Contoh Artikel Ilmiah, Populer, dan SEO

Diposting pada
Loading...
Contoh Cara Menulis Artikel Ilmiah
Contoh Cara Menulis Artikel Ilmiah

Dalam dunia menulis, pasti sudah akrab mendengar istilah artikel. Macam artikel ini sangat beragam. Bagi Anda yang sulit untuk membedakan jenis artikel, banyak contoh artikel ilmiah, populer, dan SEO yang bisa digunakan untuk referensi.

Pengertian Artikel Ilmiah

Artikel Ilmiah merupakan sebuah karya tulis yang disusun untuk diterbitkan dalam jurnal. Artikel ini ditulis menggunakan kaidah-kaidah penulisan ilmiah, bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah pula. Kaidah ini harus mengikuti pedoman ilmiah melalui kesepakatan atau beberapa ketetapan yang berlaku.

Dalam kaitannya dengan dunia pendidikan, artikel ilmiah biasa dibuat untuk menyelesaikan jenjang studi. Biasanya, artikel ini ditulis oleh kalangan akademisi seperti mahasiswa, dosen, atau peneliti lainnya. Tulisannya yang bersifat ilmiah, membuat artikel ini harus menggunakan data-data yang valid dan akurat.

Bahasa yang digunakan pada artikel ilmiah harus formal (baku). Setiap gagasannya juga harus disertakan sumber data biasanya seperti kutipan, catatan kaki, biografi, dan daftar pustaka di akhir tulisan.

Artikel ilmiah dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan, laboratorium, atau pemikiran (kajian pustaka).

Contoh Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah juga memiliki macam-macam contoh yang beragam. Mulai dari artikel atau jurnal pendidikan, kesehatan, politik, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa contoh artikel ilmiah yang perlu Anda ketahui.

1. Contoh Artikel Penelitian

Judul: Dampak Media Komunikasi (Sosial) Untuk Remaja

Latar Belakang: Dewasa ini, perkembangan media komunikasi sangatah cepat. Salah satu produk media komunikasi adalah media sosial. Media ini begitu digandrungi masyarakat khususnya para remaja.

Usia remaja yang cenderung labil, membuat media sosial mudah untuk diselewengkan kepada hal-hal yang kurang baik. Untuk itu, penelitian mengenai dampak media sosial remaja penting untuk dilakukan.

Rumusan Masalah: Bagaimana dampak yang didapatkan remaja dalam penggunakaan media sosial?

Tujuan  Penelitian: Untuk mengetahui dampak apa saja yang dapat mempengaruhi remaja dalam penggunaan media sosial.

Pembahasan: Di kalangan remaja media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Media komunikasi pun kini seperti buah simalakama. Di satu sisi media ini menawarkan kebaikan dan kemudahan, di lain sisi menawarkan keburukan.

Bagi seseorang yang tidak bijak dalam penggunaan media, akan berdampak pada hal-hal negatif yang dapat merugikan diri sendri dan orang lain.

Remaja seringkali terjebak dalam hal ini. Remaja lebih cenderung untuk bersikap reflektif dan sesuka hati di media sosial. Sikap ini tentu tidak dibenarkan. Selain dalam penggunaan media dengan tidak bijak, juga dapat menimbulkan masalah.

Kesimpulan: Media sosial sangat membantu masyarakat dalam berkomunikasi. Namun, sikap reflektif remaja harus diminimalisir, untuk menghindari hal-hal negatif yang dapat terjadi pada remaja seperti bullying. Maka, peran orang tua sangat diperhatikan dalam mengawasi anak-anaknya.

2. Contoh Artikel Jurnal Pendidikan

Judul: Metode Book Talk Untuk Keterampilan Verbal Anak Usia 3-5 Tahun.

Abstrak: Berkomunikasi ekspresif verbal siswa usia 3-5 tahun dengan menggunakan buku cerita bertema tumbuh-tumbuhan. Pengambilan data dilakukan dalam 3 siklus yang dilakukan pada bulan September 2018.

Pendahuluan: Pendidikan anak usia dini adalah sarana penting dalam stimulasi perkembangan anak pada masa golden age. Oleh karena itu, stimulasi penting dilakukan agar tumbuhkembang anak lebih efektif. Dalam hal ini, akal budi manusia memiliki peran penting dalam kehidupan.

Hasil Penelitian: Bahwa metode book talk dapat meningkatkan keterampilan verbal dan komunikasi anak secara ekspresif. Meski demikian, metode ini juga ditemukan ketidakcocokan pada siswa tertentu.

Baca Juga : Contoh Dan Pengertian Artikel Jurnal

Pengertian Artikel Populer

Artikel populer adalah artikel mengenai ilmu pengetahuan yang ditulis dengan format dan bahasa yang lebih ringan dibaca. Biasanya, artikel populer ini lebih mudah dipahami dari artikel ilmiah yang cenderung menggunakan bahasa yang kaku.

Sistematika isi pembahasan dalam artikel populer pada umumnya bersifat bebas dan cair. Selain itu, tujuannya artikel ini adalah untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi wacana diskursus tentang topik-topik tertentu.

Pembahasan atau analisis artikel populer biasanya tidak begitu mendalam dan rinci. Tetapi, logika dan sistematika pemikiran harus tetap diperhatikan supaya pembaca dapat memahami apa yang ingin disampaikan. Validitas artikel populer tidak terlalu dipersoalkan selama bisa dipertanggung jawabkan.

Jenis-Jenis Artikel Populer di Koran

Artikel populer sangat mudah ditemui di media cetak berupa koran. Seluruh artikel-artikel di koran mencakup seluruh elemen pemberitaan media pada umumnya. Mulai dari mengenai pendidikan, ekonomi, politik, sosial masyarakat, atau pun budaya. Berikut beberapa contoh artikel populer di koran:

  1. Contoh Artikel Opini

Komodifikasi Agama dan Beranak-pinaknya Ustaz Seleb.

Belakangan ini, hidup di bumi Indonesia serasa penuh sesak dan gerah. Banyak sekali orang yang sedang berlomba-lomba menampilkan dirinya sebagai “wajah kebenaran”.

Sudah menjadi bawaan manusia untuk merasa tidak pernah puas, selalu ingin berinovasi, bahkan seringkali harus mengebiri tujuan mulia yang pada mulanya dicita-citakan. Mimpi-mimpi dan warisan para pencetus sedikit demi sedikit terkikis kemudian menghilang.

Bagi manusia zaman ini, uang telah menjadi tolak ukur dalam segala aspek kehidupan. Sehingga banyak orang bekerja siang dan malam hanya untuk memburu uang dan untuk sekadar memenuhi kebutuhan diri dan keluarga. Parahnya, uang dijadikan ajang pembuktian diri kepada orang sekitar.

Fenomena ustaz seleb menjadi hangat diperbincangkan. Dalam kredo infotainment yang hanya menginginkan Rating, para dai (pendakwah) yang sering bermunculan di televisi. Gelar selebriti yang disematkan menjadi peluang besar dalam membangun ketenaran dan peluang usaha sebagai profesi.

  1. Contoh Artikel di Koran (Sosial Masyarakat)

Judul: Biaya Sambung Listrik Tembus Rp 3 Juta

Yth Kepala PLN, Kenapa kalau di Jawa Timur biaya sambung listrik PLN yang memakai pulsa berkekuatan 4 ampere hanya dikenakan RP. 750.000, sedangkan di Desa Tambar Rp 3.000.000.

Jawab: Informasi harga tersebut diperolah dari siapa. Jangan tanyakan hal itu ke petugas PLN. Cukup hubungi nomor 123. Nanti akan ada  petunjuk besaran biaya listrik. Uang pembayaran akan disetorkan melalui bank. Bukan melalui petugas PLN.

Adanya hotline 123 bertujuan untuk memutuskan mata rantai pencalonan. Mengenai harga, semua sama diseluruh Indonesia. Jangankan di kecamaran Jogoroto, di seluruh provinsi Jawa Timur harganya sama.

Pengertian Artikel SEO

Artikel SEO (Search Engine Optimization) merupakan artikel yang buat dari serangkaian teknik menulis pada sebuah website. Artikel ini dibuat bertujuan untuk meningkatkan visibilitas halaman website menjadi paling utama dan urutan tertinggi di cari pada Google.

Artikel SEO memiliki komponen yang bertujuan untuk menampilkan artikel pada alamat website di halaman utama Google. Artikel akan berpotensi muncul di urutan teratas ketika Anda mengetikkan keyword di kolom pencarian.

Jika halaman website telah dioptimalkan sebaik mungkin dan berada di urutan paling atas, berarti memiliki artikel SEO yang baik pula. Sehingga, keuntungan dari artikel SEO ini juga untuk mendapatkan pengunjung situs lebih banyak.

Biasanya, artikel ini berisi tentang informasi tentang produk yang dijual secara online.

Macam-macam Artikel SEO

Macam-macam artikel SEO yang berkembang saat ini sangat beragam. Namun tidak semua jenis artikel dapat cocok diterapkan semua website. Setiap jenis artikel SEO memiliki karakteristik dan gaya kepenulisan yang berbeda-beda. Berikut macam-macam artikel SEO:

  1. Artikel Konten Pilar

Artikel Konten Pilar merupakan artikel yang menjelaskan suatu topik secara rinci dan mendalam. Biasanya, artikel ini memberikan penjelasan secara gamplang mengenai topik tertentu kepada pembaca. Artikel pilar biasanya lebih dari 1000 kata.

  1. Artikel Copywriting

Artikel Copywriting adalah artikel yang mempromosikan dan mendeskripsikan suatu produk tertentu. Artikel ini hampir mirip dengan iklan pada umumnya, namun perbedaanya lebih detail dan informatif. Anda dapat menggunakan artikel ini untuk memasarkan produk atau jasa.

  1. Artikel Sales Letter

Artikel Sales Letter juga merupakan sarana promosi untuk suatu produk atau jasa. Sales letter biasanya cenderung menyebutkan nama produk di awal. Artikel ini cocok untuk menginformasikan penawaran kepada pelanggan yang memiliki potensial membeli produk atau jasa.

  1. Artikel Manual

Artikel manual hampir mirip dengan tulisan-tulisan panduan atau tutorial. Biasanya ciri spesifik artikel ini diawal dengan kata “Langkah-langkah”. Artikel manual harus memiliki bahasa yang seringkas mungkin agar lebih mudah dipahami pembaca.

Contoh Artikel SEO

Contoh artikel berikut ini adalah jenis artikel copywriting. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, artikel ini memuat tulisan informatif sebagai sarana promosi suatu produk, jasa, atau pun bisnis-bisnis lainnya. Berikut salah satu contoh artikel SEO:

Siapa yang tidak mengenal Nasi Jagung? Makanan tradisional khas Indonesia ini sekarang memang sedikit sulit untuk ditemui. Namun, makanan yang berbahan dasar jagung ini menjadi salah satu makanan tradisional yang masih banyak diminati oleh masyarakat.

Ditambah lagi sajian nasi jagung yang tidak sendirian, selalu ditambahkan makanan pendamping lainnya seperti, urap-urap, sambal goreng tempe dan tahu, kerupuk, sayur lodeh dan yang paling menggoyang lidah adalah ikan teri yang semakin menambah kelezatan dan sedapnya makanan satu ini.

Biasanya, setiap warung yang menjual nasi jagung banyak mengkolaborasikan makanan satu ini dengan toping-toping yang lain seperti tambahan ikan-ikanan sebagai pelengkap. Selera lidah masyarakat Indonesia memang tidak bisa dibohongi, selalu ingin sesuatu yang khas dan unik.

Bagi pecinta nasi jagung, di Jalan Panglima Sudirman Desa Tambar Kecamatan Jogoroto Anda dapat menemukani nasi jagung Bu Teri yang melegenda. Nasi jagung ini sudah berdiri sejak 10 tahun lalu. Penggemar nasi jagung Bu Teri tentu sangat banyak. Tidak heran, warung ini selalu banyak pengunjung.

Tips Agar Artikel SEO Enak Dibaca

Membuat artikel SEO memang gampang-gampang susah. Anda harus menarik minat pembaca tanpa harus mengurangi informasi yang disampaikan. Anda juga harus membuat pembaca tidak bosan dan menikmati artikel. Berikut ini beberapa tips agar artikel SEO agar enak dibaca yang kami ambil dari Jasa Penulis Artikel Kontenindo.

  1. To the point

Pembaca belum tentu memiliki waktu banyak untuk membaca artikel. Maka langsung beri penjelasan inti isi artikel. Jangan lupa menggunakan bahasa yang efektif dan tidak perlu memberikan prolog yang terlalu panjang.

  1. Terstruktur

Sebelum membuat artikel, susunlah terlebih dahulu kerangka yang mencakup point-point penting dalam tulisan. Point-point harus disusun dengan runtut agar mudah dipahami pembaca. Dengan begitu, pembaca akan cepat mengerti dan memahami artikel.

  1. Hindari Bahasa Asing, Gunakan Bahasa yang sederhana

Agar artikel enak dibaca, hindari penggunaan bahasa asing yang tidak semua orang mengetahui artinya. Gunakan bahasa sehari-hari yang sederhana dan akrab ditelinga masyarakat. Bahasa yang Anda gunakan dalam artikel akan mempengaruhi pembaca dalam memahami isi artikel.

  1. Jangan Terlalu Kaku

Meskipun menggunakan bahasa yang sederhana, jangan terlalu formal dan kaku. Pembawaan pada tulisan harus tetap santai dan mengalir. Tampilkan tulisan artikel yang ramah, agar pembaca merasa senang dan tertarik kepada artikel Anda.

Demikian mengenai pengertian dan contoh artikel ilmiah, populer, dan SEO. Masing-masing artikel ini memiliki karakteristik dan ciri khas yang berbeda. Dilihat dari contoh-contohnya, ketiga artikel ini sangat mudah untuk dikenali.

(Visited 383 times, 3 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *