Tips Dan Cara Mudah Mencari Dan Mengamankan Android Yang Hilang

Diposting pada
Loading...

Ponsel Android yang hilang baik itu karena dicuri orang atau karena ketinggalan di suatu tempat tentunya bisa membuat siapa saja jadi panik.

Tidak hanya karena harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membeli smartphone baru, namun data yang tersimpan di dalam smartphone Kamu bisa beresiko jatuh di tangan orang yang punya niat tidak baik.

Untungnya Google menyediakan cara yang bisa Kamu lakukan untuk menentukan lokasi smartphone, menguncinya, menyalakan nada deringnya, bahkan mengganti password agar smartphone yang jatuh ke tangan orang lain setidaknya sulit untuk dibuka dan diakses.

Berikut adalah cara mudah untuk menemukan ponsel Android Kamu yang hilang.

Aktifkan Permission Untuk Akses Lokasi

Sebelum masuk ke bagaimana caranya menemukan Android Kamu yang hilang atau terselip, sebelum kejadian sebaiknya Kamu pastikan dulu aplikasi Google terutama Maps memiliki otoritas untuk mengakses lokasi perangkat Kamu.

Pengecekan bisa dilakukan pada bagian menu pengaturan Permissions. Hal ini untuk memudahkan Google dalam mendeteksi keberadaan lokasi ponsel, Caranya sebagai berikut :

Masuk aplikasi google maps pilih menu Setelan

Kemudian klik menu Setelan Lokasi Google

Aktifkan Akses ke lokasi saya

Setelah itu pastikan Kamu juga ingat dengan akun Google dan juga password yang terdaftar pada perangkat Android karena akan digunakan saat mencari perangkat Kamu yang hilang.

Menggunakan Android Device Manager

Android Device Manager merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google dan bisa Kamu unduh secara gratis menggunakan perangkat mobile, atau bisa juga diakses melalui halaman web https://www.google.com/android/devicemanager pada laptop atau komputer.

Setelah membuka ADM, masuk dengan menggunakan akun Google yang sama dengan perangkat Android Kamu yang hilang. Android Device Manager pada umumnya punya 4 fungsi utama, yaitu:

  • Menunjukkan peta terakhir dari lokasi Android Kamu

  • Menyediakan fitur untuk menyalakan nada dering perangkat Kamu, bahkan pada saat silent mode

  • Memungkinkan Kamu untuk mengunci  layar

  • Memberikan akses kepada Kamu untuk menghapus konten dan data yang ada pada perangkat yang hilang

ADM akan menunjukkan lokasi terakhir keberadaan perangkat Android Kamu dengan akurasi sekitar 800 meter. Kamu bisa me-refresh lokasinya dengan klik logo kompas pada bagian pojok.

Membuat Android Jadi Bersuara

Cara ini bisa dilakukan apabila Kamu hanya lupa meletakkan smartphone dan kebingungan mencarinya.

Kamu bisa menggunakan laptop atau menggunakan smartphone orang lain untuk menggunakan Android Device Manager dan membuat Android Kamu bersuara meski dalam keadaan silent atau hanya digetarkan saja.

Klik pada icon Ring untuk membuat Android Kamu mengeluarkan suara selama 5 menit pada tingkat volume yang paling tinggi.

Jika Android hanya terselip dan Kamu lupa di mana meletakkannya, cara mudah ini bisa dilakukan untuk mendeteksi lokasi perangkat. Setelah ditemukan, suara bisa dimatikan dengan menekan tombol yang ada pada layar perangkat Android Kamu.

Mengunci Layar Android Kamu

Jika Kamu sudah menyalakan suara pada perangkat Android dengan menggunakan cara yang pertama namun ternyata Kamu tidak mendengar apapun, resikonya adalah smartphone Kamu sudah tidak ada lagi di sekitar Kamu.

Sebagai tindakan pengamanan pertama, kunci perangkat Android dengan menggunakan Android Device Manager agar siapapun yang memegang perangkat Kamu tidak bisa membuka layar.

Tap pada ikon Lock kemudian Kamu akan disajikan form yang harus diisi dengan password, pesan, nomor telepon alternatif.

Kamu bisa mengisi bagian ini dengan pesan kepada orang yang memegang Android Kamu untuk menghubungi ke nomor telepon alternatif.

Kamu  juga bisa mengubah layar kunci yang sudah teraplikasikan sebagai tindakan pengamanan tambahan.

Mencegah orang membuka layar dan masuk ke Android Kamu bisa melindungi akun email dan juga media sosial Kamu agar tidak disalahgunakan.

Artikel lainnya : Cara Meningkatkan Performa Android Yang Lemot

Menghapus Semua Data Yang Ada Pada Perangkat Android

Jika dalam beberapa hari perangkat Android Kamu belum juga ditemukan, langkah terakhir untuk setidaknya mengamankan data penting dan vital yang tersimpan dalam perangkat Kamu adalah dengan menghapusnya.

Kamu bisa menghapus data pada perangkat Android dan mengembalikannya pada mode factory reset dengan klik ikon Erase  pada ADM.

Melakukan factory reset artinya perangkat Kamu akan kehilangan data-data aplikasi dan juga data pribadi lainnya yang tersimpan selama Kamu menggunakan perangkat Android tersebut.

Hal ini untuk mengurangi resiko kebocoran data pribadi dan penyalahgunaan data pribadi oleh pemegang Android Kamu.

Untuk memastikan Kamu aman, sebaiknya ganti semua password media sosial dan email setelah Kamu kehilangan Android.

Demikian tips tentang mengamankan hp androdi yang hilang yang dapat admin berikan kepada sobat semuanya, semoga tidak terjadi hal yang tidak di inginkan dan semoga bermanfaat.

(Visited 20 times, 1 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *