Penyebab Dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Diposting pada

Siapa sih yang tidak pernah mengalami hidung tersumbat ? Pasti hampir semua orang pernah mengalami hidung tersumbat, mulai dari bayi hingga usia tua bisa terkena masalah yang satu ini dan membuat siapa yang mengalaminya terganggu, terutama saat tidur.

Keadaan hidung yang tersumbat tentu membuat anda merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pada saat flu, hidung dapat tersumbat sebelah atau keduanya.

Hidung tersumbat sebelah atau menyeluruh terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada disekitar hidung mengalami pembekakan akibat adanya cairan atau lendir berlebih.

Kondisi seperti itu mungkin disertai dengan keluarnya ingus atau cairan hidung, pasti akan timbul pertanyaan bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat, yuk simak artikel di bawah ini

solusi hidung tersumbat
solusi hidung tersumbat yang sulit di sembuhkan

Penyebab Hidung Tersumbat

Sebelum mencari solusi yang tepat untuk mengatasi hidung tersumbat, mari kita kenali apa yang menjadi penyebabnya terlebih dahulu. Pasalnya, hidung tersumbat tidak hanya disebabkan oleh flu saja, namun njuga ada beberapa masalah lainnya berikut ini:

Flu

Sudah menjadi rahasia umum jika flu menjadi faktor tersumbatnya hidung. Flu atau influenza terjadi karena virus menyerang sistem pernafasan, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Penyumbatan pada hidung yang disebabkan oleh flu ini berasal dari ingus yang menggumpal didalam lubang hidung. Sebenarnya flu bisa sembuh sendiri, akan tetapi jika terjadi komplikasi, itu dapat membahayakan.

Alergi

Pada rinitis alergi terjadi gangguan pada sistem pernafasan, dimana produksi lendir dalam rongga hidung dapat meningkat, yang menimbulkan reaksi bersin-bersin atau pilek.

Pada keadaan yang seperti ini ada kemungkinan hidung menjadi tersumbat. Umumnya, gejala ini akan diawali dengan rasa gatal disekitar hidung dan ingus yang keluar begitu saja dari hidung meskipun anda tidak sedang pilek.

Sinusitis Akut

Sinusitis merupakan jenis peradangan yang terjadi pada rongga hidung. Radang sinus biasanya di awali dengan infeksi saluran pernapasan atas. Sinusitis akut biasanya berkembang karena batuk pilek.

Gejala umumnya adalah sakit kepala, nyeri disekitar wajah dan gigi, ingus berwarna kuning atau kehijauan, bau napas tak sedap, wajah terasa penuh, dan hidung tersumbat.

Gejala ini memang sedikit sama dengan influenza. Jadi, banyak penderita sinusitis terkecoh pada awalnya, mereka menyangka bahwa penyakit yang menyerang hanyalah influenza biasa, padahal radang sinus ini harus segera diobati agar tidak parah.

Polip hidung

Polip adalah tumor pada rongga hidung yang ditandai radang pada membran mukosa. Penyebab utama dari hidung tersumbat adalah polip hidung, dimana mukosa hidung akan bertumbuh secara berlebihan. Mukosa hidung akan terus bertumbuh karena iritasi mukosa dalam jangka panjang.

Tumor

Ternyata tumor juga menjadi penyebab hidung tersumbat. Akan tetapi, tumor yang biasanya menyebabkan hidung tersumbat ini tidak lah ganas, tumor ini bukan kanker.

Umumnya, pertumbuhan massa tumor ini terjadi dalam hidung sehingga membuat hidung jadi tersumbat.

Kehamilan

Kehamilan mungkin juga terjadinya hidung tersumbat. Kondisi ini umum terjadi pada akhir trimester pertama.

Karena adanya fluktuasi hormon dan peningkatan suplai darah selama kehamilan yang dapat mempengaruhi sensitivitas selaput lendir pada hidung, sehingga menyebabkan peradangan, hidung akan menjadi lebih kering, atau bahkan berdarah.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Hidung anak tersumbat?Apa yang harus dilakukan? Ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Yang pertama tidak selalu jelas apa penyebabnya hidung tersumbat.

Anak-anak sering mengalami pilek karena sistem kekebalan tubuh mereka sedang berkembang untuk melawan virus-virus penyebab infeksi. Tetapi, ada juga penyebab hidung tersumbat lainnya.

Ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak selain minum obat. Apa saja ? Simak berikut ini:

1. Berikan spray untuk hidung tersumbat pada bayi

Salah satu cara yang paling aman dan efektif untuk mengatasi hidung yang mampet pada anak dengan menggunakan aspirator (alat isap cairan hidung) atau infant nasal bulb (sejenis pipet kecil).

kedua anda bisa menggunakan tetes hidung, spray atau semprot hidung yang berisi cairan saline (NaCI 0,9%). Untuk mengencerkan dan memudahkan ingus keluar. selanjutnya, hisap kembali ingus dengan menggunakan alat pengisap cairan hidung.

2. Olesi minyak kayu putih atau mentol

Cara seperti ini juga cukup ampuh, dengan mengoleskan minyak kayu putih atau mentol di sekitar hidung. Biasanya setelah mencium aroma mint, hidung tersumbat akan hilang.

3. Atur posisi tidur anak

Letakkan bantal dibawah kepala anak, agar posisi kepalanya lebih tinggi dari kakinya. dengan seperti ini, lendir bayi akan lebih mudah keluar dari hidungnya.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Pijatan

Pijat refleksi untuk mengatasi hidung tersumbat:

  1. Gunakan minyak urut atau pijat
  2. Pijat lah menggunakan ibu jari dengan cara menekan sekuat tenaga dengan menahan tekanan pada titik refleksi dari kaki hingga lengan yang telah tertera diatas sebelumnya
  3. Lanjutkan dengan pijatan khusus pada bagian ujung jari menggunakan ibu jari dengan cara menekan secara perlahan dengan menahan tekanan pada titik refleksi pada sekitar telapak kaki
  4. Ulangi pijitan secara bergantian hingga rasa sakit itu benar-benar berkurang dan lebih enakan
  5. Lalu lakukan pijatan tersebut pada titik refleksi tertentu 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bibir Kering

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Yang Tak Kunjung Sembuh

Apabila gejala yang anda rasakan bertambah berat dalam beberapa hari dan ingus mulai berwarna kuning atau kehijauan, disertai demam yang tinggi, dan tidak berhasil dengan pengobatan simptomatik, menandakan anda terserang infeksi bakteri.

Hidung tersumbat dan tidak kunjung sembuh? Cemas bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan:

1. Cara mengatasi hidung tersumbat mendadak

Apabila anda mengalami hidung tersumbat mendadak, disertai rasa perih saat bernafas, obat-obatan yang membantu mengurangi beratnya gejala yang ada rasakan dapat anda gunakan.

Seperti pelega hidung tersumbat berupa obat minuman lokal di hidung, cairan pencuci hidung, obat batuk apabila diperlukan, dan obat pereda demam dan nyeri.

2. Minuman cairan elektrolit jika perlu

Cairan elektrolit adalah larutan yang mengandung ion bebas (atom yang memiliki jumlah proton dan elektron tidak sama) yang membuatnya konduktif.

Minuman ini merupakan sumber energi instan yang mampu membantu tubuh agar terhidrasi dengan cepat sehingga mencegahnya dari kekurangan cairan.

3. Jangan sembarangan minum antibiotik

Banyak orang sering langsung mengambil tindakan minum anti biotik dan menganggap sebagai obat flu atau obat penghilang nyeri.

padahal waktu hidung tersumbat belum tentu membutuhkan antibiotik. Apalagi gejala yang dirasakan baru terjadi 1 hari, atau anda penderita alergi yang mengalami fase sensisasi oleh alergen.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Mampet Sebelah

Hidung tersumbat sebelah tentunya akan sangat mengganggu apalagi jika dialami saat malam hari, orang yang memiliki kebiasaan tidur miring akan cenderung lebih tersiksa ketika tidur ketimbang orang yang tidur terlentang.

Ketika tubuh atau kepala dalam kondisi miring lendir pada saluran pernafasan cenderung ikut mengarah dan menumpuk pada bagian sebelah. Hal ini dapat diatasi dengan cara sebagai berikut:

  1. Menggunakan minyak angin atau balsem
  2. Minum minuman hangat
  3. Membuang ingus secara perlahan
  4. Tidur dengan posisi setengah duduk
  5. Memanfaatkan jahe
  6. Membersihkan hidung dengan air garam
  7. Cuka apel
  8. Periksa ke dokter.

Semoga berbagai cara diatas dapat membantu anda mengetahui penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

(Visited 5 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *