Arti Komunikasi Menurut Para Ahli

Posted on

Hello sobat, senang rasanya saya dapat menyapa kalian semua, kali ini saya akan menjelaskan materi mengenai Arti Komunikasi Menurut Para Ahli nih. Buat sobat yang ingin tahu yuk simak pembahasan berikut.

Arti Komunikasi Menurut Para Ahli
Arti Komunikasi Menurut Para Ahli

Komunikasi sendiri menurut para pakar komunikasi dapat mengacu pada aktivitas hubungan antar manusia yang biasa terjadi secara langsung maupun tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari. Dan dibawah ini akan dijelaskan tentang apa itu arti komunikasi menurut para ahli.

Arti Komunikasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah Arti Komunikasi Menurut Para Ahli dari berbagai sumber :

Achmad S. Ruky

Ia mengemukakan bahwa, komunikasi merupakan proses pemindahan dan pertukaran pesan, dimana pesan ini dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kepada orang lain. Dan proses ini di lakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi atau mengubah informasi yang dimiliki serta tingkah laku orang yang menerima pesan tersebut.

Atep Aditya Barata

Mendefinisikan bahwa komunikasi sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan, berita, atau informasi yang terjadi diantara dua orang atau lebih. Dalam proses ini dilakukan secara efektif agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh penerimanya.

Barnlund

Ia menyatakan bahwa komunikasi timbul oleh karena adanya dorongan kebutuhan seseorang untuk mengurangi rasa ketidakpastian, untuk bertindak secara efektif, dan untuk mempertahankan atau memperkuat ego.

Skinner

Ia mengemukakan bahwa komunikasi dapat didefinisikan sebagai prilaku verbal atau simbolik dimana pengirimnya berusaha mendapatkan efek yang dikehendakinya dari penerima.

Agus M. Hardjana, M.Sc., ED

Menurutnya, suatu komunikasi dapat dirumuskan sebagai suatu kegiatan disampaikannya suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain melalui media tertentu. Dan setelah pesan tersebut diterima dan dipahami sejauh kemampuannya, penerima pesan kemudian menyampaikan tanggapan  melalui media tertentu pula kebada penyampai pesan.

Forsdale

Komunikasi adalah sebagai suatu proses dimana sebuah sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan sutu tujuan, yaitu agar sinyal-sinyal yang dikirim dapat diterima dan dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

Frank E.X. Dance

Menurunya, komunikasi adalah proses dimana melalui proses ini seseorang (komunikator) dapat menyampaikan stimulus dengan tujuan untuk merubah atau membentuk prilaku orang lain (komunikan).

Baca Juga : Pengertian Komunikatif

Gode

Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu yang awalnya dimiliki oleh satu orang menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.

Gerald R. Miller

Ia menyatakan bahwa komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan pesan kepada penerima, dengan kesadaran niat untuk mempengaruhi prilaku penerima pesan.

Judy C pearson & Paul E melson

Beliau menyatakan bahwa komunikasi merupakan proses untuk saling memahami dan berbagi mana.

William I. Gordon

Secara ringkas, komunikasi dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan perasaan dan gagasan.

Prof Dr. Alo Liliweri

Komunikasi merupakan sebagai pengalihan suatu pesan dari sau sumber pada penerima agar dapat dimengerti.

Anwar Arifin

Menurutnya Komunikasi adalah sebagai suatu konsep yang multi makna, Arti komunikasi dapat dibedakan bedasarkan dari komunikasi sebagai proses sosial, komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. Dan para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan Komunikasi yang dengan umum memfokuskan pada kegiatan manusia serta kaitan pesan dan perilaku.

Aristoteles

Mengemukakan bahwa menurutnya Komunikasi ialah suatu alat dimana warga masyarakat dapat berpartisipasi dalam demokrasi.

Drs. Redi Panuju, Msi

Komunikasi merupakan suatu sistem aliran yang menghubungkan dgn kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi.

Anderson

Mendefinisikan bahwa Komunikasi adalah suatu proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.

Menurut lexicographer (ahli kamus bahasa)

Komunikasi adalah suatu upaya yang bertujuan untuk berbagi dan juga untuk mencapai kebersamaan. Bila dua orang berkomunikasi maka akan ada pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.

Webster’s New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977

Mendefinisikan bahwa Komunikasi merupakan suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku.

Hovland, Janis & Kelley

Komunikasi adalah suatu proses seseorang atau komunikator, untuk menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan untuk mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya.

Ruesch

Komunikasi adalah suatu proses yang dapat menghubungkan satu bagian dengan bagian yang lainnya didalam kehidupan.

Weaver

Menurut Weaver Komunikasi ialah seluruh prosedur yang mana melalui pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya.

DRS. Agus M. Hardjana, M.Sc.,

Komunikasi bisa dirumuskan sebagai suatu kegiatan dimana seseorang menyampaikan pesan dari media tertentu kepada orang lain. Sesudah menerima pesan dan memahami sejauh mana kemampuan atas penerimaan pesan dan menyampaikan tanggapan melalui media tertentu. Dan juga kepada orang yang menyampaikan pesan itu kepadanya.

Wuryanano, Super Mind for Successful Life

Menurut Wuryanano Komunikasi adalah melibatkan keseluruhan pribadi anda, cara berbicara, sikap, tingkah laku, dan segala sesuatu yag terpancar dari pribadi anda.

Demikianlah Arti Komunikasi Menurut Para Ahli yang sudah saya sajikan buat sobat Idpengertian.com sekalian. Semoga menambah pengetahuan dan informasi buat kalian dan tentunya dapat bermanfaat, terima kasih.

(Visited 41 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *