10 Cara Screenshot Tanpa Menggunakan Aplikasi Di Hp, Komputer Dan Laptop

Diposting pada

Screenshot merupakan pengambilan gambar dari layar ponsel maupun PC atau laptop, namun tidak menggunakan kamera. Biasanya screenshot dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun screenshot ini bisa juga dilakukan tanpa menggunakan aplikasi. Cara screenshot tanpa menggunakan aplikasi malah sudah ada sebelum munculnya aplikasi-aplikasi tersebut.

Screenshot biasanya dilakukan untuk membuat artikel tutorial, menyimpan data chat dalam bentuk gambar, mengambil gambar yang dibutuhkan secara full version dari desktop atau layar dan sebagainya. Gambar hasil screenshot tersebut bisa disimpan sebagai gambar maupun di cetak.

Baca Juga : Cara Membuat Animasi Di Power Point

6 Cara Screenshot Tanpa Menggunakan Aplikasi Di Komputer Dan Laptop

Screenshot di layar monitor komputer atau Laptop dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Cari tombol di keyboard dengan tulisan PrtScSysrq yang biasanya berada di sebelah tombol F12, atau dekat dengan backspace, delete atau pause, tergantung pabrik pembuatan keyboard.

PrtSc Keyboard
Tombol PrtSc Keyboard

2. Jika tidak menemukan tombol dengan tulisan tersebut, Anda bisa mencari tombol yang bertuliskan PrtSc atau SysRq saja, yang biasanya berada di dekat tombol Home atau End.

3. Setelah menemukan tombol tersebut, siapkan dokumen atau file yang akan Anda screenshot di layar komputer atau laptop Anda.

4. Setelah file siap untuk di screenshot, maka tekan tombol PrtSc SysRq satu kali saja untuk satu

5. Lalu Anda harus masuk ke program Paint yang ada dalam Windows. Dari kotak Search pada Windows, cukup ketikkan Paint, maka jendela program Paint akan muncul di layar monitor Anda.

6. Setelah jendela Paint terbuka, klik paste atau Ctr+V pada layar Paint, untuk memasukkan gambar yang Anda screenshot tadi. Maka file screenshot akan masuk ke program Paint.

Hasil Screenshote Gambar
Hasil Screenshote Gambar

7. Anda bisa melakukan edit terhadap file screenshot tadi di program Paint. Misalnya menambahkan text dan apabila Anda sudah tidak ingin merubah apapun, Anda tinggal menyimpan gambar tersebut dalam komputer atau laptop Anda.

Simpan Hasil Screenshote Gambar
Simpan Hasil Screenshote Gambar

Kekurangan dari cara screenshot ini adalah Anda tidak bisa memilih area atau cropping bagian mana saja yang akan dilakukan screenshot. Seluruh layar akan terekam dalam gambar screenshot tersebut. Namun ini bukan masalah besar karena Anda dapat melakukan edit di program Paint dengan melakukan Crop pada gambar tersebut.

Artikel Lainnya : Cara Video Call Menggunakan WhatsApp

4 Cara Screenshot Tanpa Menggunakan Aplikasi Di Handphone Android

Selain di komputer atau laptop, cara screenshot tanpa menggunakan aplikasi juga dapat dilakukan pada layar ponsel. Namun langkah atau caranya memiliki perbedaan antara beberapa merk ponsel.

1. Cara screenshot dengan ponsel merk Samsung, Lenovo, Asus, Huawei dan Sony Xperia dapat dilakukan dengan menekan tombol volume turun dan tombol power secara bersamaan, tahan selama kurang lebih 3 detik, maka layar ponsel akan terekam dalam gambar yang bisa Anda buka dari gallery photo.

Huawei

2. Cara screenshot dengan ponsel merk Vivo dan Iphone memiliki perbedaan tombol untuk menghasilkan screenshot, yaitu dengan menekan tombol home dan power secara bersamaan, dan tahan sampai screenshot berhasil yang akan tersimpan di gallery photo.

3. Cara screenshot dengan ponsel merk Oppo, Xiaomi dan Infinix bisa dilakukan dengan dua Yang pertama dengan menekan tombol Power dan Volume secara bersamaan, dan cara kedua yaitu dengan mengusap 3 jari secara bersamaan pada layar ponsel baik secara vertikal maupun horizontal.

4. Cara lain screenshot tanpa aplikasi untuk semua merk ponsel adalah dengan menggeser kebawah slide dari bagian atas layar Akan muncul beberapa menu seperti bluetooth, GPS, airplane, screenshot dan lainnya. Anda tinggal mengetik tombol Screenshot, maka proses screenshot pun akan berjalan secara otomatis.

Untuk cara pertama, kedua dan ketiga, hasil screenshot yang akan ditampilkan adalah layar secara penuh, karena Anda tidak bisa memilih area mana yang hendak dibidik. Sama halnya dengan penggunaan tombol PrtScSysRq pada layar komputer atau laptop tadi, sehingga perlu dilakukan edit jika ada area yang tidak ingin ditampilkan.

Namun dengan cara keempat, maka Anda akan diminta terlebih dahulu untuk menentukan area mana yang akan di screenshot atau dengan kata lain, sebelum screenshot Anda melakukan cropping dahulu. Sehingga hasil screenshot adalah area yang benar-benar diinginkan tanpa perlu dilakukan edit lagi.

Semua gambar hasil screenshot tersebut akan tersimpan secara otomatis pada gallery photo dalam ponsel maupun pada komputer atau laptop dan memiliki format photo pada umumnya.

Demikian postingan pada siang hari ini semoga apa yang ada di pembahasan di atas bisa memberikan sedikit pencerahan dan semoga bermanfaat.

(Visited 4 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *