Cara Cek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) Mudah

Diposting pada

2 Cara Cek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) Terlengkap – NISN merupakan salah satu ID siswa yang wajib diketahui oleh murid maupun guru. Untuk mendapatkan NISN ini kamu harus terlebih dahulu terdaftar disekolah. Sejak masuk pertama kali di jenjang sekolah dasar atau SD secara otomatis kamu akan mendapatkannya. Jika tidak sekolah pastinya tidak memiliki Nomor Induk Siswa Nasional ini. Nah belakangan banyak yang kesusahan untuk mengecek berapa nomor induknya, baik diwebsite atau secara offline. Pada kesempatan ini admin ingin berbagi dua cara melihat NISN yang kamu miliki melalui website kemdigbud.

Banyak sekali yang sedang mencari nisn berdasarkan nama, hal ini sangat mungkin karena sudah disediakan oleh pihak pemerintah. Untuk cek nisn berdasarkan sekolah dan cek nisn di dapodik memang agak sulit karena kalau siswa dan siswinya banyak akan kuwalahan mencari satu persatu. Namun bagi saya masih tetep mudah karena kamu hanya perlu mengelompokkan satu persatu dari sekolah, kelas dan lainnya.

Apalagi kalai kamu memiliki data execlnya, maka akan semakin mudah, dengan menggunakan aplikasi excel kamu dapat menyaring banyak sekali data. Termasuk data nomor induk siswa tersebut. Untuk tutorial lengkap mengenai excel tidak kami bagikan didalam artikel ini, melainkan kami pisah agar tidak semrawut. Baiklah untuk cara cek nisn ku silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Tutorial Cek NISN Online
Tutorial Cek NISN Online

Berikut 2 Cara Cek Nomor Induk Siswa (NISN) Dengan Benar

Untuk dapat mengeceknya ada 2 cara yang dapat kamu lakukan, dan cara tersebut hanya disatu website. Cara pertama menggunakan berdasarkan NISN Siswa dan yang kedua menggunakan Berdasarkan Nama. Silahkan kunjungi website https://nisn.data.kemdikbud.go.id terlebih dahulu.

Ada pembenahan diwebsite tersebut, maka dialihkan ke link ini : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/

Setelah terbuka kamu akan disuguhkan 2 pilihan, langsung saja cara pertama yaitu :

1. Pencarian Berdasarkan NISN

Untuk menggunakan cara ini sangat mudah loh dan berikut ini caranya:

Masukkan Nama Siswa Dan Ibu Kandung
Masukkan Nama Siswa Dan Ibu Kandung
  1. Silahkan kunjungi website resmi pemerintah untuk mengecek NISN kamu, link sudah disediakan diatas.
  2. Masukkan NISN kamu.
  3. Pada kolom kedua masukkan nama ibu kamu dengan lengkap, jangan sampai salah ya. Jika ada salah pengetikan nama ibu maka pencarian nisn tidak akan ketemu.
  4. Jika sudah selesai mengisikan data diatas, silahkan klik tombol cari, dan kamu akan dibawa ke tab baru atau halaman baru yang disitu kamu akan melihat banyak data mulai dari NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, Tempat Tinggal dan beberapa keterangan yang lainnya lengkap.

Hasilnya seperti ini :

Hasil 1

2. Pencarian Berdasarkan Nama Siswa

Cara ini cukup bagus dan mudah, karena jika kamu lupa berapa Nomor Iedentitas kamu, maka hanya perlu memasukkan nama saja. Berikut tutorialnya:

Pencarian Berdasarkan Nama Siswa
Pencarian Berdasarkan Nama Siswa
  1. Silahkan kunjungi website resmi pemerintah untuk mengecek NISN kamu, link sudah disediakan diatas.
  2. Kolom pertama Nama Siswa – Isikan nama kamu dengan lengkap dan benar.
  3. Kolom kedua Tempat lahir – Masukkan tempat lahir kamu.
  4. Kolom Ketiga Tanggal lahir – Begitu juga dengan kolom ini masukkan tanggal berapa kamu lahir.
  5. Dan kolom yang terakhir – Masukkan nama lengkap ibu kamu ya.
  6. Jika sudah selesai mesukkan semua data yang dibutuhkan, klik tombol cari, kamu akan dibawa halaman baru yang disitu kamu akan ada banyak data mulai dari NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, Tempat Tinggal dan beberapa keterangan yang lainnya lengkap.

Hasilnya seperti ini :

Hasil 2

Baca Juga : Cara Mudah Pembuatan RPP Terbaru

3 Pokok Utama Mengenai NISN Online

Adanya sistem pendataan online yaitu NISN pasti memiliki tujuan. Tujuan utamanya yaitu memudahkan dunia pendidikan, siapa saja yang dimudahkan?. Banyak pihak yang pasti akan merasakan kemudahan tersebut. Baik guru, siswa, orang tua dan pemerintah akan merasakan kemudahan dengan menggunakan data online tersebut.

Saat ini teknologi sudah sangat berkembang dengan sangat pesat sekali, kita sebagai manusia juga harus selalu mengejar kemajuan tersebut. Jika kita tidak mengikutinya maka pasti kita akan tertinggal jauh di belakang. Patinya Indonesia negara tercinta ini tidak akan kemana-mana alias jalan ditempat dan gak maju-maju ya kan?. Selain efisien dan fleksible ada beberapa alasan lain yang mendasarinya yaitu.

1. Memudahkan Verifikasi Siswa Secara Konsisten

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki populasi manusia terbanyak ke 4 di dunia. Dengan begitu pendataan secara konsisten dan terstandarisasi ini sangat penting. Pengeloalaan data NISN yang begitu banyak pasti akan sangat melelahkan jika hanya menggunakan cara yang dulu.

Coba anda bayangkan betapa beratnya jika mencatat satu persatu seluruh siswa yang memiliki Nomor Induk tersebut. Bahkan sejak mulai TK, SD, SMP, SMA semuanya wajib memiliki NISN.

Dengan adanya Layanan Online yang digalang oleh Kemdikbud memungkinkan pemerintah menjadi lebih cepat untuk pendataan secara merata. Sistem komputerisasi ini sangat canggih dan mampu memverifikasi seluruh siswa yang ada di Indonesia.

2. Sistem Data Untuk Mendukung DAPODIK

Sebenarnya NISN daring merupakan salah satu bentuk program yang digadang-gadangkan oleh Kemdigbud. Sistem tersebut sangat rumit pengkodeannya, dengan begitu sangat sulit untuk di bajak dan tidak ada celah yang terlihat.

Semua siswa yang telah menerima NISN berupa kode unik. Kode tersebut berjumlah 10 angka, angka pertama sampai ketiga merupakan tahun kelahiran siswa tersebut. Sedangkan kode ke 4 sampai ke 10 merupakan kode unik, Hal ini dilakukan oleh super komputer yang canggih. Sehingga jutaan siswa di Indonesia mendapatkan satu kode unik setiap orangnya.

Apabila ada anak yang kelahirannya sama dengan tahun dan bulan yang sama. Maka komputer akan merender dan membuat kode unik yang tidak mungkin sama dengan anak lainnya.

3. Diawasi Oleh Tenaga Ahli Informasi

Karena menggunakan sistem website yang selalu online, maka penjagaan dan pengawasan sangat wajib dilakukan. Walau data tersebut hanya berupa nama, NISN, tempat tanggal lahir dan jenis kelamin. Akan tetapi data tersebut merupakan Data Rahasia yang memang harus dijaga dengan sangat ketat. Terutama bagian data siswa yang hanya boleh diketahui oleh siswa itu sendiri, pihak sekolah dan orang tua siswa itu sendiri.

Kemungkinan besar banyak sekali tangan-tangan yang kurang bertanggung jawab akan mendobrak masuk website tersebut. Entah apa tujuan mereka, yang pasti data tersebut merupakan hal yang sangat istimewa. Maka dari itu harus selalu dipantau oleh banyak tenaga ahli dibidang Informasi dan Komputerisasi. Agar jangan sampai data istimewa tersebut jatuh ketangan yang tidak memiliki tanggung jawab.

Baiklah mungkin itu saja yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan tips dan cara cek NISN yang kami bgaikan menjadi bantuan dan sebagai media belajar untuk kamu. Jika ada kekurangan mohon ditambahkan dikomentar, kritik dan juga saran yang membangun akan sangat kami sukai. Sekain dan terimakasih semoga bermanfaat.

“Cara Cek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) Mudah”

(Visited 281 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *