Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Kering Dengan Mudah

Diposting pada
Loading...

Kulit yang normal yaitu kulit yang mempunyai lapisan alami, biasanya dilapisi dengan lipid atau substansi lemak alami sehingga teksturnya tetap lembab, kenyal, dan lembut. Namun ada beberapa faktor yang bisa menghilangkan lapisan minyak alami tersebut sehingga kulit tidak terlindungi dan menjadikan kulit kering. Kulit kering akan sering tampak pada bagian tubuh yang terbuka seperti lengan, kaki, dan wajah.

Kulit Kering

Kulit tubuh yang kering menjadi salah satu masalah kecantikan yang sering dialami oleh semua orang terutama sama wanita. Lalu kira-kira apa ya yang menjadi penyebab kulit menjadi kering? Berikut penyebab kulit kering:

  1. Iritasi

Iritasi kulit bisa disebabkan oleh banyak hal seperti tidak cocok dengan sabun, parfum yang terlalu menyengat, bahan pakaian yang dipakai, pelembab tubuh yang tidak sesuai.Ketika kulit teriritasi tak jarang kulit pun ikut kering.

  1. Menggosok kulit

Salah satu kegiatan untuk membersihkan kulit, namun bisa menyebabkan kulit kering adalah menggosok kulit. Karena yang terjadi antara alat gosok dan kulit berpotensi merusak lapisan kulit.

  1. Mandi air panas

Air yang terlalu panas juga menjadi salah satu faktor penyebab kulit kering. Air panas akan merampas kelembaban alami kulit, dan membuatnya semakin kering setiap kali kita mandi.

  1. Bertambahnya usia

Seiring bertambahnya umur biasanya kelembaban alami kulit akan semakin berkurang. Hal ini yang menyebabkan kulit menjadi kering.

  1. Salah menggunakan pelembab

Kesalahan terbesar seseorang adalah mengoleskan pelembab pada saat kulit dalam keadaan kering. Seharusnya mengoleskan ketika kulit dalam keadaan lembab. Dengan demikian pelembab bisa menahan kelembaban pada kulit.

Baca juga: Cara Memakai Cuka Apel Untuk Muka 

Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Kaki

Kulit di kaki biasanya akan terkelupas ketika terlalu kering disebabkan kurangnya kelembaban dan hidrasi pada kulit kaki. Sel-sel kulit mati juga dapat membuat kulit terlihat kusam, kering dan mengelupas.

Berikut cara mengatasi kulit kering pada kaki:

  1. Oatmeal

Selain untuk melembabkan kulit juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit sehingga tetap sehat dan lembut. Caranya campurkan 2 sendok makan oatmeal untuk membuat bubuk halus. Tambahkan beberapa tetes air mawar secukupnya, lalu oleskan scrub ini pada area kaki yang mengelupas dengan gerakan memijit dan melingkar. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air.

  1. Lemon

kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan melindungi kulit dari segala jenis infeksi atau peradangan dan mencerahkan warna kulit.

Caranya peras satu lemon, campurkan ke wadah air hangat, lalu rendam kaki 10-15 menit dan gosok dengan air biasa. Lalu keringkan dan gunakan pelembab.

3. Pisang

Kandungan vitamin A, B, dan C, yang terdapat pada pisang juga dapat membantu menghidrasi kulit. Caranya hancurkan pisang matang untuk membuat pasta halus dan oleskan pada area kaki. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air.

  1. Lidah buaya

Kandungan antioksidan dan sifat antiinflamasi pada lidah buaya cocok untuk mengobati infeksi kulit dan menghidrasi kulit. Caranya campurkan dua sendok makan gel lidah buaya dan beberapa tetes minyak yang mengandung vitamin E. Oleskan campuran ini pada kulit kaki yang mengelupas dan biarkan sampai kering, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Gliserin

Bahan lain yang membantu dalam merawat kulit kaki mengelupas adalah obat gliserin. Campurkan 1 sendok msksn gliserin, 1 sendok teh air mawar, 1 sendok jus lemon, dan 3 sendok makan garam lalu gosok dengan lembut di kaki yang kering. Setelah beberapa menit, bersihkan dengan air dingin.

Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah

Setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah yang sehat dan terawat. Selain jerawat masalah kulit wajah yang sering dikeluhkan banyak orang adalah kulit kering. Kulit wajah kering akan terasa menyiksa. Selain terasa kasar saat diraba, kulit kering juga akan terlihat kusam. Bahkan jika kulit wajah sudah meradang, wajah juga akan terasa perih.

Berikut masker alami untuk kulit kering pada wajah:

  1. Masker Alpukat

Cara membuat masker alpukat sangat gampang. Caranya haluskan alpukat yang sudah matang lalu campurkan madu kemudian oleskan secara merata pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas masker dengan air hangat.

  1. Masker yoghurt

Ternyata yoghurt selain baik untuk melancarkan pencernaan ternyata bisa digunakan sebagai masker wajah. Kamu bisa menggunakan yoghurt saja, atau bisa juga ditambah dengan madu murni. Setelah wajahmu bersih oleskan yoghurt dengan kuas lembut secara secara merata, lalu tunggu sampai masker setengah kering. lalu bilas dengan air bersih.

  1. Masker mentimun

Sejak jaman dahulu mentimun sudah terkenal khasiatnya sebagai masker wajah. Selain bisa menyegarkan kulit mentimun juga bisa menenangkan dan melembabkan wajah. Caranya iris tipis mentimun yang sudah dicuci bersih, lalu tempelkan pada wajah. tunggu sampai 30 menit lalu angkat potongan mentimun di wajahmu secara perlahan.

Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik Dan Gatal

Semua orang pasti bisa memiliki kulit kering sepanjang hidupnya. Kulit kering bersisik dapat sulit untuk disembunyikan. Terutama di wajah, yang bahkah make up pun tidak bisa membantu justru memperburuk keadaan.

Jika anda memiliki kulit yang bersisik dan gatal, anda pasti ingin solusi cepat dan mudah. Berikut ini cara merawat kulit bersisik dan gatal:

  1. Kunyit

salah satu kandungaannya bersifat antiseptikdan anti inflamasi sehingga kunyit efektif mengobati kulit kering bersisik. Caranya ambil beberapa ruas kunyit butlah menjadi pasta lalu tambahkan beberapa tetes lemon. lalu oleskan pada kulit yang bersisik tunggu beberapa saat lalu basuh dengan air bersih.

  1. Cuka

Asam cuka membuat perubahan pada pH kulit. Caranya hanya mengoleskan cuka dengan kapas pada bagian kulit yang kering bersisik dan gatal. Lakukan 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

  1. Berendam susu

Lemak dan asam laktat yang terkandung dalam susu berfungsi sebagai pembersih wajah ringan yang juga mampu memberi kelembaban pada kulit. Berendam susu jika kulit tubuh kering, atau kompres area kulit wajah yang kering bersisik dengan waslap yang direndam susu putih. Tunggu 10 menit lalu usap kulit kering bersisik dengan gerakan pijit melingkar.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Dan Mengelupas

Kulit wajah mengelupas adalah proses normal yang terjadi sebagai respon tubuh untuk membuang lapisan kulit mati. Membayangkan kulit wajah mengelupas saja sudah menakutkan apalagi jika ini benar-benar terjadi diwajahmu. Kamu pasti panik dan berusaha untuk segera mengatasinya. Jangan paknik kalau kulit wajahmu mengelupas segera atasi dengan cara ini ya!

  1. Jangan menggunakan kosmetik untuk sementara waktu

Jika kamu mengira bahwa kosmetik barumu yang menjadi penyebab kulitmu terkelupas maka segera hentikan pemakaiannya selama 3 hari atau satu minggu.

  1. Pepaya

Kandungan antioksidan pada pepaya yang dapat membantu menyembuhkan atau memperbaiki masalah kulit. Alasan inilah yang membuat pepaya baik digunakan untuk menyembuhkan kulit wajah yang mengelupas. Caranya tumbuk pepaya yang sudah di kupas sampai halus. lalu oleskan pada wajah yang mengelupas. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

  1. Minyak wijen

Caranya gosok wajah kamu yang mengelupas dengan minyak wijen. Minyak wijen diketahui sebagai pelembab yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel-sel sehat.

 

Kulit kering yang terjadi sesekali akibat dari pengaruh beberapa faktor, dapat kembali normal jika dilakukan perawatan khusus. Namun jika kulit kering sebagai bawaan genetika anda maka perawatan ini tidak bisa dihentikan begitu saja. melainkan harus terus dilakukan supaya kulit anda tidak kering dan kusam.

(Visited 115 times, 1 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *