Contoh Kewajiban Asasi Manusia Dalam Sila Pertama Sampai Sila Kelima

Diposting pada

Contoh Kewajiban Asasi Manusia – Kewajiban yang terkandung dalam sila pancasila adalah mentaati dan melaksanakan apa yang telah di tetapkan. Baik dari sila pertama hingga sila kelima. Adapun bentuk kewajiban kita terhadapa manusia memang sangatlah penting dan tidak bisa di abaikan.

Dengan melakukan dan melaksanakan apa yang sudah tercatat, maka kita termasuk orang yang taat akan peraturan. Peraturan tersebut dibuat atas dasar kesepakatan dan memiliki tujuan agar apa yang sudah disepakati dapat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

Seperti halnya kewajiban asasi manusia yang terkandung dalam sila pancasila dan undang-undang dasar 1945. Berikut beberapa contoh yang dapat kita lakukan sebagai warga negara yang baik.

Contoh Kewajiban Asasi Manusia
Contoh Kewajiban Asasi Manusia

Kewajiban Asasi Manusia Dalam Sila Pancasila

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Sebagai manusia yang beragama, kita diwajibkan untuk selalu mengingat dan meyakini bahwa Tuhan Maha Esa. Makna yang terkandungdalam sila tersebut sangat dalam. Bentuk keyakinan yang sudah tidak dapat di hilangkan dalam kesadaran manusia, karena kita sadar sebagai mahluk tuhan.

Adapun hak asasi asasi manusia yang ada di dalam sila pertama tersebut adalah mempercayai serta bertakwa kepada Tuhan YME. Kepercayaan ini meliputi banyak hal, baik dari segi melakukan ajaran agamanya serta kepada sesama manusia sesuai dengan ajaran agama masing-masing.

Contoh KAM Sila Pertama :

  • Saling menghormati antar sesama umat beragama dengan santun dan ramah.
  • Tidak memaksakan kehendak kita kepada umat lain untuk memeluk agama kita.
  • Selalu menjalankan perintah agama sesuai dengan apa yang telah di ajarkan oleh agamanya.
  • Percaya dengan sepenuh hati dan jiwa kepada tuhan yang maha kuasa sesuai ajaran agama yang telah dianut.

2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradap

Sila kedua tersebut sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang berdasar dari hakikat manusia. Jika kita menginginkan negara yang adil dan beradap maka sila tersebut sudah sangat pas untuk di taati.

Sebagai manusia yang berdapa kita pasti mengetahui dan memahami bahwa keadilan harus dijaga. Menjaga keadilan dumilai dari diri sendiri dan keluarga merupakan bentuk kita melaksanakan sila kedua ini.

Contoh Kam Sila Kedua :

  • Selalu menghargai semua perbedaan yang ada, baik agama, suku, ras, adat istiadat dan lainnya.
  • Menjaga sikap sopan santun dimanapun tempat berada, baik di rumah maupun di masyarakat.
  • Berani mengatakan kesalahan dan kebenaran.
  • Tidak berbuat sikap yang diskriminatif.

Baca Juga : Pengertian Pancasila

3. Persatuan Indonesia

Setelah menelaah lebih dalam dari sila kedua maka sila ketiga ini juga dangat bergubungan erat. Dengan adanya keseimbangan dalam bermasyarakat, baik dari kesinambungan dan kebersamaan maka terbentuklah persatuan.

Persatuan seluruh rakyat Indonesai ini sangat berarti untuk kemajuan dan kemakmuran masyarakatnya. Melaksanakan sila yang ketiga ini kita akan mampu menepis hal apapun yang mengancam kedaulatan dan keharmonisan dinegara kita tercinta.

Contoh Kam Sila Ketiga

  • Siap untuk berkorban demi kesatuan serta persatuan bangsa.
  • Selalu menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air bangsa.
  • Memprioritaskan kesatuan bangsa.
  • Memelihara ketertiban umum.
  • Menjalankan tata tertib yang berlaku dinegara tersebut.

4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmah Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan.

Dalam sebuah negara pasti memiliki apa yang dinamakan demokrasi. Sebagai contoh negara kita Indonesia yang menjunjung tinggi nilai demokrasi.

Demokrasi tersebut diambil dari sila pancasila sebagai dasar bernegara dan undang-undang dasar 1945. Tujuan dari pada hal diatas yaitu untuk kepentingan bersama (rakyat) sehingga dari rakyat untuk rakyat.

Rakyat disini berdiri sebagai tonggak utama pemerintahan, maksudnya berdiri untuk mengawasi jalannya pemerintahan. Hal ini diserahkan kepada wakil rakyat yaitu DPR dan koleganya.

Contoh Kam Sila Keempat

  • Memiliki antusias untuk memajukan bangsa.
  • Mengkritik jika wakil rakyat mulai membelot.
  • Meberikan sangsi kepada wakil rakyat jika jelas melakukan kesalahan.
  • Memiliki jiwa berbangsa dan bertanah air.

5. Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Setelah 4 sila di atas di tutup dengan sila kelima yaitu keadilan. Keadilan ini meliputi banyak hal, baik dari segi perekonomian, kebebasan beribadah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan kelima sila tersebut dan dilaksanakan dengan seksama, maka negara yang kita miliki ini akan sejahtera dan makmur. Tidak akan ada perpecahan, permusuhan, penjarahan dan lainya.

Contoh Kam Sila Kelima

  • Memiliki jiwa penolong dan sangat antusias dalam bergotong royong.
  • Selalu adil dalam melakukan suatu hal apapun.
  • Menjaga keharmonisan bertetangga dan saling menghornmati.
  • Tidak melakukan Kegiatan yang mengganggu orang lain.
  • Berjuang untuk selalu menegakkan keadilan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.
  • Menghargai karya cipta dan kreatifitas orang lain.

Kesimpulan

Setelah kita memahami dan menelaah lebih jauh mengenai sila panca sila dalam kewajiban asasi manusia. Maka banyak sekali kewajiban yang harus kita kerjakan.

Mengerjakan kewajiban tersebut harus tumbuh didalam jiwa dan nurani. Supaya kewajiban tersebut akan sangat mudah untuk dilakukan dan dengan senang hati.

Melaksanakan contoh hak asasi manusai dari sila satu sampai sila kelima akan membuat kita menjadi manusia yang bermanfaat. Kemanfaatan ini akan dirasakan diri sendiri, lingkungan dan orang lain.

(Visited 347 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *