Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat

Diposting pada

Sakit yang tidak kelihatan dan paling tidak enak dirasa adalah sakit gigi. karena ketika anda merasakan ngilu di gigi maka semua rasa normal pada organ lain juga merasakan sakit.

Pikiran jadi kacau, kepala pening, pandangan jadi kabur. Padahal masalah utamanya sakit gigi, maka akan timbul pertanyaan bagaimana Cara Mengatasi Sakit Gigi..? ketahui dulu apa saja penyebabnya.

Sakit gigi merupakan nyeri yang dirasakan didalam atau disekitar area gigi yang terasa saat saraf di gigi teriritasi. Sakit gigi dapat di sebabkan oleh kerusakan gigi, infeksi oleh bakteri, fraktur gigi, kerusakan tambalan gigi, pergerakan berulang, atau bahkan infeksi gusi.

Cara mnenyembuhkan sagit gigi
Cara mnenyembuhkan sagit gigi

Ketika sedang sakit gigi, daerah rahang yang dekat dengan gigi yang terinfeksi akan ikut terasa nyeri dan terasa lunak.

Terkadang sumber nyeri sulit dibedakan. Contohnya nyeri yang seperti berasal dari telinga pada kasus infeksi geraham bawah dan nyeri yang seperti berasal dari saluran sinus pada kasus infeksi geraham atas.

Sakit gigi merupakan salah satu keluhan pada gigi yang paling sering dikeluhkan oleh orang diseluruh dunia. Jika kita bertanya apa penyebab sakit gigi? Pasti banyak yang menjawab kerusakan gigi penyebabnya.

Namun selain kerusakan pada struktur gigi ternyata banyak penyebab sakit gigi lainnya. Hal ini sangat penting untuk diketahui penyebabnya akan membantu kita mencegah atau mengatasi gigi sampai batas tertentu.

Berikut ini penyebab-penyebab sakit gigi yang munkin sedang anda alami:

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Gigi

1. Kerusakan Gigi

Hal ini merupakan masalah yang paling utama dan umum diderita para orang-orang yang mengeluhkan sakit gigi.

Rongga kecil yang terdapat hanya pada lapisan luar gigi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Tetapi ketika rongga berubah menjadi lubang yang dalam dan menembus melalui email dan sampai ke lapisan dentin, maka akan sangat sensitif dan mudah terasa sakit.

Adanya lubang yang menembus email gigi sampai pada lapisan dalam gigi. Adanya rongga tersebut membuat sensitifitas pada gigi meningkat dan akhirnya menjadi sangat mudah sakit.

2. Gusi Radang

Adanya radang gusi biasanya karena terjadi infeksi. Hal ini mampu menyebabkan gusi menjadi merah lalu membengkak dan bahkan berdarah. tentunya hal ini akan menimbulkan rasa sakit . Apalagi infeksi gusi lanjut yang dapat menyebabkan sakit gigi,.

3. Trauma Pada Gigi

Benturan atau trauma pada gigi yang menyebabkan gigi patah atau goyang pasti akan mengalami sakit gigi. Apalagi gigi patah dengan garis fraktur berjalan melalui saraf gigi tentu akan menimbulkan sakit gigi yang parah.

4. Gigi Yang Erosi

Sering kali hal ini disebabkan menyikat gigi yang tidak tepat sebagai akibatnya gusi menjadi surut atau erosi sehingga bagian akar gigi menjadi kelihatan atau terbuka.

Keadaan seperti ini dapat menyebabkan gigi menjadi semakin sensitif terhadap makanan yang dingin, panas, dan asam. Disamping itu makanan dan minuman asam juga dapat mengikis akar gigi dan memperburuk kondisi sensitivitas gigi.

5. Kondidi Bruxism

Kondisi ini terjadi ketika anda menggertakan gigi anda, atau menggeser gigi secara bolak balik satu sama lain, namun hal itu dilakukan secara tidak sadar.

Hal tersebut mampu menjadi pemicu sakit gigi sebab gigi mendapat tekanan berlebih. bukan hanya pada gigi saja pengaruhnya akan tetapi pada sendi dan otot.

6. Jarang Membersihkan Gigi
Kebiasaan buruk orang-orang adalah malas untuk membersihkan giginya. apalagi yang pulang kerja malam, karena terlalu letih dan capek akhirnya tertidur.Faktor ini juga menjadi pemicu seseorang mengalami sakit gigi.

Kumpulan bakteri menumpuk yang terdapat di sisa makanan tidak dibersihkan sehingga menjadi kerusakan gigi yang parah dan akhirnya menjadi rapuh. Untuk itu biasakan menggosok gigi dua kali sehari, terutama pada malam hari.

7. Makanan Manis
Memakan makanan manis juga kemungkinan mendorong seseorang untuk sakit gigi. Kondisi manis lebih memicu bakteri untuk datang dan menetap di sarang sehingga jika anda tidak segera membersihkan, bakteri tersebut makin banyak, bahkan mampu merusak gigi anda.

8. Gigi Berlubang

Penyebab sakit gigi yang paling umum dan utama adalah gigi berlubang. Gigi yang berlubang akan cenderung memiliki kuman dan bakteri yang dapat merusak dan menyebabkan sakit gigi.

Penyebabnya kebiasaan konsumsi makanan manis. Minuman bersoda juga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Nah, setelah mengetahui apa penyebabnya sakit gigi ada baiknya kita juga membahas cara mengatasi sakit gigi secara alami

Aertikel Terkait : Ini Dia Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengobati Sakit Gigi Yang Berlubang

1. Menggunakan Air Garam

Garam dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi yang lumayan ampuh. Sodium yang tinggi mampu membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Cara menggunakannya yaitu cukup dengan melarutkan garam dengan air hangat kemudian air tersebut digunakan untuk berkumur.

2. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih mampu berguna sebagai antiseptic alami. Caranya dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih kemudian tempelkan pada area gigi yang sakit selama 7 menit. kemudian berkumurlah dengan air hangat dan lihat hasilnya.

3. Menggunakan Merica

Karena merica mengandung anti bakteri, antiinflamasi, dan analgesik properti. Caranya mencampur merica dengan garam halus, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi.

4. Menggunakan Serai

Serai mampu mencegah pembengkakan gusi, dan mampu menyembuhkan sakit gigi. Caranya rebus 2 tangkai serai dengan segelas air. lalu biarkan hingga air berkurang lalu gunakan untuk berkumur -+ 15 menit.

5.Air Kelapa

Air kelapa juga berguna sebagai antiseptic alami. Berkumurlah dengan air kelapa setiap habis menggosok gigi.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Pijatan

Metode pengobatan yang dapat menyembuhkan sakit gigi adalah dengan pijat refleksi dan akupresur sangat bermanfaat untuk merelaksasi syaraf pada pulpa gigi yang menjadi sumber rasa sakit.

Oleh karena itu pemijatan dilakukan pada titik-titik tertentu yang sudah terbukti mampu mengurangi rasa sakit dan membantu proses penyembuhan. Diantara titik pijat sakit gigi yang efektif adalah sebagai berikut:

  1. Titik syaraf terletak tepat diatas kepaa bagian tengah
  2. Titik reflesi syaraf terletak diatas daun telinga
  3. Titik syaraf terletak didepan telinga yang berfungsi untuk meredakan sakit gigi bagian atas
  4. titik reflesi terletak dirahang bawah untuk meredakan sakit gigi bagian bawah
  5. Titik syaraf terletak tepat dibawah dagu
  6. Titik syaraf terletak dibelakang daun telinga diujung rahang bawah sebelah kiri
  7. Titik pemijatan terletak diujung rahang bawah dibelakang telinga untuk meredakan sakit gigi bagian bawah
  8. Titik pemijatan terletak ditangan antara ibu jari dan jari telunjuk kanan dan kiri.

Itulah beberapa titik pemijatan untuk meredakan sakit gigi. Selain itu ada juga beberapa cara menyembuhkan sakit gigi dengan pijitan lainnya yang dilakukan pada bagian tubuh lainnya seperti:

1. Titik pijatan pada ibu jari kaki pada ibu jari kaki ada 2 titik pemijatan yang bisa dilakukan. Yang pertama pada punggung ibu jari kaki bagian ruas atas. Pemijatan pada bagian ini berefek untuk sakit gigi yang bersarang di rahang atas atau sakit gigi bagian atas.

Titik berikutnya pada punggung ibu jari kaki pada ruas bawah. Pemijatan pada bagian ini akan berefek pada rasa sakit gigi bagian rahang bawah yaitu gigi pada bagian rongga mulut.

2. Titik pemijatan pada bagian kepala dan wajah
Pada bagian kepala atau wajah ada beberapa titik yang sudah dijelaskan diatas, namun ada beberapa titik yang belum dijelaskan. Pada bagian atas kepala bagian tengah dan juga diatas daun telinga. kedua titik ini efektif meredakan sakit gigi pada bagian atas.

Selain itu, pada pertigaan mata dan hidung (di dekat dahi) sampai batas rambut dibelakang telinga, leher belakang, hingga bahu belakang bagian atas. Cara ini akan membantu meredakan rasa sakit pada gigi.

Itulah beberapa titik pijatan refleksi untuk meredakan sakit gigi . lakukan pemijatan dengan benar dan sesuai dengan arahan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

(Visited 5 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *