Cara Membuat Animasi Di Power Point Untuk Presentasi Yang Menarik

Diposting pada

Presentasi banyak menggunakan aplikasi Power Point dari Microsoft Office. Selain memiliki fitur yang banyak, power point ini cukup mudah digunakan. Berbagai macam presentasi untuk berbagai kebutuhan baik bisnis, sosial, pelajaran dan lain-lain bisa menggunakan aplikasi ini, asal paham cara membuat animasi di power point agar presentasinya lebih menarik.

Animasi adalah cara untuk menampilkan suatu objek dalam power point, baik berupa tulisan maupun gambar dengan cara bergerak secara otomatis. Hal ini dibutuhkan apabila kamu menjelaskan suatu objek secara bertahap namun berada pada satu layar atau slide.

Misalnya dalam 1 slide ada 3 gambar, namun kamu ingin memunculkannya satu persatu, maka kamu bisa melakukannya dengan efek animasi, maka hanya dengan satu kali klik sembarang tombol untuk perintah “next” pada saat menampilkan slide show.

Tahap Membuat Animasi Pada Power Point

1.  Buat bahan presentasi yang akan kamu tambahkan efek animasi. Buatlah dalam beberapa slide, dan jika ada masukkan beberapa gambar dalam beberapa slide.

2. Setelah selesai beberapa slide, misalnya 10 slide (halaman), maka kamu sudah bisa mempraktekkan cara membuat animasi di power point, baik di semua slide maupun hanya di beberapa slide.

Slide 1 sampai 20 Power Poin
Slide 1 sampai 20 Power Poin

3. Anggap saja animasi yang akan kamu buat ada di slide 3 yang isinya adalah gambar.

4. Dalam slide 3 tersebut ada 3 gambar berbeda, yang akan kamu jelaskan satu persatu kepada peserta rapat pada saat presentasi nantinya. kamu klik atau arahkan kursor ke salah satu gambar, klik tab Animasi pada Menu.

Memasukkan Animasi Power Poin
Memasukkan Animasi Power Poin

5. Lalu akan muncul beberapa pilihan seperti Appear, Fly, Fade In, Float, Line, Shape, Zoom, Wheel, Random Bars dan sebagainya. kamu bisa pilih yang kamu inginkan. Untuk melihat hasilnya, setelah kamu pilih, tekan tombol Preview di sebelah kiri atas layar. Jika kurang sesuai dengan selera kamu, maka kamu bisa menggantinya lagi lalu Preview lagi.

Play Animasi Power Poin
Play Animasi Power Poin

6. Setelah kamu menemukan jenis animasi yang cocok, maka lakukan hal yang sama pada gambar lainnya. Klik gambar lain, pilih animasi dan preview sampai kamu merasa cocok dengan pilihan kamu. Dan selanjutnya dengan gambar lainnya.

7. Jika kamu ingin melakukan animasi secara bersamaan untuk ketiga gambar dalam satu slide tersebut, maka kamu bisa membuatnya dengan klik satu persatu sambil menekan tombol control.

8. Maka ketiga gambar sekaligus akan memiliki efek animasi yang sama.

9. Untuk mengatur durasi animasi, kamu bisa atur dalam menu Animation Pane, letaknya di sebelah kanan pilihan Animasi. Di sebelah kanan Animation Pane terlihat tulisan Duration, kamu tinggal input berapa detik yang kamu inginkan untuk menayangkan animasi tersebut.

10. Setelah selesai semua bahan yang hendak dibuat animasi, maka kamu bisa memainkan slide show untuk menampilkan hasil kerja kamu dengan menekan menu Slide Show atau menekan tombol icon slide show di bagian atas, berupa gambar komputer dan di bagian tengah gambar terdapat gambar segitiga seperti tombol Play pada umumnya, seperti gambar nomor dua.

11. Cara lain untuk menampilkan slide show adalah dengan menekan tombol F5. Maka layar akan terlihat penuh (full screen), dan terlihat seperti kamu sedang menonton sebuah video.

12. Biasanya untuk menampilkan presentasi seperti ini membutuhkan alat bantu yaitu projector, yang akan menembakkan layar ke tembok atau white board dalam satu ruangan, sehingga presentasi akan bisa dilihat oleh semua orang dalam ruangan.

Tips Dalam Memilih Jenis Animasi

Meskipun animasi ini memberikan kesan yang menarik pada presentasi power point kamu, namun jika kamu salah dalam menerapkan cara membuat animasi di power point dengan salah memilih jenisnya, maka presentasi itu akan terlihat kurang menarik.

  1. Sebaiknya untuk memilih jenis animasi, sesuaikan untuk kebutuhan atau tipe presentasi kamu. Jika itu adalah presentasi bisnis, dimana kamu akan menampilkan proposal yang berisi banyak gambar dan perencanaan pelaksanaan, maka jenis animasi yang bisa dipilih adalah yang bertipe ringan, seperti Appear, Split, Fly Out atau Float Out.
  2. Sebaliknya, jangan memilih jenis animasi yang cenderung rancu seperti wheel, Shape, Teeter, Spin, Swivel, Bounce dan sejenisnya. Jenis animasi seperti ini lebih pas digunakan untuk presentasi yang bersifat santai, misalnya pemuda yang hendak melakukan touring dan hendak mencari sponsor.

Demikian tutorial sederhana membuat animasi gambar atau tulisan menggunakan power poin yang bisa admin berikan, jika ada kekurangan atau ada yang belum kamu tau silahkan untuk meninggalkan komentar di bawah postingan ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil jangan lupa kirim masukan kalian setelah menerapkan panduan membuat animasi keren di atas dan semoga bermanfaat.

(Visited 7 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *