasilan pemerintahan di negara maju adalah realisasi target pemenuhan lapangan kerja. Pendapat Bambang, dengan pemenuhan lapangan kerja maka secara otomatis tingkat kemiskinan menurun. Dan hal ini menjadi salah satu perhatian pemerintah saat ini.

Makna kata indikator pada bacaan di atas adalah….

a. Sesuatu yang dapat menjadi motivasi

b. Memberi penjelasan

c.  Sesuatu yang dapat memberi petunjuk

d. Menjadi dukungan

e. Sesuatu yang dapat memberi manfaat

Perhatikan teks berita berikut ini!

4.Dengan adanya suatu pertumbuhan populasi jumlah kendaraan yang beredar di masyarakat, Indonesia kini semakin kebanjiran produk oli palsu yang dilempar ke pasaran dari produsen dalam negeri maupun luar negeri.

Makna kata populasi pada bacaan di atas adalah….

a. Kumpulan

b. Perpindahan

c. Jenis

d. Kawasan

e. Perputaran

5.Karena adanya keterbukaan batik banyuwangi terhadap perwajahan baru, warna dan juga motif, menunjukkan watak orang banyuwangi yang sangat percaya diri meramu aneka pengaruh untuk kemudian diakui sebagai identitas diri. Dan tabrak budaya ini juga terlihat pada ramuan kulinernya, seperti rawon malang di campur dengan pecel madiun menjadi rawon pecel. Di karenakan orang banyuwangi sangat terbuka menerima budaya luar untuk diolah menjadi budaya banyuwangi. Maka Sinkretisme budaya yang juga tampak di batik banyuwangi ini menjadi sesuatu yang mutlak terjadi karena banyuwangi hingga kini memang di huni oleh beragam suku. Dan kedatangan beragam suku bangsa untuk tinggal menetap di banyuwangi antara lain di mulai pada penjajahan belanda. Belanda mendatangkan buruh perkebunan dar jawa dan madura.

Makna istilah sinkretisme pada paragraf tersebut adalah proses…..

a. Pencampuran berbagai daerah

b. Adaptasi dari berbagai teknologi

c. Perpaduan dari berbagai aliran

d. Interaksi masyarakat di daerah

e. Masuknya budaya asing

Demikianlah Contoh Soal Cara Memaknai Kata Atau Istilah Dalam UN SMA yg telah saya sajikan buat sahabat Idpengertian.com sekalian. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat ya, sampai jumpa pada artikel berikutnya, terima kasih.

(Visited 45 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *