10 Cara Menggabungkan File Pdf Menjadi Satu

Diposting pada
Loading...

10 Cara Menggabungkan File Pdf – Saat ini kebutuhan file semakin meningkat. Baik itu dalam bentuk soft file ataupun hard file. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi membuat semua orang lebih suka mengirim file lewat CD print dan email berbentuk elektronik. Hal ini berlaku sama untuk bidang pemberkasan online. Dimana saat ini beberapa instansi dan korporasi lebih suka memanfaatkan file berbentuk word, pdf, dan sejenisnya untuk bertukar informasi.

Bahkan, ada juga dalam kebutuhan tertentu banyak orang lebih sering menggunakan file berformat pdf yang berasal dari word atau file lainnya. Kemudian beberapa file tersebut digabungkan menjadi satu berbentuk pdf. Bagaimana cara melakukannya? PDF atau singkatan dari portable document format adalah berkas yang formatnya dikembangkan oleh pihak Adobe system.

Umumnya, file berbentuk pdf ini sering dimanfaatkan untuk pengiriman dokumen digital. Supaya pembacanya lebih mudah membacanya. Maka dari itulah, jikaa Anda adalah salah dari mereka yang sering menggunakan pdf, maka kami punya triknya. Berikut ini adalah 10 cara untuk menggabungkan file pdf menjadi satu dengan menggunakan beberapa alternatif, antara lain:

Cara Menggabungkan PDF dengan Adobe Acrobat

Menggabungkan PDF dengan Adobe Acrobat
Menggabungkan PDF dengan Adobe Acrobat

Adobe acrobat ini adalah software dari Adobe system yang bisa digunakan untuk mengedit file pdf. Software ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa file menjadi 1 supaya menjadi berbentuk file pdf. Salah satu kelebihan program ini adalah bisa menggabungkan beberapa file seketika. Lebih lengkapnya silahkan simak panduannya berikut ini:

  1. Instal dulu software Adobe Acrobat di PC atau laptop dulu. Silahkan gunakan versi standar atau Pro. Jadi, jangan menggunakan versi trial bila ingin menggunakannya jangka panjang. Namun, ada juga beberapa komputer yang sudah ada software Adobe Acrobat didalamnya. Sehingga, untuk beberapa orang yang beruntung tidak perlu lagi menginstalnya.
  2. Setelah aplikasi ini terinstal di PC dan laptop, silahkan buka dan jalankan. Kemudian, tekan tombol create yang ada di toolbar utama. Bila Anda tidak melihat tombol itu, silahkan buka saja di menu View yang terdapat dalam toolbar. Setelah itu, pilih tombol Task dan lanjutkan juga dengan tombol show all task buttons untuk melanjutkannya.
  3. Kemudian, masuk ke dalam menu combine files into a single PDF. Meu ini ada dalam menu create. Dengan menu inilah Anda bisa menggabungkan beberapa dokumen PDF untuk menjadi 1 file saja. Setelah itu, pilih tombol browse di Window dan pilih dokumen yang ingin digabungkan berbentuk pdf. Kemudian, klik Ok sehingga dokumen yang terpilih langsung tersalin ke dalam kotak putih di sebelah kanan.
  4. Selanjutnya, silahkan sortir dokumennya berurutan. Dalam tahapan ini, Anda bisa memakai beberapa tombol. Yaitu, move up, remove, dan juga move down. Sehingga, file menjadi lebih rapi dan urut. Namun sebelum itu, hilangkan dulu tanda centang pada tulisan include all open Pdf file. Itu bila Anda tidak mau memakai file PDF yang pernah dibuka sebelumnya.
  5. Bila sudah mengurutkan dokumennya, pilih combine file dan Oke. Sampai pada tahapan ini, tunggu saja proses penggabungan filenya. Lanjutkan dengan menyimpan file PDF tersebut pada menu save as menggunakan nama file sesuai yang Anda inginkan. Dengan cara inilah, Anda bisa menggabungkan file PDF tersebut menjadi 1 dengan aplikasi Adobe Acrobat.

Cara Menggabungkan PDF dengan Nitro PDF

Menggabungkan PDF dengan Nitro PDF
Menggabungkan PDF dengan Nitro PDF

Selain memakai software Adobe Acrobat, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi Nitro PDF untuk menggabungkan file PDF menjadi satu. Nitro PDF ini punya beberapa fitur yang menarik. Hanya saja, software ini hanya bisa digunakan berbayar. Jadi tidak gratis. Namun meskipun begitu, Anda masih bisa menggunakan versi trial untuk mencoba kemampuan software ini. Berikut ini adalah panduannya:

  1. Langkah awal adalah unduh dulu aplikasinya. Coba saja versi trialnya. Versi trial umumnya berlaku hingga 14 hari saja. Sehingga saat masa percobaannya habis, Anda harus membeli aplikasi ini bila ingin menggunakannya terus. Setelah mengunduh aplikasi ini, langsung saja instal di PC atau laptop Anda. Kemudian, jalankan langsung aplikasinya.
  2. Bila sudah, pilih saja dokumen manakah yang Anda inginkan. Pilih dokumen yang ingin digabungkan ke dalam 1 file PDF. Caranya tekan saja shift + klik kiri pada semua dokumennya. Setelah itu, pindahkan file itu pada 1 folder. Sehingga, Anda semakin mudah mencarinya. Selanjutnya, masuk saja ke dalam aplikasi Nitro PDF ini dan bukalah folder yang berisi dokumen sebelumnya.
  3. Caranya pilih menu combine files in Nitro PDF. Langkah berikutnya adalah tampilkan dokumen yang terpilih tadi dengan cara menyortirnya sesuai urutan yang Anda inginkan. Anda bisa memakai tombol move down dan move up untuk menurunkan dan menaikkan urutan dokumennya. Bila sudah, pilih kualitas dokumen itu dalam menu make PDF file.
  4. Sebaiknya pilih saja menu print ready atau pilih yang large file size. Bila sudah, simpan dokumen tersebut dengan memilih menu save PDF to ke lokasi penyimpanan yang Anda inginkan. Terakhir, pilih tombol klik sehingga file PDF tersebut selesai digabungkan seperti yang Anda inginkan.

Cara Menggabungkan PDF dengan Icecream PDF Split & Merge

Menggabungkan PDF dengan Icecream PDF Split & Merge
Menggabungkan PDF dengan Icecream PDF Split & Merge

Selain aplikasi sebelumnya, masih ada lagi cara lainnya untuk menggabungkan file PDF menjadi satu. Yaitu memanfaatkan aplikasi dari Adobe system lagi agar lebih efektif dalam menyatukan dokumennya. Sehingga, Anda bisa membentuknya menjadi 1 file PDF. Bila Anda ingin memakai aplikasi ini, silahkan saja ikut langkah-langkahnya berikut ini supaya bisa menggabungkan file PDF dengan cepat:

  1. Untuk melakukannya, silahkan unduh dulu aplikasinya bernama PDF split and merge. Bila sudah, instal langsung aplikasi ini di PC atau laptop Anda. Namun sebelum itu, hilangkan dulu tanda centangnya pada pilihan instalasi perangkat lunak yang diinginkan. Ketika proses instalnya berhasil, langsung saja buka aplikasinya dan pilih tombol add file.
  2. Setelah itu, silahkan pilih dokumen PDF yang ingin digabungkan. Kemudian, sortir dokumen yang terpilih tadi sesuaiurutan yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan tombol move up dan move down yang berada di sebelah kanan. Dalam tahapan ini, Anda bisa menambahkan kata sandi. Supaya berkas PDF tersebut bisa diproteksi ketika selesai digabungkan.
  3. Bila Anda sudah selesai merapikannya dan berhasil mengurutkan dokumennya, silahkan pilih merge. Sehingga, semua dokumennya bisa segera digabungkan ke dalam 1 file PDF. Nah, sampai disini Anda sudah berhasil menjadikan 1 file dokumen PDF dengan beberapa cara yang mudah untuk pemula.

Cara Menggabungkan PDF dengan PDFelement 6

Menggabungkan PDF dengan PDFelement 6
Menggabungkan PDF dengan PDFelement 6

Alternatif lainnya untuk menggabungkan file PDF menjadi satu adalah menggunakan PDFelement 6. Aplikasi yang satu ini sangat praktis dan bagus untuk menggabungkan file PDF menjadi satu. Berikut ini adalah panduan menggunakan aplikasi ini jika ingin menggabungkan file PDF menjadi satu, antara lain:

  1. Unduh dan pasang dulu aplikasinya. Yaitu bernama PDFelement 6 di PC atau laptop Anda dulu. Anda bisa menemukannya di beberapa sumber terpercaya di internet. Setelah aplikasinya terpasang di PC atau laptop, pilih saja menu combine PDF. Setelah itu, pilih saja file PDF yang mau digabungkan dengan cara klik browse untuk mencari file yang diinginkan.
  2. Anda juga bisa memakai menu drag and drop file PDF untuk mencari filenya. Bila sudah, langsung lanjutkan tombol Next. Tunggu sampai beberapa detik, maka aplikasi ini sudah selesai mengerakan tugasnya untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Sampai disini, Anda sudah berhasil menggabungkan beberapa file PDF tersebut menjadi satu.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini dibandingkan yang lainnya adalah, caranya sangat mudah dan praktis. Maka dari itulah, aplikasi ini direkomendasikan sekali untuk pemula yang ingin menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Tentunya dengan cara yang mudah dan cepat.

Cara Menggabungkan PDF dengan Smallpdf.com

Menggabungkan PDF dengan Smallpdf.com
Menggabungkan PDF dengan Smallpdf.com

Untuk cara ini berbeda sekali dengan cara menggabungkan file PDF pada umumnya. Karena bila cara sebelumnya memanfaatkan aplikasi untuk bisa menggabungkan file PDF itu, maka kali ini Anda menggunakan situs online. Yaitu smallpdf.com. Sehingga, Anda tidak perlu mengunduh, apalagi menginstal aplikasinya. Semuanya bisa langsung diakses secara online. Berikut ini adalah panduannya!

  1. Silahkan masuk ke dalam web browser dulu yang Anda gunakan di PC atau laptop. Kunjungi situs smallpdf.com. Bila sudah, silahkan pilih dokumen PDF yang mau digabungkan. Caranya klik dan tahan di dokumen itu. Kemudian, seret ke dalam jendela yang warnaya abu-abu bertuliskan drop PDF here. Sehingga, dalam tahapan ini Anda bisa memilih sendiri file manakah yang Anda inginkan.
  2. Selanjutnya, sama halnya dengan cara sebelumnya. Dalam tahapan ini Anda harus mengurutkan dokumen PDF yang Anda inginkan berdasarkan urutannya. Bila sudah selesai mengurutkan dan merapikan dokumennya, silahkan pilih tombol merge PDF dibagian bawahnya. Setelah itu, simpan file itu ke dalam PC atau laptop dengan cara memilih menu download.

Dengan cara inilah Anda berhasil menggabungkan beberapa file PDF tersebut menjadi satu. Itupun anti ribet. Karena Anda tidak perlu menginstalnya. Semuanya langsung bisa digunakan secara online dengan mengakses situsnya saja.

Cara Menggabungkan PDF dengan WPS Office

Menggabungkan PDF dengan WPS Office
Menggabungkan PDF dengan WPS Office

Selain menggunakan beberapa aplikasi itu, Anda juga bisa menggunakan alternatif software yang lainnya untuk menggabungkan file PDF yang berbeda menjadi 1. Yaitu, menggunakan WPS Office. Untuk sebagian besar pengguna ponsel android tentunya tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Karena aplikasi WPS Office ini bisa membantu Anda membaca file PDF word ataupun Excel bersamaan.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit file PDF yang diinginkan, termasuk untuk menggabungkan 2 file PDF atau bahkan lebih menjadi satu. Disisi lain, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini di smartphone supaya lebih praktis. Dengan aplikasi ini pula Anda bisa membuat tanda tangan langsung dari layar HP.  Untuk cara menggabungkan file PDF menjadi satu sama seperti cara sebelumnya. Tinggal dicombine saja menjadi satu.

Cara Menggabungkan PDF dengan PDF Utility

Menggabungkan PDF dengan PDF Utility
Menggabungkan PDF dengan PDF Utility

Cara lainnya untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu adalah PDF Utility. Cara untuk menggunakannya sangat mudah! Cukup unduh dan instal langsung aplikasinya di HP Anda dari playstore. Setelah itu, silahkan pilih menu merge. Dari sinilah Anda nanti akan diminta menentukan sendiri file PDF yang ingin digabung menjadi satu. Caranya pilih menu select.

Kemudian, klik checklist yang terdapat di pojok kiri bawah. Dari sinilah Anda sudah bisa menggabungkan beberapa file PDF tersebut menjadi satu. Cara untuk memanfaatkan aplikasi ini bisa dilakukan dari HP Android. Selain mudah, juga sangat praktis. Cocok sekali dengan Anda yang punya mobilitas tinggi. Karena dengan cara inilah Anda bisa langsung menyunting file PDF dari smartphone android Anda.

Cara Menggabungkan PDF dengan Xodo PDF Reader & Editor

Menggabungkan PDF dengan Xodo PDF Reader & Editor
Menggabungkan PDF dengan Xodo PDF Reader & Editor

Cara lain untuk menggabungkan file PDF menjadi satu dari android adalah menggunakan aplikasi ini. Seperti cara sebelumnya. Anda harus mengunduh dulu aplikasinya, kemudian menginstalnya di HP android Anda. Berikut ini adalah tutorial menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu menggunakan aplikasi Xodo, antara lain:

Unduh dulu aplikasinya. Yaitu, Xodo PDF Reader and Editor. Aplikasi ini berguna sekali untuk membaca dan mengedit file PDF dengan mudah dan cepat. Disinilah nanti Anda hanya perlu memasukkan file PDF saja. Setelah itu, pilih tombol merge file PDF yang tersedia. Tidak hanya fitur itu saja, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur lainnya. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dari Play Store secara gratis.

Cara Menggabungkan PDF dengan PDF Merge

Menggabungkan PDF dengan PDF Merge
Menggabungkan PDF dengan PDF Merge

Aplikasi yang satu ini sangat baik untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dengan mudah lewat android. Yaitu, PDF Merge. Aplikasi yang satu ini sangat membantu sekali pengguna dalam mengedit file PDF, sekaligus menggabungkannya dengan cara yang mudah. Untuk memakai aplikasi ini, pilih saja menu merge. Setelah itu, pilih file PDF yang Anda inginkan untuk digabungkan menjadi satu.

Bila sudah, silahkan pilih tombol merge yang terdapat di menu bawah. Bisa dibilang bahwa aplikasi ini adalah software yang multifugsi. Karena tidak hanya bisa digunakan untuk merapikan file dan isinya yang berantakan. Namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Supaya lebih cepat, praktis, dan mudah.

Cara Menggabungkan PDF dengan Merge PDFs & Combine PDFs

Menggabungkan PDF dengan Merge PDFs & Combine PDFs
Menggabungkan PDF dengan Merge PDFs & Combine PDFs

Aplikasi yang terakhir ini adalah Merge PDFs and Combine PDFs. Aplikasi yang satu ini juga tak kalah menarik dari yang lainnya. Anda harus mencobanya untuk menggabungkan beberapa file ke dalam satu PDF. Yang lebih menariknya lagi adalha, aplikasi ini sangat ringan. Ukurannya hanya sebesar 5 Mb saja. Selain itu, tidak ada batasan untuk menggunakan aplikasi ini.

Anda bisa menggabungkan berapapun jumlah file PDF yang Anda inginkan menjadi satu. Untuk memakainya sangat mudah! Cukup unduh dan instal langsung di HP android Anda. Kemudian, pilih menu merge. Kemudian, pilih semua file untuk digabungkan menjadi 1. Tinggal tunggu saja aplikasinya bekerja. Supaya aplikasi ini bisa menggabungkan file yang telah dipilih tadi.

Nah, itu tadi adalah beberapa tutorial untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file. Sangat mudah bukan? Anda bisa memilih salah satu cara di atas yang paling mudah untuk Anda. Bisa dengan menggunakan PC, laptop, atau bahkan HP android. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan paling mudah untuk Anda. Supaya Anda bisa menggabungkan file PDF yang Anda inginkan menjadi satu dengan langkah yang paling mudah menurut Anda.

(Visited 37 times, 1 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *