Apa Yang Dimaksud Dengan Definisi, Jenis Serta Contohnya

Diposting pada

Salam jumpa sobat, pada kesempatan yang baik ini kita akan mengulas tentang Pengertian Definisi. Apa itu Definisi ? kalian pasti penasarankan tentang hal ini, jika ia Yuk langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini.

"<yoastmark

Pengertian Definisi Dan Penjelasannya

Definisi adalah suatu batasan atau arti, bisa juga dimaknai kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas.

Selain itu, Definisi juga berasal dari Bahasa Latin yaitu dari kata  definitio yang berarti “penentuan arti” atau “pembatasan”.

Sehingga dapat pula disimpulkan bahwa pengertian definisi adalah keterangan yang merupakan uraian atau penjelasan tentang arti suatu kata atau ungkapan yang membatasi makna suatu kata atau ungkapan tersebut.

Dan dapat dikatakann juga bahwa Kata atau ungkapan yang hendak dijelaskan disebut definiendum, sedangkan bagian yang menjelaskan definiendum itu disebut definiens.

Ciri Khusus Definisi

Sebuah makna atau kata tidak bisa langsung disebut sebagai definisi, karena definisi mempunyai ciri-ciri khusus.

  • Adapun arti atau makna kata bisa diartikan sebagai definisi jika terdapat unsur kata atau istilah yang didefinisikan, atau lazim disebut definiendum. Dan di dalam arti tersebut harus terdapat unsur kata, frasa, atau kalimat yang berfungsi menguraikan pengertian, lazim disebut definiens, dan tentunya juga harus ada pilihan katanya. Pilihan kata tersebut ialah di mana definiens dimulai dengan kata benda, didahului kata ada-lah.Misalnya kalimat Cinta adalah perasaan setia, bangga, dan prihatin dan kalimat Mahasiswa adalah pelajar di perguruan tinggi.
  • Selanjutnya definiens dimulai dengan selain kata benda umpamanya kata kerja atau didahului kata yaitu. Contohnya Setia yaitu merasa terdorong untuk mengakui, memahami, menerima, menghargai, menghormati, mematuhi, dan melestarikan. Selain itu, definiens juga diharuskan memberi pengertian rupa atau wujud diawali kata merupakan, seperti kalimat Mencintai merupakan tindakan terpuji untuk mengakhiri konflik.

Jenis-Jenis Definisi

Definisi nominal

Definisi verbal atau definisi nominal adalah definisi yang paling sederhana dan bersifat sementara karena hanya memberi penjelasan etimologis atau memberi sinonim kepada istilah yang hendak dijelaskan. Di samping itu, definisi nominal tidak memberi pengertian yang hakiki tentang sesuatu yang dijelaskan itu. Sebagai contoh definisi nominal yang memberi penjelasan etimologis: Logika adalah istilah yang diambil dari kata Yunani logikos, yang dibentuk dari kata benda logos, yang berarti “Sesuatu yang diutarakan, suatu pertimbangan akal, kata, percakapan” atau “ungkapan lewat bahasa”. Dan contoh definisi nominal yang memberi sinonim definiendum: Hamba ialah budak atau pelayan, Arca ialah patung, semua jenis kamus pada umumnya adalah definisi nominal.

Definisi formal

Definisi ini sering disebut juga sebagai definisi terminologis, yaitu definisi yang disusun berdasarkan logika formal yang terdiri dari tiga unsur. Strukturnya berupa kelas, genus, dan pembeda atau diferensiasi. Contoh: manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna.

Definisi operasional

Adalah penjelasan suatu term dengan cara menegaskan langkah-langkah pengujian khusus yang harus dilaksanakan atau dengan metode pengukuran serta menunjukkan bagaimana hasil yang dapat diamati, yang terdiri dari kualitatif : berdasarkan isi dan kekuatan dan kuantitatif : berdasarkan banyaknya.

Definisi paradigmatis

Mempunyai tujuan untuk mempengaruhi pola berpikir orang lain. Dan definisi jenis ini disusun berdasarkan pendapatan nilai-nilai tertentu. Ada empat ciri-ciri definisi paradigmatis, yakni; disusun berdasarkan paradigma atau pola pikir nilai-nilai tertentu, berfungsi untuk mempengaruhi sikap, perilaku, atau tindakan orang lain, bertujuan agar pembaca mengubah sikap sesuai dengan definisi. Dan juga berhubungan  dengan nilai-nilai tertentu, misalnya: bisnis, etika, budaya, ajaran, falsafah, tradisi, adat istiadat, pandangan hidup.

Definisi luas

Definisi luas adalah suatu batasan pengertian yang sekurang-kurangnya terdiri atas satu paragraf.  Selain itu definisi ini juga diperlukan pada konsep yang rumit yang tidak dapat dijelaskan dengan kalimat pendek.

Mempunyai ciri-ciri : dalam definisi tersebut hanya berisi satu gagasan yang merupakan definiendium, tidak menggunakan kata kias, setiap kata dapat dibuktikan atau diukur kebenarannya, dan menggunakan penalaran yang jelas.

Syarat Definisi

Suatu syarat dari definisi yaitu mempunyai tugas untuk menentukan batas suatu pengertian dengan tepat, jelas dan singkat. Maksudnya menentukan batas-batas pengetian tertentu sehingga jelas apa yang dimaksud, tidak kabur dan tidak dicampuradukkan dengan pengertian-pengertian lain, maka definisi yang baik harus memenuhi syarat, seperti:

  • Merumuskan sesuatu harus dengan jelas, lengkap dan singkat semua unsur pokok (isi) pengertian tertentu.
  • Dan adanya unsur-unsur yang perlu dan cukup untuk mengetahui apa sebenarnya barang itu (tidak lebih dan tidak kurang).
  • Serta dengan jelas dapat dibedakan dari semua barang yang lain.

Contoh Definisi

Berikut ini beberapa contoh kalimat definisi yang akan membantu kalian.

  • Tempurung kura – kura sangatlah keras sehingga dapat melindungi dirinya sendiri.
  • Buaya mempenyai rahang yang sangat kuat sehingga menjadi pemangsa nomor satu di sungai.
  • Daun mempunyai klorofil yang dapat menangkap sinar matahari untuk membantu dalam proses fotosintesis.
  • Sebuah mobil balap memiliki mesin yang telah dirancang untuk melakukan akselearasi yang tinggi.
  • Manusia mempunyai sebuah volume otak yang lebih besar dibaningkan dengan saudara jauhnya, primata.
  • Kereta api menjadi alat transportasi yang sangat efektif di jaman saat ini.
  • Semua Negara-negara yang ada di dunia ini memiliki bendera nasional dan lagu wajib yang beraneka ragam

Baca juga : Pengertian Artikel

Kesimpulan

Definisi adalah perumusan yang singkat, padat dan jelas sehingga dapat dengan jelas dimengerti dan dibedakan dari semua hal lain. Keputusan adalah suatu reaksi terhadap beberapa solusi alternatif yang dilakukan secara sadar dengan cara menganalisa kemungkinan dari alternatif bersama konsekuensinya. Kesimpulan adalah suatu proposisi yang diambil dari beberapa premis dengan aturan yang berlaku sehingga mendapatkan hasil dari suatu pembicaraan.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Definisi yang dapat kami informasikan. Semoga saja informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan juga penulis. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Idpengertian.com yaa.

(Visited 4.406 times, 113 visits today)
Gambar Gravatar
Perkenalkan saya Azqiara, saya seorang penulis di dalam website ini untuk berbagi banyak sekali tentang pengertian dan penjelasannya sangat detail, saya berharap tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *