Cara Memakai Cuka Apel Untuk Muka Agar Terlihat Cantik

Diposting pada
Loading...

Cuka apel merupakan hasil fermentasi sari buah apel. Biasanya digunakan untuk bumbu masakan dan juga di buat untuk minuman. ternyata cuka apel dapat di manfaatkan untuk perawatan kulit seperti jerawat dan lain-lain. Karena cuka apel mengandung berbagai macam vitamin A, B2, B1, B6, C, E, bioflavonoid, pektin, magnesiumm, tembaga, natrium, kalium, dan masih banyak lagi kandungannya.

Cuka Apel
Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel Untuk Muka

Lalu bagaimana cara memakai cuka apel untuk muka? Sebelum membahas cara memakai cuka apel untuk muka, ada baiknya kita tahu apa saja manfaat untuk wajah dan kulit. Berikut ini ada beberapa manfaat cuka apel untuk wajah dan kulit:

  1. Melawan jerawat, flek hitam, dan bintil

Asam malat yang menjadikan cuka apel berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus yang kuat. Sehingga mampu membuat bakteri tidak berkutik dan jerawat tak terbentuk.

  1. Membantu mengurangi bintik-bintik penuaan

Bila kamu membilas wajah setiap hari dengan cuka apel, akan terlihat perbedaan substansial dalam bintik-bintik usia. Karena kandungan asam alfa hidroksi pada cuka apel bisa mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit baru. Caranya dengan mengoleskan sedikit pada kapas, lalu mengaplikasikan langsung ke bintik-bintik penuaan. Tunggu sekitar setengah jam, lalu bilas wajah dengan air dingin dan keringkan. Lakukan 2 kali sehari selama 6 minggu. Kamu pasti melihat perbedaannya.

  1. Menyeimbangkan pH kulit dan wajah

Selain menghapus minyak dari kulit cuka apel juga dapat  membantu menyeimbangkan pH. Di samping itu juga menjaga kulit yang terlalu berminyak atau terlalu kering dengan menyeimbangkan produksi sebum. Bilas dengan cuka apel setiap hari jika menginginkan keseimbangan pada kulit.

  1. Menghilangkan racun dari wajah (detoksifikasi)

Pemakaian cuka apel secara rutin dapat membantu mengusir racun dari kulitmu. Sehingga meninggalkan pancaran yang bersih dan muda.

  1. Mengurangi keriput pada wajah

Cuka apel juga berfungsi membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan keriput. Kamu bisa membasahi kapas atau kain dengan cuka apel yang sudah di encerkan, kemudian mengoleskan pada kulitmu, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Memakai Cuka Apel Untuk Muka

Manfaat cuka apel untuk muka memang banyak sekali, bisa berbagai macam masalah kulit dari jerawat, noda hitam, kulit kusam dan lainnya. Asam dari cuka apel lah yang membuat sel kulit mati kering dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Sehingga jerawat cepat kering dan kulit kusam pun segera menghilang.

  1. Menggunakan cuka apel untuk toner wajah

Toner digunakan untuk membuat kulit lebih segar dan membersihkan kotoran yang masih menempel pada muka sehingga kulit muka benar-benar bersih.

caranya: Siapkan botol, lalu masukkan cuka apel dan air matang ke dalamnya, dengan perbandingan 1:1. Campur kan menjadi satu sampai  rata, lalu gunakan setiap selesai membersihkan wajah pada pagi dan malam hari. Kamu juga bisa menggunakan botol spray dan digunakan untuk spray wajah. Gunakan setelah selesai make up atau ketika muka terlihat kusam.

  1. Menggunakan cuka apel untuk masker muka

Cara menggunakan cuka apel selanjutnya bisa dipakai untuk masker muka. Fungsinya untuk exfoliator, yang akan mengangkat sel kulit mati, yang akan membuat kulit kamu terlihat lebih cerah dan bersih.

Caranya:

Resep pertama: Ambil 2 sdm cuka apel, kemudian tambahkan 2 sdm air matang, campur sampai rata. Bisa tambahkan perasan air lemon dan gula untuk scrub. Kemudian oleskan ke seluruh muka kemudian gosok secara perlahan. Diamkan selama 20 menit lalu bilas sampai bersih.

Resep kedua: Ambil 1 sdt cuka apel organik, 2 sdt madu murni, 1 sdt baking soda, lalu campur kan semua sampai rata, kemudian oleskan campuran tersebut pada muka kamu, Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat, gunakan kain lap untuk menambah efek pengelupasan.

  1. Mengurangi efek terbakar

Caranya campur setengah cangkir cuka sari apel dan empat cangkir air, pakai lap dengan larutan, dan oleskan ke kulit yang terkena sinar matahari. Cuka sari apel membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit, mencegah terik, dan meningkatkan penyembuhan.

  1. Menggunakan cuka apel untuk jerawat

Kamu bisa langsung menggunakan cuka apel di bagian wajah kamu yang berjerawat. Mungkin akan terasa perih karena kandungan asam di dalamnya memang sangat tinggi. Cuka apel berfungsi sebagai antiseptik yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya cukup teteskan satu atau dua tetes cuka apel diatas kapas, lalu tempel kan langsung dibagian wajah yang berjerawat. Gunakan pada pagi hari sebelum menggunakan make up dan pada malam hari sebelum tidur. Jangan lupa membersihkan wajah sehabis diberi cuka apel.

  1. Mengatasi gigitan serangga

Caranya basahi kapas dengan cuka sari apel murni dan oleskan pada kulit yang terkena gigitan serangga untuk bantuan instan. Asam dalam cuka dapat menetralkan gatal, sementara anti inflamasinya meredakan pembengkakan dan sifat-sifat penyeimbangan pH mempercepat penyembuhan.

Mulai sekarang tidak perlu bingung lagi untuk mengatasi wajah berjerawat, tinggal gunakan cuka apel sebagai skin cara alami. Itulah cara menggunakan cuka apel untuk muka. Selamat mencoba.

(Visited 42 times, 1 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *