Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Efektif Tanpa Bahan Kimia

Diposting pada

Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Bahan Kimia – Jerawat merupakan penyakit yang menyebalkan terutama bagi perempuan, oleh sebab itu harus segera di basmi. Karena jerawat dapat merusak kulit dan mengakibatkan tersumbat nya pori-pori kulit akibat kotoran dan debu. Pori-pori terhubung dengan kelenjar minyak dibawah kulit.  Kelenjar inilah yang membuat zat minyak. Pori-pori terhubung ke kelenjar yang disebut folikel. Di dalam folikel ini, minyak membawa sel kulit mati ke permukaan kulit.

Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Di Wajah
Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Di Wajah

Menghilangkan Jerawat Tanpa Bahan Kimia

Jerawat merupakan penyakit yang harus di berikan perlakuan khusus, tidak dapat sembarangan memberikan obat jerawat untuk di aplikasi kan ke kulit. Karena kulit wajah adalah kulit yang paling sensitif dari bagian kulit lainnya. Oleh karena itu simaklah cara menghilangkan jerawat secara alami dibawah ini agar tidak ada efek sampingnya. Apabila kamu salah memberikan perlakuan, kemungkinan terburuk kulit wajah kamu bisa lebih parah dan jerawat akan lebih banyak.

Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya jerawat. Salah satunya di sebabkan oleh infeksi akibat p.acne, pola makan yang tidak terjaga dengan baik dan sehat, faktor genetik, ketidak setabilan hormon, minyak yang terlalu berlebihan keluar dan lain-lain.

Artikel terkait: Penyebab Dan Cara Mengatasi Bibir Kering

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Bagi kamu yang ingin menghilangkan jerawat dengan bahan alami dan dengan biaya murah dan mudah mari simak cara-cara berikut ini. Meskipun metode perawatan ini tergolong cukup lama tetapi kita tidak perlu mengkhawatirkan adanya efek samping yang berbahaya bagi kesehatan maupun kulit kita.

  1. Es Batu

Es batu merupakan bahan yang dapat di manfaatkan untuk menghilangkan minyak berlebihan dan kotoran pada wajah yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Karena es batu berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah, bisa meningkatkan sirkulasi darah pada daerah sekitar jerawat.

Caranya cukup mudah, sediakan es batu kemudian bungkus dengan kain yang bersih. Tempel kan es batu yang telah di bungkus pada wajah dan tahan selama beberapa menit. lakukan secara rutin sampai jerawat sembuh.

  1. Pasta gigi

Kandungan yang terdapat pada pasta gigi seperti hidrogen peroksida, fluoride, dan triclosan yang berfungsi mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit wajah. Caranya oleskan secara langsung pasta gigi ke jerawat. jangan mengoleskannya ke seluruh area kulit, cukup pada jerawatnya saja. Biarkan selama kurang lebih 2 jam atau semalaman. Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.

  1. Scrub gula

Pada gula murni mengandung senyawa AHA (Alpha Hydroxy Acids) dan asam glikolat yang berfungsi untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati serta menghilangkan bekas jerawat dan jerawat. Gua juga bisa membunuh dinding sel bakteri penyebab jerawat, karena pada dasarnya bakteri tidak tahan terhadap gula.

Caranya campurkan 2 sendok gula dengan satu sendok air, aduk hingga menjadi pasta, kemudian oleskan scrub pada wajah selama 15 menit sampai 20 menit. kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.

  1. Putih telur

Putih telur berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebihan yang menjadi penyebab utama jerawat. Enzim Lysozyme yang terdapat pada putih telur mampu menghancurkan dinding sel penyebab utama masalah jerawat. Selain untuk perawatan wajah, putih telur juga efektif menghilangkan komedo.

Caranya pisahkan putih telur dengan kuning telur, kocok putih telur sampai mengembang kemudian oleskan pada wajah sampai mengering lalu bilas dengan air hangat.

  1. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang efektif dan efisien dalam menghilangkan jerawat membandel. Karena bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang baik untuk mengeringkan jerawat. Serta mengandung senyawa  allicin yang bersifat antiseptik yang dapat menangkal berbagai macam bakteri penyebab jerawat.

Caranya siapkan 1 siung bawang putih. lalu bagi menjadi dua bagian kemudian gosok kan pada jerawat. diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Atau halus kan bawang putih lalu aplikasi kan pada wajah yang bersih, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

  1. Menggunakan uap

Uap air panas mampu membuka pori-pori kulit yang tertutup sehingga kulit bisa bernapas. Sehingga kotoran yang terperangkap dalam pori-pori dapat keluar. Caranya isi suatu wadah dengan air panas, lalu letakkan wajah kamu diatas wadah tersebut. Lakukan selama 5 menit. Lakukan dengan rutin setiap hari terutama menjelang tidur agar kotoran selama seharian penuh dapat keluar.

  1. Kulit pisang

Kandungan anti oksidan pada kulit pisang mampu mengurangi jerawat dan minyak berlebihan pada wajah. Caranya ambil kulit pisang yang berwarna kuning kehitaman, yang hitam lebih efektif mengobati jerawat, gosok kan bagian dalam kulit pisang ke wajah sampai bagian dalam kulit berwarna ke hitam-hitaman, kemudian ganti dengan kulit pisang yang baru lalu gosok kan sampai 10 menit diamkan selama 1 jam kemudian bersihkan menggunakan air.

  1. kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin c dan asam alpha hidroksi yang berfungsi membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat karena debu dan kotoran, dan mampu mengangkat sel kulit yang sudah mati. Caranya keringkan kulit jeruk dibawah sinar matahari selama beberapa hari hingga benar-benar kering, kemudian halus kan sampai halus, lalu tambahkan air secukupnya kemudian aduk rata menyerupai pasta. Lalu oleskan pada wajah yang berjerawat tunggu beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat.

Begitulah cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa bahan kimia, silahkan mencoba, semoga berhasil.

(Visited 3 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *