Cara Cepat Tidur Menurut Islam Dan Cara Mengatasi Insomnia

Diposting pada
Loading...

Bagaimana cara mengatasi susah tidur (insomnia) menurut islam? Allah SWT sudah memberi panduan hidup untuk mengatasi berbagai masalah termasuk penyakit.

Masalah susah tidur harus benar-benar ditangani segera mungkin, karena jika tidak akan menimbulkan masalah yang cukup serius bagi kesehatan tubuh.Pada umumnya biasanya yang menyebabkan susah tidur yaitu masalah psikologis seperti depresi, was-was, bayak pikiran, stres dan masalah non fisik lainnya.

Cara Mudah Tidur Menurut Ajaran Islam
Cara Mudah Tidur Menurut Ajaran Islam

Selain itu seperti mengalami flu yang menyebabkan anda sulit bernafas, batuk pada malam hari, sekit kepala, dan penyakit lainnya yang bisa mengganggu istirahat tidur anda.

Cara Cepat Tidur Menurut Islam

Agama islam merupakan sebuah agama yang tak hanya mengatur masalah ibadah ritual saja, dalam kehidupan sehari-hari juga ada ajaran dan anjuran yang bisa di ikuti untuk mendapatkan hidup yang baik sesuai tuntunan yang sudah diajarkan oleh Rosulullah SAW.

Cara mengatasi susah tidur (insomnia) dalam islam sebenarnya merupakan sunnah tidur Rasulullah SAW. Jadi tidur dengan mengamalkan sunnah Rosulullah maka tidur yang kita jalani akan lebih nyenyak dan masalah susah tidur dapat teratasi. Berikut ini sunnah Rosulullah yang terbukti dapat mengatasi susah tidur:

  • Jangan tidur terlalu malam, biasanya Rasulullah tidur setelah shalat isya’
  • Berwudhu sebelum tidur
  • Melakukan shalat witir
  • Membersihkan tempat tidur dan mengibas-kibaskan kain
  • Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas kemudian meniupkannya pada kedua telapak tangan dan mengusapkan nya ke seluruh bagian depan tubuh yang dapat di jangkau sebanyak 3 kali
  • Mematikan lampu sebelum tidur
  • Berbaring diatas rusuk sebelah kanan dan menghadap kiblat
  • Berdoa sebelum tidur
  • Jangan tidur tengkurap.

Doa khusus untuk mengatasi susah tidur

Bagi seseorang yang mengalami susah tidur dianjurkan membaca doa khusus susah tidur sebelum tidur. Doa tersebut adalah:

اَللّٰهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ

 

 (Allahumma gharatin nujum wa hadaatil ‘uyun, wa anta hayyun qayyum, la takkhuzuka sinatun wala naumun. ya hayyu ya qayyum, ahdi’ laili anim ‘aini)

“Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk hidup. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai zat yang Maha Hidup dan Maha yang mengurus makhluk hidup, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.”

Mengatasi Susah Tidur Malam Secara Alami

Berikut ini cara mengatasi susah tidur malam secara alami:

  1. Kurangi mengkonsumsi kafein

Cara terbaik untuk mengatasi susah tidur malam adalah dengan mengurangi konsumsi kafein di malam hari. Konsumsi kafein minimal 2 jam sebelum tidur. Dan maksimal mengkonsumsi kafein sebanyak dua gelas.

  1. Hindari konsumsi alkohol

Ada beberapa alasan kenapa alkohol dapat membuat anda susah tidur,  yaitu alkohol dapat merusak pola tidur anda, meskipun alkohol memiliki efek sedatif, namun efeknya dapat membuat anda sulit tidur.

  1. Konsumsi kue coklat

Kue coklat berfungsi sebagai obat penenang. Susu  dan kue merupakan kombinasi yang tepat untuk membuat seseorang mudah terlelap.

  1. Minum susu hangat sebelum tidur

Susu yang dicampur madu atau kacang-kacangan dapat mengobati susah tidur. Karena madu memiliki efek sedatif sama seperti gula,  dan selai yang ditambahkan ke susu hangat akan membantu seseorang untuk tidur nyenyak dan menghindari obat tidur.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat

Cara Mengatasi Insomnia

Berikut ini cara mengatasi insomnia:

  1. Mengkonsumsi obat tidur

Cara paling sederhana pasti mengkonsumsi obat tidur, namun sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi obat herbal, karena obat yang mengandung kimia bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

  1. Kurangi cahaya berlebih

Survey menyebutkan bahwa 10 % orang yang tidur dengan lampu menyala, mereka akan lebih beresiko terkena penyakit-penyakit tertentu. Maka dari itu mengurangi cahaya lampu bisa menjadi cara efektif mengatasi insomnia. Bila perlu matikan lampu saat anda sedang tidur agar mendapatkan tidur yang nyenyak.

  1. Pindahkan jam

Sekitar 50 %  orang mengalami susah tidur akibat adanya jam dinding, terutama jam dinding yang berukuran besar. Oleh karena itu memindah jam dinding juga bisa mengatasi insomnia yang efektif.

Dzikir Ketika Sulit Tidur

Sebagai umat Rasulullah SAW, tentunya kita harus meneladani apa yang di lakukan nya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya membaca dzikir serta doa-doa yang di sunnahkan oleh Rasulullah SAW, yang dibaca sebelum tidur. Diantaranya membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas kemudian meniupkannya pada kedua telapak tangan dan mengusapkan nya ke seluruh bagian depan tubuh yang dapat di jangkau sebanyak 3 kali.

Selanjutnya membaca ayat kursi:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

 

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang di kehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (Q.S Al-Baqarah:255)

Dilanjutkan dengan membaca:

آَمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آَمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

“Rasul telah beriman kepada Al Qur’an yang diturunkan kepadanya dari tuhan-Nya, demikian pula orang-orang yang beriman. semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Meraka mengatakan):”kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan:”Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”. (Q.S Al Baqarah:285)

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang di usahakan nya dan ia mendapat siksa(dari kejahatan) yang di kerjakan nya. (Mereka berdoa):” Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban berat yang sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampuniiah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.”(Q.S Al Baqarah:286)

(Visited 8.012 times, 35 visits today)
Loading...
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *