5 Cara Cerdas Untuk Memulai Berwirausaha

Posted on

5 Cara Cerdas Untuk Memulai Berwirausaha – Berwirausaha merupakan suatu kegiatan yang melibatkan kemampuan untuk melihat kesempatan usaha yang kemudian mengorganisir, mengatur, mengambil resiko, dan mengembangkan usaha yang diciptakan tersebut guna meiraih keuntungan. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses maka harus memperhatikan 5 cara untuk memulai  berwirausaha berikut ini:

5 Cara Cerdas Untuk Memulai Berwirausaha
5 Cara Cerdas Untuk Memulai Berwirausaha

Menentukan Bentuk Usaha Yang Banyak Diminati Konsumen

Poin inilah yang sebenarnya seringkali membuat seseorang menjadi bingung untuk menentukan jenis produk atau dagangan apa ketika akan membangun sebuah bisnis dan usaha. Agar mendapat penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari , tentunya ada banyak cara yang dapat kita lakukan.

Salah satunya adalah dengan mendirikan usaha sendiri, tentunya tidak semudah mambayangkan membalikkan telapak tangan. Kita haruss terlebih dahulu memahami jenis usaha apa yang akan kita dirikan. Sebelum menentukan bentuk usaha apa yang sekiranya akan diminati oleh konsumen maka kita harus menganalisa terlebih dahulu permintaan konsumen yang sedang tren dan laris.

Membuat Rancangan Bisnis Dan Strategi Memetakan Sumberdaya Keuangan

Dalam membuat suatu rancangan bisnis dan strategi memetakan sember daya keuangan maka kita harus memperhatikan hal-hal berikut.

Executive Summary
Executive summary adalah penjelasan singkat yang merangkum seluruh isi rencana bisnis. Bagian ini harus dapat menjelaskan gambaran besar dari rencana bisnis dan mewakili seluruh bagian penting dari rencana bisnis. Bagian ini harus di tulis singkat dan tepat sasaran. Pada rencana bisnis, executive summary biasanya hanya ditulis 1/2 halaman atau maksimal hingga 1 halaman.

Deskripsi Bisnis
Deskripsi bisnis biasanya dimulai dengan penjelasan singkat seperti apa industri yang dari produk atau jasa yang di sediakan. Penjelasan ini kemudian dilanjutkan dengan kondisi saat ini dan potensi dari industri di masa depan. Deskripsi bisnis yang di buat dgn baik dapat menjelaskan bagian berikut:

  • Fungsi dan cara kerja dari produk/jasa.
  • Penjelasan singkat tentang keunggulan produk/jasa dibanding produk lainya.
  • Daftar harga setiap produk/jasa.
  • Bagaimana produk/jasa sampai ke target pembeli.
  • Potensi dan resiko produk/jasa beserta langkah antisipasi.

Analisis Pasar
Analisis pasar merupakan kajian terhadap pasar di industri tertentu. Analisis ini digunakan untuk membantu perancangan aktivitas perusahaan yang berpengaruh terhadap proses operasional, pegawai, keuangan, dan aktivitas promosi perusahaan. berikut adalah bagian-bagian analisis pasar:

  • Ukuran pasar (saat ini dan masa depan)
  • Tren pasar
  • Tingkat pertumbuhan pasar
  • Tingkat potensi dan keuntungan pasar
  • Struktur biaya relatif industri
  • Distribusi pemasaran
  • Faktor kunci sukses

Rencana Pemasaran
Rencana pemasaran merupakansalah satu bagian terpenting dari business plan, bergantung pada siapa yang membaca rencana bisnis. Strategi marketing yang dirancang dengan baik mencerminkan seperti apa potensi bisnis untuk sukses di pasaran.

Bagian ini harus ditulis dengan lengkap, tidak hanya menjelaskan strategi, tetapi juga penjelasan tentang promosi apa saja yang akan dilakukan menurut perspektif 4P (Product, Price, Place, Promoition). Untuk menyusun strategi pemasaran, sebuah strategi bisnis sebaiknya mencantumkan beberapa metode dan analisis berikut:

  • Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threat)
  • Marketing Mix (salah satunya 4P)
  • Analisis STP (segmenting, Targeting, Positioning)

Rencana operasional
Rencana operasional merupakan penjelasan tentang bagaimana bisnis berfungsi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Bagian ini menjelaskan tentang tanggung jawab tim manajemen, tugas dari setiap devisi yang ada di perusahaan, serta modaldan pengeluaran yang di butuhkan untuk menjalankan operasi bisnis. Bagian rencana operasional harus menjelaskan dengan lengkap informasi seperti:

  • Tujuan dan sasaran operasional
  • Aktivitas yang dilakukan selama proses produksi
  • Standar kualitas
  • Target produksi
  • Kebutuhan pegawai dan peralatan kerja
  • Jadwal implementasi
  • Target capaian pada setiap proses produksi

Rencana Keuangan
Penyusunan rencana keuangan harus dilengkapi dengan persiapan, yaitu sumber pendapatan, laporan keuangan, dan analisis keuangan.

Mencari Tempat Yang Baik Untuk Perkembangan Bisnis

Menentukan lokasi usaha strategis akan memengaruhi kesuksesan dari bisnis yang akan dilaksanakan. Memang tidak mudah dalam mendapatkan lokasi tempat usaha pada spot yg strategis, apalagi dengan kendala modal usaha atau budget dana yang terbatas.

Sebelum menentukan lokasi yang akan dipilih, sebaiknya juga menyesuaikan atau mempertimbangkan jenis dan katefori usaha apa yang dijalankan. Selain itu, pertimbangkan juga mengenai akses menuju lokasi tempat usaha tersebut apakah mudah dijangkau dan berada pada lingkungan yang aman. Berikut adalah 6 bfaktor penting dalam menentukan lokasi tempat usaha yang tepat dan strategis:

  • Lokasi usaha yang mudah terlihat oleh konsumen
  • Biaya membangun atau menyewa tempat usaha
  • Akses yang mudah terjangkau
  • Hubungan sosial dengan konsumen
  • Terkait masalah perjanjian bisnis dan usaha
  • Lingkungan tempat usaha dan sekitarnya

Membuat Koneksi Dengan Produsen Lain Untuk Pengembangan

Membangun sebuah koneksi kerjasama dengan produsen lain adalah hal yang sangat penting dilakukan guna mengembangkan usaha. Kerjasama bkn hanya dibangun pada satu divisi saja tetapi harus dibangun antar sesama divisi yang saling berkolaborasi sehingga sebuah kegiatan operasional dapat dilakukan dengan baik sehingga dapat berkembang. Berikut adalah 7 tips untuk menjalin koneksi dengan produsen lain untuk pengembangan:

  • Mulailah dengan visi dan misi bersama
  • Pastikan kebutuhan dan harapan diungkapkan secara jelas
  • Identifikasi dan pemanfaatan kekuatan dari mitra
  • Melengkapi kekurangan mitra
  • Tetapkan tujuan individu dan perusahaan
  • Segera tangani perselisihan, kekecewaan dan frustasi
  • Tentukan peran kerja untuk masing-masing mitra bisnis

Memilih Struktur Bisnis Dengan Tepat Dan Mendaftarkan Izin Usaha Pada Instansi Terkait

Memilih Struktur Bisnis Dengan Tepat

Pemilihan atau pembuatan struktur bisnis dengan baik dan tepat sangat berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan. Lalu bagaimana agar struktur bisnis tersebut menjadi baik?.

Menetapkan kontrol keuangan yang kuat
Hasilkan informasi yang solid untuk pengambilan keputusan dan mengurangi resiko pencurian dan penipuan. Lakukan dengan sederhana, sampai anda tahu dimana setiap sen yang dikeluarkan untuk apa dan anda mengetahui bisnis anda sudah tidak sehat.

Meminimalkan gangguan
Mungkin anda pernah merasakan bagaimana anda bisa terbebasa dari rasa kekhawatiran sehari-hari. Cobalah untuk berkosentrasi pada masa depan, membangun relasi, mengembangkan produk dan pelayanan baru. Pekerjaan orang-orang yang dapat dipercaya dan cerdas dalam menangani suatu masalah.

Meningkatkan penjualan
Jelas? ya, tapi jangan lupa bahwa perusahaan besar lebih sedikit beresiko dibandingkan perusahaan kecil

Membuat variasi produk dan jasa
Melakukan lebih banyak promosi dan penjualan kepada pelanggan. Usahakan bentuk produk atau pemasaranya bisa mengurangi resiko kegagalan dan mempertinggi peluang perusahaan anda untuk berkembang.

Melancarkan, mengkodifikasikan dan proses dokumen
Ciri dari perusahaan yang kuat adalah kualitas, konsistensi dan dokumentasi dari cara mereka beroperasi. Jika anda ingin memiliki perusahaan yang lebih besar, lakukanlah hal tersebut saat ini.

Meningkatkan efisiensi
Kebanyakan bisnis dihargai oleh kelipatan dari pendapatan perusahaan. Setiap rupiah yang digunakan untuk perbaikan, akan menghasilkan uang yang lebih. Apakah itu lima tahun dari sekarang atau lebih.

Melindungi hak dan kekayaan intelektual anda
Pastikan anda memiliki hak yang diperlukan untuk merek dagang anda, nama, desain, teknologi dan lain-lain. Menghabiskan dana pada seorangpengacara saat ini akan dapat menyelamatkan modal anda di kemudian hari.

Mempertahankan dan meningkatkan aktiva tetap
Menjaga jalan masuknya uang agar dapat digunakann untuk perbaikan aktiva tetap dan meningkatkan aktiva. Perluass operasi dan menjaga segala sesuatunya berjalan secara terarah dan teratur.

Mengurangi pergantian karyawan
Jangan banyak merekrut dan mengganti karyawan baru. Belajar saling menghormati, menciptakan manajemen yang adil dan cermat dalam mengambil keputusan.

Hindari persaingan harga
Meremehkan persaingan dapat memicu masalah yang dapat menghancurkan margin keuntungan anda. Pelanggan anda ingin memilih anda karena keunggulan produk dan pelayanan anda, bukan karena harga termurah.

Mendaftarkan Izin Usaha Pada Instansi Terkait

Apabila anda ingin melakukan kegiatan usaha perdagangan, salah satu langkah awal yg harus anda lakukan adalah mendaftarkan keberadaan kegiatan usaha anda tersebut dan mendapatkan izin dalam menjalakan bisnis perdagangan.

Izin untuk menjalankan usaha perdagangan ini dinamakan Surat Izin Usaha Perdagangan, atau disingkat SIUP. SIUP adalah sebuah dokumen yang diperlukan dan diwajibkan bagi orang perseorangan maupun badan usaha yang akan mendirikan usaha perdagangan.

“5 Cara Cerdas Untuk Memulai Berwirausaha”

(Visited 24 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Khiky Phuspita Sary, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *