Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Cara Mudah Root Smartphone Android Tanpa Menggunakan Komputer

2 min read

Cara Mudah Root Smartphone Android – Mengetahui cara mudah melakukan root perangkat smartphone tanpa menggunakan komputer atau PC bisa sangat berguna bagi penggunanya.

Ketika kamu melakukan rooting  maka ada kesempatan bagi kamu untuk mengelola perangkat smartphone dengan lebih bebas dan detail.

Kamu bisa menghapus Bloatware atau aplikasi bawaan yang tidak berguna dan hanya memenuhi ruang memori.

Root Android Dengan Frama Root
Root Android Dengan Frama Root

Rooting juga membuat smartphone Android kamu bisa bekerja lebih cepat karena RAM dan memori internal yang bisa diatur penggunaannya.

Selain itu masih ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan rooting sebuah perangkat smartphone Android.

Jika kamu berniat belajar dan mencoba melakukan rooting, ada baiknya untuk menyimak cara mudah melakukan rooting tanpa menggunakan komputer atau PC dengan menggunakan aplikasi Framaroot berikut ini.

Memasang Aplikasi Framaroot

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa melakukan rooting tanpa menggunakan PC atau komputer adalah dengan memasang aplikasi Framaroot.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam hal memasang aplikasi tersebut adalah memastikan kompatibilitas smartphone kamu dengan aplikasi tersebut.

Ada baiknya kamu mencari tahu kompetibilitas smartphone dengan aplikasi Framaroot dengan cara melihat daftar perangkat smartphone yang ada dalam daftar Framaroot Supported Devices.

Framaroot hanya bisa digunakan untuk melakukan rooting pada perangkat smartphone yang kompatibel saja.

Sedangkan jika Framaroot dipasang pada perangkat smartphone yang tidak kompatibel maka aplikasi tersebut tidak akan dapat digunakan untuk melakukan proses rooting.

Jika smartphone kamu ada dalam daftar perangkat yang kompatibel maka kamu bisa memulai melakukan instalasi aplikasi tersebut dengan cara mengunduh dan memasangnya di smartphone Android yang akan di-root.

Aplikasi Framaroot dapat dicari dan kemudian diunduh secara gratis di Google Play Store. Dan untuk tutorial lainnya dapat kalian lihat di video youtube sudah banyak sekali yang menshare.

Langkah Melakukan Rooting Tanpa PC Dengan Framaroot

Langkah awal kamu harus menyeting di menu setting =>> centang atau aktifkan Unknown Sources

Setelah menemukan aplikasi Framaroot di Google Play Store, maka pilih untuk mengunduh dan memasang aplikasi tersebut, atau juga bisa download di link bawah ini.

Download Framaroot v 1.9.3

Setelah kamu berhasil melakukan instalasi aplikasi Framaroot, langkah pertama dari cara mudah melakukan rooting tanpa komputer adalah menjalankan aplikasi tersebut.

Pada saat menjalankan aplikasi, akan muncul pilihan pada menu pilihan setelah melakukan proses root.

Pilihan tersebut akan berisi tiga opsi berupa Install Superuser, Install SuperSU dan Unroot. Kamu bisa memilih Superuser atau SuperSU untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah yang dianjurkan untuk memperoleh cara mudah melakukan rooting tanpa PC dengan Framaroot adalah mengambil pilihan Install SuperSU.

Setelah membuat pilihan tersebut, kemudian akan muncul pilihan berikutnya di bawah tab Install SuperSU.

Terdapat dua pilihan berupa Aragorn dan Gandalf yang bisa dipilih. Kedua pilihan tersebut sebenarnya sama – sama dapat digunakan untuk melakukan rooting, tetapi disarankan untuk memilih Gandalf karena kemudahan yang nantinya akan ditemui.

Setelah kamu memilih Gandalf, maka aplikasi Framaroot akan bekerja.

Kamu harus menunggu hingga apliaksi Framaroot memunculkan notifikasi yang menyatakan bahwa instalasi binary Superuser dan SU telah berhasil dilakukan.

Notifikasi tersebut menunjukkan bahwa proses melakukan rooting telah berhasil.

Kamu dapat melanjutkan langkah berikutnya dengan menekan pilihan OK dan kemudian lakukan restart pada perangkat smartphone kamu.

Setelah langkah reboot dari sistem operasi Android kamu selesai, maka keberhasilkan proses rooting dapat dilihat dengan cara melihat ada tidaknya aplikasi Superuser atau SuperSU pada drawer atau daftar aplikasi kamu.

Jika aplikasi SuperSU atau Superuser telah muncul maka bisa dipastikan proses rooting yang kamu lakukan dengan aplikasi Framaroot telah berhasil.

Artikel Terkait : Cara Mudah Cek IMEI Handphone

Beberapa Hal Tentang Rooting Yang Wajib Kamu Ketahui

Setelah mengetahui cara mudah melakukan rooting ada beberapa hal penting tentang hal tersebut yang sepertinya kamu harus tahu.

Perangkat smartphone Android yang telah sukses di-root dapat kamu atur dengan lebih bebas.

Ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa sangat berguna untuk mengelola kapasitas RAM ataupun memori internal di smpartphone kamu, salah satunya adalah Greenify.

Selain keuntungan tadi, kamu juga harus tahu dan mewaspadai hal – hal berikut ini ketika melakukan rooting.

Salah satunya adalah aspek keamanan mengingat rooting membuat akses pada file sistem menjadi lebih terbuka.

Resiko infeksi malware menjadi sesuatu yang harus kamu waspadai, salah satunya adalah selalu mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya.

Demikian tips dan tutorial Cara Mudah Root Smartphone Android Tanpa Menggunakan Komputer yang dapat admin bagikan, semoga dengan sedikit ulasan ini dapat membantu sobat dalam meroot android yang dimiliki.

(Visited 29 times, 2 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *