Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Bagian-Bagian Jantung dan Fungsinya

2 min read

Assalamualaikum sobat Idpengertian.com, Pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas materi mengenai bagian-bagian jantung beserta fungsinya. Ada banyak sekali fungsi jantung dan sistem yang menjalankannya, apakah kamu sudah tau apa saja fungsi jantung…? dan apa saja bagian penting dari jantung…? yuk Simak pembahasan mengenai bagian jantung serta fungsinya di bawah ini ya.

Pengertian jantung adalah organ muskular pada manusia yang berfungsi memompa darah melalui pembuluh darah dalam sistem sirkulasi darah manusia. Memiliki bentuk seperti buah pir terbalik dengan ukuran setara dengan kepalan orang dewasa. Mempunyai fungsi yang sangat vital karena jantung menjaga darah agar tetap mengalir dan membawa oksigen serta sari-sari makanan ke dalam setiap sel tubuh. Bagian jantung yang bermacam-macam ini telah di rangkum di sebagai berikut.

Bagian-Bagian Jantung dan Fungsinya
Bagian-Bagian Jantung dan Fungsinya

Bagian-Bagian Jantung

Terdiri dari beberapa bagian dan memiliki fungsinya masing-masing yaitu :

Otot Jantung

Adalah bagian jantung yang memiliki fungsi yang paling penting. mempunyai fungsi otot jantung adalah bertanggung jawab terhadap pemompaan darah oleh jantung yang terjadi secara ritmis. Pada saat otot jantung berelaksasi maka darah dapat masuk ke atrium dan ventrikel dan ketika otot jantung berkontraksi maka darah di ventrikel dapat dipompa ke luar jantung.

Pembuluh Darah Besar

Berperan sebagai organ yang memompa darah Jantung memiliki beberapa pembuluh darah besar yang masuk menuju jantung dan keluar dari jantung, yaitu:

  • Bagian Vena kava : merupakan vena yang terbesar, terdapat dua vena kava yang masuk ke jantung yaitu vena kava superior dan vena kava inferior. Pengertian vena kava superior adalah vena kava yang memiliki fungsi membawa darah yang banyak karbon dioksida dari seluruh bagian atas tubuh menuju atrium kanan jantung. Dan vena kava inferior adalah vena kava yang memiliki fungsi membawa darah yang banyak karbon dioksida dari seluruh tubuh bagian bawah tubuh menuju atrium kanan jantung.
  • Kemudian arteri pulmonalis : merupakan arteri yang berfungsi membawa darah yang banyak karbon dioksida dari ventrikel kanan jantung menuju paru – paru untuk ditukar dengan oksigen.
  • Lalub vena pulmonalis : merupakan vena yang berfungsi membawa darah yang banyak oksigen dari paru – paru menuju atrium kiri jantung.
  • Aorta : merupakan arteri yang terbesar. Mempunyai fungsi untuk membawa darah yang banyak oksigen dari ventrikel kiri jantung ke seluruh tubuh.

Baca Juga : Struktur dan Fungsi Kelenjar Timus

Ruang Jantung

Pada jantung manusia dibagi menjadi empat ruang atau bagian yaitu dua atrium dan dua ventrikel. Berikut fungsi bagian – bagian jantung tersebut yaitu :

  • Bagian Atrium : merupakan ruang jantung yang terletak di bagian atas. Di dalam jantung memiliki dua atrium yaitu atrium kanan dan atrium kiri. Pada atrium kanan berfungsi menerima darah yang banyak karbon dioksida dari seluruh tubuh dan membawanya menuju ventrikel kanan. Dan sedangkan Atrium kiri berfungsi menerima darah yang banyak oksigen dari paru – paru dan membawanya menuju ventrikel kiri.
  • Bagian ventrikel : merupakan ruang jantung yang terletak di bagian bawah. Dalam jantung memiliki dua vetrikel yaitu ventrikel kanan dan ventrikel kiri. Pada ventrikel kanan berfungsi menerima darah yang banyak karbon dioksida dari atrium kanan dan memompanya ke paru – paru. Dan sedangkan Ventrikel kiri berfungsi menerima darah yang banyak oksigen dari atrium kanan dan memompanya ke seluruh tubuh.

Katup Jantung

Guna menjalankan fungsinya sebagai pompa darah satu arah jantung dilengkapi dengan beberapa katup jantung. Berikut ini adalah bagian-bagian katup jantung dan fungsinya yaitu :

  • Pertama katup trikuspid : merupakan katup yang terdiri dari tiga daun katup dan terletak di antara artium kanan dan ventrikel kanan. Pada katup trikuspid memiliki fungsi untuk mencegah darah dari ventrikel kanan kembali ke atrium kanan pada saat ventrikel kanan kontraksi memompa darah ke paru – paru.
  • Kedua katup pulmonal : katup ini terletak pada pangkal arteri pulmonalis. Selain katup ini berfungsi mencegah darah dari arteri pulmonalis kembali ke ventrikel kanan pada saat ventrikel kanan relaksasi.
  • Ketiga katup bicuspid atau Katup mitral : merupakan katup yang terdiri dari dua daun katup. Terletak di antara atrium kiri dan ventrikel kiri. Mempunyai fungsi untuk mencegah darah dari ventrikel kiri kembali ke atrium kiri pada saat ventrikel kiri kontraksi memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Ke-empat katup aorta : katup ini terletak pada pangkal aorta. Memiliki fungsi untuk mencegah darah dari aorta kembali ke ventrikel kiri pada saat ventrikel kiri relaksasi.

Berbagai Penyakit Yang Dapat Menyebabkan Gangguan Pada Jantung

Pengertian penyakit jantung adalah istilah yang mencakup setiap gangguan pada jantung. Dan berikut berbagai gangguan pada jantung, di antaranya:

  • Aritmia, detak jantung yang tidak beraturan.
  • Gangguan Arteri koroner, terjadi akibat adanya penumpukan plak yang menyumbat aliran darah di arteri koroner.
  • Penyakit Gagal jantung, terjadi saat jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh secara efektif.
  • Gangguan Kardiomiopati dilatasi, terjadi saat bilik jantung melebar akibat adanya pelemahan otot jantung sehingga tidak bisa memompa darah dengan baik.
  • Gangguan Kardiomiopati hipertrofik, merupakan kelainan genetik yang terjadi saat bilik kiri menebal sehingga menyulitkan darah untuk dipompa keluar dari jantung.
  • Penyakit Stenosis pulmonal, terjadi saat katup pulmonal sulit membuka sehingga menyulitkan jantung untuk memompa darah dari bilik kanan ke arteri pulmonalis.

Demikianlah ulasan mengenai beagian-bagian jantung beserta fungsinya yang saya rangkum untuk sobat semua. Semoga dapat menambah informasi dan juga wawasan sobat semua ya, terima kasih.

(Visited 1.838 times, 3 visits today)
Loading...
Azqiara Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *