Beberapa Cara Mudah Mengembalikan Performa Smartphone Yang Mulai Melambat

Diposting pada

Performa sebuah smartphone yang melambat bisa sangat menjengkelkan terutama ketika kamu tengah butuh menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Efek lambat yang dirasakan bisa semakin bertambah dan sangat mengganggu kenyamanan menggunakan perangkat smartphone.

Solusi Android Terlalu Lemot
Solusi Android Terlalu Lemot

Berikut ini ada beberapa cara mudah mengembalikan performa smartphone yang mulai menurun dan ditandai dengan kecepatan loading yang semakin lambat.

Melakukan Update Sistem Operasi

Salah satu cara mudah untuk mengembalikan performa smartphone terkait dengan kecepatannya adalah dengan melakukan update sistem operasi.

Cara melakukan update sistem operasi ini terbilang sangat mudah; kamu cukup membuka setting dan membuka tab about device untuk menemukan pilihan software update.

Tekan tombol check for updates dan jika ada update terbaru; maka kamu bisa mengunduh dan melakukan pembaruan sistem operasi.

Artikel Lainnya : Solusi Memory Penuh Di Android

Melakukan Pembersihan Home Screen

Home screen atau bagian layar depan sebuah smartphone bisa mempengaruhi performa terutama jika ada terlalu banyak shortcut aplikasi yang terpasang di situ.

Pembersihan home screen dengan cara memilah dan menghapus shortcut yang jarang atau tidak terpakai agar tidak ada terlalu banyak shortcut di layar depan.

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan wallpaper atau gambar layar yang sederhana dan bersifat statis.

Wallpaper bergerak atau animasi akan menambah beban bagi kinerja perangkat keras sebuah smartphone.

Menghapus Atau Menanonaktifkan Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Selain menghapus shortcut dari aplikasi yang jarang atau tidak digunakan; kamu juga dapat menghapus atau mememilih menonaktifkan aplikasi yang jarang atau memang tidak digunakan.

Ada beberapa aplikasi yang bekerja di belakang dan membebani sistem operasi serta perangkat keras. Mematikan atau menonaktifkan aplikasi tersebut jika memang tidak berguna akan meningkatkan kinerja sebuah smartphone.

Sedangkan menghapus aplikasi yang tidak digunakan dapat menambah besar kapasitas ruang memori. Langkah ini bisa dilakukan dengan membuka bagian menu Setting dan memilih tab Apps.

Kamu akan menemukan daftar aplikasi yang terpasang di smartphone dan memilih aplikasi mana saja yang tidak digunakan untuk kemudian kamu hapus atau melakukan prosedur Uninstall.

Mematikan Fitur Animasi

Mematikan fitur berupa gambar bergerak atau animasi juga akan membebaskan lebih banyak ruang memori sekaligus mengurangi beban perangkat keras dari sebuah smartphone.

Langkah ini dapat dilakukan dengan masuk ke menu Setting di bagian tab About Phone dan kamu cari menu Device Information atau Systems.

Setelah membuka menu tersebut kamu akan menemukan tab Buld Number. Sentuh bagian kolom sebanyak 7 kali untuk memanggil mode Developer.

Kemudian dari menu Setting kamu dapat memilih Developer Option dan cari kolom Window Animation Scale, Transition Animation Scale dan Animation Duration Scale.

Turunkan angka yang tertera hingga kamu menemukan pilihan Animation Off.

Membersihkan Memori Dengan Menghapus Cache

Membersihkan memori merupakan cara mudah lain yang bisa meningkatkan kembali performa smartphone yang mulai melambat.

Salah satu cara cepat untuk menambah kapasitas memori adalah dengan membersihkan atau menghapus cache.

Cached data sebenarnya berguna untuk mempercepat proses membuka sebuah aplikasi namun cached data yang telah menumpuk justru akan menurunkan performa smartphone.

Cara mudah untuk membersihkan cache adalah dengan masuk menu Setting dan pilih tab Apps.

Kamu kemudian dapat membuka aplikasi yang menyimpan banyak data cache dan membersihkannya dengan memilih tab Clear Cache.

Langkah lain yang bisa kamu lakukan adalah membuka menu Setting dan memilih bagian Storage untuk kemudian menekan pilihan Clear Cache.

Pilihan kedua ini hanya dapat digunakan untuk Android 6.0.1 Marshmallow dan versi setelahnya.

Baca Juga : Fitur Baru Whatsapp Yang Perlu Kamu Ketahui

Mematikan Auto-Sync

Beberapa aplikasi yang membutuhkan akun tertentu untuk mengaktifkannya akan aktif dengan kondisi Auto-Sync.

Ketika dalam kondisi menyala aplikasi akan terus mengirim informasi dan menerima informasi secara berkala untuk memperoleh pembaruan informasi.

Jika aplikasi tersebut tidak terlalu penting buat kamu; maka ada baiknya untuk mematikan pilihan Auto-Sync.

Melakukan Factory Reset

Pilihan ini bisa dikatakan merupakan cara mudah mengembalikan performa smartphone dengan satu langkah mudah.

Melakukan Factory Reset akan mengembalikan kondisi perangkat lunak atau software sebuah smartphone seperti ketika baru keluar dari pabrik.

Kelemahan cara ini adalah data atau informasi yang tersimpan di smartphone kamu akan terhapus.

Baiklah di atas sudah admin jelaskan mengenai apa saja yang harus kamu lakukan saat handphone android kamu sudah mulai lemah lesu alias lemot, semoga tips diatas bisa memberikan solusi terbaik untuk kamu, selamat mencoba guys.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *